Alat Pancing Yang Wajib Anda Punya Untuk Memancing

Alat Pancing adalah hal yang paling penting dalam kegiatan hobi memancing, jika anda tidak mempunyai peralatannya sudah pasti tidak bisa memancing dengan nyaman kan. Maka dari itu kami jelaskan satu satu disini tentang peralatan yang digunakan untuk memancing.

Alat Pancing

Sebelum Kita bahas lebih detai mengenai Alat Pancing apa saja , terlebih dahulu saya akan sekedar mengulang tentang Sejarah Memancing.

Memancing atau mancing, dapat diartikan yaitu sebagai suatu kegiatan menangkap ikan yang bisa juga merupakan kegiatan pekerjaan, hobi, olahraga luar ruang (outdoor sport) atau kegiatan yang bertempat di pinggir atau di tengah danau, laut, sungai dan bisa juga di perairan lainnya.

Kegiatan memancing biasanya memiliki target seekor ikan. Atau bisa juga diartikan sebagai kegiatan menangkap ikan atau hewan air lainnya tanpa alat atau dengan menggunakan bantuan sebuah alat oleh seorang atau beberapa pemancing.

Namun dalam praktik dan hasil buruannya, tidak semua kegiatan memancing ikan selalu membuahkan hasil seekor ikan. Karena kegiatan memancing ikan dapat juga diartikan sebagai menangkap katak atau kodok, penyu atau kura-kura, ikan, cumi-cumi, gurita, bahkan juga ikan paus.

Memancing ikan dapat dibedakan berdasarkan alam buruannya, yaitu:

    • Memancing ikan air laut, dan
    • Memancing ikan air tawar

Pada dasarnya memancing hanyalah salah satu dari sekian banyak cara menangkap ikan. Oleh karena itu banyak cara atau teknik menangkap ikan yang lain.

Memancing dalam arti menangkap ikan sudah dikenal oleh peradaban manusia sejak zaman dahulu (Zaman Batu Muda) yang terjadi sekitar kurang lebih 9.000 tahun yang telah lalu. Hal ini terbukti dari peninggalan-peninggalan arkeologi (ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia masa lalu melalui kajian sistematis atas data benda-benda yang ditinggalkan) yang terletak pada goa-goa tua di Eropa.

Maka hal ini membuktikan bahwa aktivitas penangkapan ikan sudah ada sejak zaman dahulu dengan ditemukannya bermacam tulang-belulang hewan laut, mata kail dan gambar serta lukisan pada zaman batu di dalam goa-goa tua di Eropa tersebut.

Teknik menangkap ikan mulai beragam terjadi pada masa Neolitikum (Zaman Batu Muda adalah fase atau tingkat kebudayaan pada zaman prasejarah yang mempunyai ciri-ciri berupa unsur kebudayaan, seperti peralatan dari batu yang diasah, pertanian menetap, peternakan, dan pembuatan tembikar) yang terjadi sekitar 4.000 – 8.000 tahun yang lalu.

Yang kemudian berkembang menjadi teknik yang lebih modern dan teknik ini masih dipakai hingga saat ini. Begitu pula dengan cara pengolahan ikan hasil tangkapan pemancing, saat ini cara tersebut masih banyak dilakukan dengan teknik yang sama pula, yaitu misal cara pengawetan ikan dengan menggarami atau dengan cara pengasapan ikan.

Nah langsung saja kita bahas tentang Peralatan Untuk Memancing yang anda butuhkan dan bisa anda dapatkan di Toko Pancing Terdekat . Agar tidak bingung tentang Alat Menangkap Ikan ini maka kami jelaskan satu satu :

Macam Macam Peralatan Pancing :

  • REEL PANCING

Alat Pancing Yang Pertama adalah Reel , Ini memiliki fungsi sebagai penggulung dan penampung senar. Seiring perkembangan zaman, reel telah banyak mengalami modifikasi baik dari bahan dan fungsinya.

REEL PANCING

Secara umum peralatan pancing yang satu ini terbagi menjadi dua tipe yaitu reel overhead dan reel underhand. Reel overhead contohnya seperti reel baitcasting dan reel trolling.

Sementara, untuk reel undehand seperti reel spinning. Masing-masing tipe peralatan pancing reel memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Namun merasakan kedua tipe reel tersebut juga bisa jadi pilihan terbaik, karena kamu dapat menyesuaikan teknik dan spot tujuan, sehingga nantinya kamu juga akan menyesuaikan untuk menggunakan jenis reel sesuai kebutuhan dalam berbagai macam kondisi.

  • JORAN PANCING

Joran berfungsi Untuk menjamin tangan kamu aman dari gesekan senar saat melawan kekuatan ikan, peralatan pancing yang bernama joran hadir guna membantu kamu. Joran memiliki fungsi sebagai fasilitas untuk dudukan reel, tempat bertumpunya kenur atau senar, hingga untuk mengarahkan tarikan ikan.

JORAN PANCING

Selain reel, joran juga memiliki fungsi dalam menentukan kenyamanan kamu pada saat memancing. Peralatan pancing joran dengan spesifikasi tertentu akan memudahkan kamu untuk melontarkan umpan sejauh mungkin.

Bahkan, dengan bantuan joran kamu dapat menerapkan teknik-teknik tertentu seperti, casting, popping dan jigging. Dengan bantuan peralatan pancing ini kamu juga dapat menerapkan teknik lemparan yang belum kamu dengar seperti skipping. Harga Joran Pancing bervariasi tergantunng merknya dan jenisnya.

  • KAIL PANCING

Hal yang sangat tidak mungkin atau mustahil kamu akan mendapatkan buruan saat memancing tanpa ada perlatan pancing yang satu ini di alat pancing kamu.

KAIL PANCING

Kail memiliki fungsi utama untuk mengkaitkan mulut ikan yang memakan umpan yang telah terpasang pada kail tersebut. Masing-masing peralatan pancing kail memiliki ukuran dan bahan yang berbeda-beda, juga memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

  • SENAR PANCING

Apa jadinya bila memancing namun tidak ada senar yang digunakan. Hal yang tidak mungkin bisa dilakukan dalam melakukan aktivitas memancing.

SENAR PANCING

Selain sebagai alat bantu utama dalam peralatan pancing, senar juga memiliki fungsi lainnya seperti, mengerakkan lure agar menghasilkan action terbaik, menyamarkan umpan di dalam air, memberikan sensasi pada saat tarik-ulur dengan ikan, dan macam fungsi lainnya. Saat ini terdapat berbagai variasi dari peralatan pancing senar mulai dai bahan, kegunaan, karakter hingga jenis-jenisnya.

  • PELAMPUNG PANCING

Tidak seperti senar dan kail, pelampung pada peralatan pancing boleh digunakan dan boleh juga tidak, tergantung dari teknik yang diterapkan.

PELAMPUNG PANCING

Pada dasarnya fungsi utama dari pemasangan pancing pelampung adalah untuk membantu kamu dalam memberikan sinyal dan tanda jika ada ikan yang mendekati atau memakan umpan kamu.

Sampai saat ini begitu banyak bentuk dan bahan pembuatan dari peralatan pancing pelampung. Namun, intinya sesuaikan dengan kebutuhan memancing dan tekniknya sendiri.

  • SWIVEL PANCING

Peralatan pancing yang satu ini memiliki banyak fungsi. Namun fungsi utama dari peralatan pancing swivel adalah mencegah senar melintir dan kusut akibat dari putaran pergerakan ikan dan pergerakan air.

Senar yang melintir tentu akan menyebabkan akibat fatal bisa berupa senar putus atau senar menjadi kusut dalam spool.

Fungsi lain dari peralatan pancing ini yaitu memudahkan kamu untuk menghubungkan antara rangkaian kail dengan senar. Cara membuatnya adalah dengan mengkaitkan bagian rangkaian kail dan telah dipasang swivel (swivel berguna agar senar tidak menggulung dan kusut pada saat memancing, karena swivel akan berputar sesuai dengan beban tarikan mata pancing) ke ujung kenur atau tali pancing.

Dengan adanya peralatan pancing swivel secara otomatis senar utama tidak terhubung langsung dengan rangkaian pancing.

  • SNAP PANCING

Fungsi dari peralatan pancing ini hampir sama dengan swivel yaitu membantu kamu mempermudah untuk menghubungkan dan memutuskan rangkaian kail dengan senar.

Snap juga berguna untuk menghubungkan dan menyatukan pelampung dengan senar, hal ini dilakukan agar pelampung bergerak sesuai keinginan si pemancing.

Peralatan pancing snap juga sangat berguna untuk rangkaian yang menggunakan lure, karena dengan menggunakan snap kamu hanya perlu membuka dan menutup snap saat kamu rajin menggonta-ganti lure sesuai dengan keinginan kamu.

  • TIMAH PANCING

Timah merupakan salah satu peralatan pancing yang sering digunakan saat menerapkan teknik dasaran, surf casting atau mancing pasiran, dan mancing karangan.

Fungsi utama peralatan pancing ini adalah sebagai pemberat agar lontaran yang dihasilkan ketika melempar umpan bisa melontar sejauh sesuai dengan target dan lokasi tentunya.

Selain itu timah juga berfungsi sebagai penahan rangkaian peralatan pancing agar tetap pada titik lemparan kamu yang semula dituju. Hal ini biasanya akan berfungsi pada perairan yang memiliki arus dan gelombang yang kuat seperti spot di pinggir pantai.

  • STOPER PANCING 

Peralatan pancing yang terakhir ini berbentuk bulat dan memiliki ukuran sangat kecil. Fungsi utama stopper sesuai dengan namanya, yaitu sebagai penyetop lajunya pelampung pada rangkaian peralatan pancing di kedalaman tertentu.

Dengan menggunakan stopper, kamu bebas untuk melakukan pengaturan kedalaman umpan. Misalnya saja kamu menggunakan pelampung dan melakukan setingan stopper pada jarak senar 1 meter, maka umpan akan berhenti menyelam pada jarak kedalaman 1 meter pula.

Nah itulah Penjelasan Tentang Alat Pancing yang wajib anda gunakan dan Bisa anda dapatkan di Toko Alat pPancing di tempat anda, namun selain itu ada hal yang wajib juga anda perhatikan dalam memancing yaitu Umpan Ikan . Karena dengan Umpan ini lah kita bisa menarik perhatiak dari ikan yang akan kita tangkap. Semoga Berguna.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *