3 Jenis Karakteristik Ikan Yang Perlu Di Ketahui

3 Jenis Karakteristik Ikan Yang Perlu Di Ketahui : Seperti yang kita semua tau, ikan hampir dapat di temui disemua jenis genangan air yang berukuran kecil maupun berukuran besar, air tawar, payau maupun air asin atau air laut di kedalaman yang bervariasi dari permukaan hinggalah beberapa ribu meter dibawah permukaan.

 Jenis Karakteristik Ikan Yang Perlu Di Ketahui 3 Jenis Karakteristik Ikan Yang Perlu Di Ketahui

Ikan yakni jenis anggota vertebrata ( bertulang belakang ) poikilotermik (berdarah dingin) hayati di dalam air dan pernapasannya menggunakan insang. Spesies Ikan sangatlah beraneka ragam hingga lebih menurut 27 ribu pada semua dunia, itu yg telah pada ketahui. Adapun yang masih rahasia sampai sekarang masih sangat banyak terutama buat jenis ikan yg hayati dalam kedalaman ekstreem ibarat 2000 meter di dasar bahari juga danau. Dalam strata taksonomi makhluk yang satu ini di kelompokan dalam golongan PARAPHYLETIC tetapi masih diperdebatkan relasi kekerabatannya.

A. Ikan Di Bagi tiga Jenisnya Secara Garis Besar:

  1. Bertulang keras di sebut kelasOsteichthyes
  2. Tanpa Memiliki Rahang di sebut kelas Agnatha 75 spesies
  3. Bertulang rawan di sebut kelas Chondrichthyes 800 spesies hiu dan pari termasuk didalamnya.

Ukuran ikan sangatlah variatif dari yang belasan meter panjangnya ibarat ikan paus pembunuh dan hiu hingga yang paling mini tidak lebih dari 1cm ibarat ikan Stout Infantfish dengan ukuran hanya 7mm ( milimeter  = 0,7cm ). Untuk sahabat angler ketahui beberapa makhluk air yang umumnya sering di anggap ikan ibarat duyung dan paus bungkuk bukanlah masuk dalam golongan spesies ikan sebab makhluk tersebut tergolong kedalam jenis mamalia atau hewan yang menyusui.

Admin sedikit kesulitan untuk menjelaskan detail jenis karakteristik ikan ini di karenakan sedikitnya sumber gosip yang di dapat apa lagi jenis ikan saja mencapai 27ribu spesies bisa tidak cukup waktu semingu untuk menjelaskan semuanya, jadi kita ambil garis besarnya saja yah.

B. 3 Jenis Karakteristik ikan:

1. Ikan Dasar Air

Ikan jenis ini selalu berada di dasar air baik dasar rawa, kolam, sungai maupun laut. Ikan jenis ini dapat di lihat eksklusif bedaannya pada tubuh ikan tersebut. Mayoritas makhluk dasar ini tidak memiliki sisik, dan di adegan bawah tubuh berbentuk mendatar / rata dan melebar jikalau dibandingkan dengan adegan atas ikan tersebut.

Contoh ikannya ibarat Baung, Keting, Betutu, Patin dan Pari.

2. Ikan Permukaan Air

Jenis ikan ini sering terlihat di permukaan air baik itu kolam, sungai, rawa, maupun laut. Tidak ada ciri khusus, hampir semua jenis ikan yang kita kenal memiliki bentuk tubuh ibarat dengan jenis ini. Jika ia ikan air tawar jenis ini umumnya memiliki sisik dibadan. Contoh: Toman dan Gurami.

Mayoritas ikan permukaan sering terlihat pada tempat teduh yang terlindung semak dan belukar, ranting atau batang kayu tumbang serta tumbuhan yang hidup  pada permukaan air. Sedangkan untuk ikan laut ukurannya lebih kecil dan umumnya bergerombol dalam jumlah banyak. Ikan ini menjadi santapan favorit ikan predator dan burung laut. Contoh: selar,rinyau,plate ( selar kuning ) dll

3. Ikan di semua massa air.

Karakteristik ikan ini sulit di prediksi, termasuk jenis ikan dasar atau permukaan air sebab ia selalu berpindah – pindah dan bisa bertahan cukup lama didasar maupun permukaan. Pada umumnya ikan jenis ini memiliki sisik sama dengan jenis ikan permukaan. Contohnya ikan Nila, Betik dan Mujair.

Sekian sedikit ulasan artikel 3 Jenis Karakteristik Ikan Yang Perlu Di Ketahui ini supaya memiliki kegunaan dan bermanfaat untuk sahabat angler sekalian, hingga jumpa lagi di artikel ( KFC ) selanjutnya, salam.

Jangan lupa untuk melihat artikel sebelumnya : Cara Mengikat Mata Kail Ala Full Blood Knot

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *