5 Fakta Menarik Tentang Hiu Sang Predator Laut

5 Fakta Menarik Tentang Hiu Sang Predator Laut : Siapa yang tidak kenal predator tertinggi di habitat laut sang ikan hiu. Hampir semua orang mengetahuinya baik itu mitos maupun fakta. Kali ini akan membahas fakta menarik ihwal ikan ini yang mungkin saja ada sebagian dari kita yang belum tau. Tujuannya artikel ini di buat demi untuk meningkatkan pelestarian habitat hewan predator tersebut, karena semakin hari hiu semakin berkurang secara drastis akhir di buru secara serampangan oleh mereka mereka yang hanya memikirkan uang dan bisnis tanpa memperhitungkan dampaknya ke depan.

Ikan hiu sangat di minati terutama siripnya yang ucapnya buat obat

Baca juga:

Lirik Lagu Mancing Lucu

Joran Dan Reel Untuk Teknik Fly Fishing

 Fakta Menarik Tentang Hiu Sang Predator Laut 5 Fakta Menarik Tentang Hiu Sang Predator Laut

5 Fakta Menarik Ikan Hiu

  1. Hiu Bukanlah Hewan Ganas yang Memangsa Manusia : Data dari International Shark Attack file (ISAF) terjadi serangan hiu 50-75 orang di seluruh dunia setiap tahunnya, 8-12 orang meninggal. Data ini jauh lebih kecil kalau dibanding jumlah janjkematian yang disebabkan gajah, lebah, buaya, petir atau ancaman alam lainnya. Hanya karena informasi yang berlebihan dari media masa seperti ikan predator ini menjadi hewan pemakan insan yang sangat berbahaya.
  2. Hiu Berukuran 1.8 meter Yang Berpotensi Menyerang Manusia : 440 lebih spesies ikan hiu sekitar 80% tumbuh kurang dari 1.6 meter panjangnya dan hiu tersebut jarang sekali bertemu orang. Hiu yang berukuran 1.8 meter atau lebih yang sangat berpotensi menyerang manusia. Tiga spesies yang sering menyerang ialah hiu putih besar, hiu banteng dan hiu harimau. Ketiga spesies tersebut ada di seluruh dunia dan ukurannya besar serta memangsa hampir semua mamalia laut. Serangan predator ini sering terjadi pada perenang, penyelam, peselancar dan pada kapal. Hiu putih tercatat penyerang tertinggi dari spesies lainnya. Tapi dari catatan ISAF 80% dari serangan hiu terjadi di tempat tropis dan subtropis dimana tempat tersebut di dominasi oleh spesies hiu lainnya.
  3. Negara Pemburup Hiu Terbesar ialah Indonesia Dan India : Data dari TRAFFIC aliansi antara WWF dan IUCN ( International Union for Conservation of Nature ) membuat laporan daftar negara yang menjadi sentra utama penyuplai daging hiu atau adegan badan hiu ialah negara Indonesia dan India yang berada pada urutan teratas daftar tersebut, selanjutnya Bangladesh, Maladewa, Oman, Singapura, Thailand dan Uni Emirat Arab sebagai eksportir sirip hiu. Untuk Namibia, Afrika Selatan, Panama, dan Uruguay ialah eksportir daging hiu.
  4. 30.000 Lebih Gigi Hiu Tanggal Sepanjang Hidupnya : Gigi hiu tidak ada akarnya sehingga selalu tanggal setelah sekitar satu mingguan dan akan terus-menerus berganti yang gres sepanjang hidup hiu tersebut. Beberapa spesies waktu giginya tanggal bervariasi dari 1x setiap 8 hari, 10 hari dan ada juga yang beberapa bulan gres giginya tanggal. Memiliki 5 hingga 15 baris gigi pada setiap rahang namun sebagian besar hanya 5 baris. Fakta uniknya dari beberapa spesies hiu kehilangan 30 ribu gigi bahkan lebih sepanjang hidupnya. Namun susunan gigi pengganti dapat mengganti gigi yang tanggal hanya dalam sehari atau 24 jam.
  5. 21.2 cm Adalah Ukuran Hiu Terkecil : Dwarf Lanternshark ialah hiu terkecil di dunia dengan panjang badan maksimal cuma 21.2 cm. Hiu ini berada di Laut Karibia, lepas pantai Kolombia dan jugaVenezuela antara Barranquilla dan Santa Marta, erat Semenanjung Guajira dan juga ada di antara Kepulauan Los Testigos dan Grenada. Pada kedalaman 283 hingga 439 meter dibawah permukaan laut Hiu ini tinggal.

Nah sahabat angler sekalian demikianlah 5 Fakta Menarik Tentang Hiu Sang Predator Laut agar bermanfaat.

 Fakta Menarik Tentang Hiu Sang Predator Laut 5 Fakta Menarik Tentang Hiu Sang Predator Laut

Hiu Putih atau White Shark
 Fakta Menarik Tentang Hiu Sang Predator Laut 5 Fakta Menarik Tentang Hiu Sang Predator Laut

Hiu Banteng atau Bull Shark

 Fakta Menarik Tentang Hiu Sang Predator Laut 5 Fakta Menarik Tentang Hiu Sang Predator Laut

Hiu Harimau atau Tiger Shark

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *