7 Macam Reel Pancing yang Biasa dipakai di Pemancingan

7 Macam Reel Pancing Yang Biasa Dipakai Di Pemancingan

7 Macam Reel Pancing Yang Biasa Dipakai Di Pemancingan

Jika berbicara mengenai peralatan memancing, kita tak akan jauh dengan yang namanya reel pancing, joran pancing, kail pancing, senar pancing, pelampung pancing, swivel pancing, snap pancing, timah pancing dan stopper pancing.

Di antara banyaknya peralatan tersebut, reel pancing menjadi bagian yang tak kalah penting dari peralatan lain. Dimana tugasnya sendiri adalah untuk mengulur dan menggulung senar. Memudahkan Anda untuk menjangkau dasar kolam atau jarak tertentu saat memancing.

Semakin ke sini, dapat kita temui jenis reel pancing yang beragam. Dengan berbagai modifikasi, fungsi yang berbeda-beda, serta juga disajikan bentuk dan spesifikasi yang banyak.

Untuk mengetahui apa saja reel pancing tersebut, simak jenis-jenis reel pancing sebagai berikut.

Jenis-Jenis Reel Pancing untuk Pemancingan

Semakin banyaknya modifikasi reel pancing, kita pun semakin diberikan banyak pilihan. Namun dari banyaknya reel pancing, Anda harus tahu beberapa jenis reel berdasarkan tempat pemancingan tersebut.

Beda reel, beda tempat. Intinya begitu. Contohnya seperti saat memancing di laut. Kita tidak bisa memakai reel yang biasa digunakan untuk memancing di kolam ikan. Mengingat ukuran ikan, serta arus airnya sendiri tidak bisa disamakan.

Itu berarti reel untuk laut harus lebih kuat, dan untuk kolam boleh memakai reel biasa. Begitu juga ketika di sungai, danau, dan sebagainya.

Sebelum itu, jenis-jenis reel pancing sendiri hanya ada 3. Yaitu Reel Spinning, Reel Baitcasting, dan Reel Trolling. Berikut penjelasan deailnya:

1. Reel Spinning

7 Macam Reel Pancing Yang Biasa Dipakai Di Pemancingan

Reel ini cocok digunakan untuk segala jenis spot. Mau itu di laut, kolam, sungai, danau, dan masih banyak lagi. Jenis reel ini juga banyak dipakai orang dibanding jenis lain.

Selain itu, Reel Spinning mendukung berbagai teknik memancing dari mulai teknik popping, dasaran, casting, pasiran, karangan dan fly fishing.

2. Reel Baitcasting

7 Macam Reel Pancing Yang Biasa Dipakai Di Pemancingan

Berbeda dengan Reel Spinning yang mendukung berbagai macam teknik memancing. Reel Baitcasting hanya mendukung teknik casting saja.
Kelebihan menggunakan reel ini adalah kalian bisa mendapatkan presisi lemparan lebih bagus.

Namun kekurangan memakai reel ini adalah Anda butuh latihan khusus sebab bukan perkara gampang memakai reel jenis Baitcasting. Juga saat menghentikan laju senar, Anda butuh feeling penghentian yang bagus. Intinya, butuh banyak latihan untuk memakai reel tersebut.

3. Reel Trolling

7 Macam Reel Pancing Yang Biasa Dipakai Di Pemancingan

Hanya digunakan pemancing untuk melakukan teknik trolling saja. Yaitu memancing dengan menyeretkan umpan ke laut dalam posisi kapal bergerak dalam kecepatan tertentu.

Bentuknya hampir sama dengan Reel Baitcasting, hanya saja bentuknya lebih besar, lebih berat, spool lebih besar dan kemampuan dragnya lebih tinggi.

Dibanding dengan reel lain, Trolling memiliki harga yang sangat mahal. Tapi di samping itu ia memiliki kekuatan yang besar, cocok digunakan untuk memancing ikan-ikan besar seperti ikan tuna, GT, layaran, marlin dan ikan-ikan monster lainnya.

READ  Benang Pancing Yang Bagus Dan Kuat

Meskipun jenis reel hanyalah 3, namun pilihan tipe reel pancing sangatlah banyak. Juga ada beberapa pilihan reel yang disesuaikan dengan jenis tempat pemancingan.

Reel Pancing untuk Kolam atau Air Tawar

Ikan yang ada di kolam paling memiliki berat sekitar 2 kg saja. Tidak ada yang sampai belasan kilo atau puluhan. Reel yang dibutuhkan pun cukup dengan reel standart.

Ikan yang dipancing di sini pun kecil, seperti ikan lele, ikan mas, ikan gurame, ikan arwana, dan masih banyak lagi. Tidak sampai ada ikan hiu atau ikan tuna.

Untuk jenis reel yang dipakai Anda bisa menggunakan jenis reel spinning. Dan berikut adalah reel untuk kolam yang kami sarankan untuk Anda pakai.

1. Golden Fish Metanium 405 (4000)

7 Macam Reel Pancing Yang Biasa Dipakai Di Pemancingan

Cocok dipakai untuk memancing di kolam maupun danau. Ia mempunyai ketahanan yang begitu bagus di samping harganya yang terjangkau.
Dengan ukuran 4000, ia memiliki gear spool yang terbuat dari bahan aluminium yang kuat, rasio yang diberikan adalah 4.7:1, dan mempunyai kapasitas senar mulai dari 40 sampai 120.

2. Golden Fish Metanium 105 (1000)

7 Macam Reel Pancing Yang Biasa Dipakai Di Pemancingan

Selain cocok digunakan memancing di kolam, reel ini juga bisa digunakan untuk memancing di lautan. Tapi tidak disarankan memancing di tengah lautan.

Golden Fish Metanium 105 mempunyai 5 ball bearings yang dapat digunakan di kanan dan kiri, rasio gear 5.1:1 dengan ukuran 1000 dan berat sekitar 250 gram saja. Sangat cocok digunakan memancing di air tawar.

Reel Pancing untuk Laut

Berbeda dengan kolam, reel pancing untuk laut haruslah ekstra kuat serta mempunyai kapasitas senar yang sangat panjang. Ikan yang ditangkap pun besar. Untuk lebih lengkapnya, simak reel pancing untuk laut berikut.

1. Reel Spinning Maguro Barra 2000

7 Macam Reel Pancing Yang Biasa Dipakai Di Pemancingan

Merupakan reel merk lokal, yang memiliki rasio gear 4.9:1, dengan 4 ball ring yang sangat kuat.
Bagi Anda yang ingin memakai reel jenis spinning untuk lautan, bisa memakai Reel Spinning Maguro Barra 2000 tersebut.

Selain itu, ia juga dibekali fitur teknologi super strong and durable one way ball rings, dan super drag system yang membuat pengalaman memancing Anda berjalan mulus.

2. Ryobi Mini Power 500

7 Macam Reel Pancing Yang Biasa Dipakai Di Pemancingan

Reel ini memakai bahan titanium yang ringan, berat sekitar 165 gram tapi meski begitu ia sangatlah kokoh. Ryobi Mini Power 500 memiliki rasio gear 5.2:1 dengan drag maksimal 3 kg saja.

Selain itu, tersedia bantalan spool 7 ball bearings dengan fitur kopling satu arah.

Itu lah beberapa jenis reel pancing yang bisa Anda coba. Selain di atas masih banyak lagi koleksi reel dengan merk berbeda dan spesifikasi berbeda.

Facebook Comments

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *