Apakah Ikan Mengenali Warna ?

Apakah Ikan Mengenali Warna ? : Pertanyaan sederhana tersebut mungkin bagi sebagian orang terkesan sepele bahkan mungkin konyol kalau mendengar pertanyaan begitu, namun sebagai seorang angler kita wajib mengetahuinya apakah ikan yang kita pancing selama ini mengenali watna atau tidak. Para ilmuwan jago dalam bidangnya telah lama melaksanakan riset untuk mengetahui balasan tersebut, bahkan sangat banyak teori yang berkembang dari mereka.

Polemik akan pengenalan warna oleh ikan masih terus berkambang sampai kini, namun di sini hanya akan menunjukkan gosip bagaimanakah kita sebagai pemancing memilih warna umpan lure untuk memancing ikan target. Sebagian angler merasa perlu memilih warna tertentu dan mereka juga merasa pemilihan warna sangat penting sekali berdasarkan pengalaman yang mereka alami. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lainnya tentang Tips Dan Trik Mancing Ikan Mas dan juga Lingga Fishing Festival .

 Pertanyaan sederhana tersebut mungkin bagi sebagian orang terkesan sepele bahkan mungkin Apakah Ikan Mengenali Warna ?

Kaprikornus apa bener ikan itu mampu mengenali warna? Bagaimanakah reaksi ikan terhadap warna warna eksklusif? Jawabannya yaitu iya

Lalu pemilihan warna pada lure atau umpan buatan itu sebetulnya untuk siapa ? untuk memuaskan pemancingnyakah atau untuk ikan yang di target.? Kemungkinan besar pemilihan warna pada lure hanya untuk memuaskan pemancingnya, hal ini tidak terlepas dari eksklusif masing masing angler tersebut yang memiliki warna kesenangan atau warna favorit. Menurut majalah luar yang berjudul Saltwater pada edisi bulan oktober tahun 2005 mengutip pernyataan salah satu pembuat jenis umpan untuk trolling mereka mengatakan dengan sangat meyakinkan, “kita dapat menangkap ikan dengan sangat banyak dari jenis umpan yang beragam, ketika umpan  beraksi dengan aktraktif maka dia akan menerima strike walau umpan tersebut tidak berwarna,”.

Kaprikornus dengan begitu kesimpulan yang dapat kita ambil yaitu umpan lure tersebut walaupun memiliki warna yang beraneka ragam namun tidak dapat bergerak dengan atraktif maka dapat di pastikan strike yang di dapat akan sangat minim sekali. Gerakan umpan yang atraktif jauh lebih secara umum dikuasai dan penting dari pada warna warni yang di tampilkan, pernyataan tersebut menerima persetujuan banyak angler dari seluruh dunia. Bahkan ada seorang angler yang berkata cukup ekstrim “gue mancing pake teknik popping hanya menggunakan kayu polos ga ada warna juga di embat”.

Sebagai anutan untuk angler yang masih ngotot ingin menggunakan lure berwarna sesuai dengan warna favoritnya, nah berikut ini gosip spesifikasi warna yang secara umum dikuasai di dalam air dengan jarak tempuh pencapaian warna tersebut ke kedalaman air. Untuk warna biru panjang gelombangnya dapat mencapai 80 meter lebih di kedalaman. Warna yang lain tidak bisa untuk mencapai kedalaman tersebut, nah untuk itu lihat tabel berikut ini jangkauan gelombang warna di kedalaman 10 sampai 30 feet ( kurang lebih 3 sampai 10 meter ) dalam skala persentase

Warna merah 6,5 % 0,025 %

Warna orange 50 % 12%

Harna kuning 73% 40%

Warna hijau 88% 69%

Semoga dengan mengetahui persentase gelombang warna di atas teman angler sekalian dapat menentukan warna pilihannya dalam memancing di perairan dangkal dan semoga menerima hasil strike yang melimpah. Demikianlah gosip singkat kami tentangApakah Ikan Mengenali Warna ? semoga saja ada manfaat yang dapat di ambil dari artikel ini dan kalau demikian bantu kami dengan share atau bagikan artikel ini semoga teman angler yang lainnya menerima manfaat yang sama menyerupai yang kita dapatkan, terimakasih banyak, salam.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *