Baitcaster, Teknik Dan Cara Memancing

Tambahan yang lebih rumit untuk gulungan pemintalan tradisional adalah gulungan baitcaster. Meskipun gulungan ini dapat mengintimidasi pada awalnya, dengan persiapan yang cermat dan sedikit trial and error, Anda dapat memancing Anda ke level berikutnya. Meskipun pada awalnya ada kemungkinan serangan balik yang tinggi, hal itu seharusnya tidak menghentikan Anda untuk mempelajari cara menggunakan baitcaster. Berlatih akan membantu Anda mengasah casting Anda dengan baitcaster dan membuka metode dan taktik baru untuk memancing di tempat favorit Anda.

Baitcasting mengatasi unggul dalam melemparkan garis yang lebih berat dan umpan yang lebih berat di mana peralatan pemintalan tradisional akan kesulitan. Baitcaster menawarkan kontrol yang jauh lebih besar atas lemparan dan jarak daripada tekel pemintalan. Setelah dikuasai, penyiar umpan jauh lebih tidak melelahkan untuk dilemparkan dalam jangka waktu yang lama, menjadikannya favorit di antara pemancing profesional.

Memancing dengan joran dan reel baitcaster

Memancing dengan joran dan reel baitcaster
Memancing dengan joran dan reel baitcaster

Kapan menggunakan gulungan baitcaster

  • Di bawah ini adalah situasi di mana penggunaan baitcaster sangat ideal.
  • Gunakan baitcaster saat menargetkan ikan yang lebih besar
  • Jika Anda memiliki pengalaman memancing yang cukup
  • Memancing dengan pancing dan umpan yang lebih berat
  • Ketika pengecoran presisi diperlukan
  • Saat memancing di dalam dan di sekitar bangunan atau vegetasi yang lebat

 

Pro dan kontra baitcaster

Baitcasting adalah teknik memancing populer yang digunakan oleh pemancing air tawar dan air asin di seluruh dunia. Namun, ada pro dan kontra yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai baitcasting.

 

keuntungan

  • Tugas berat dan tahan lama (namun ringan)
  • Beberapa jenis pengecoran
  • Kontrol hampir total atas jarak casting dan penempatan umpan
  • Leverage yang lebih baik daripada spinning tackle
  • Kurang melelahkan selama penggunaan jangka panjang

Kekurangan

  • Mahal
  • Sulit dikuasai
  • Line play (bundling dalam spool)
  • Tidak dapat beralih antara orientasi kanan dan kiri

 

Empat sistem dari sebuah baitcaster

Empat sistem dari sebuah baitcaster
Empat sistem dari sebuah baitcaster

Semua penyiar umpan modern membutuhkan penguasaan dan penggunaan tiga sistem berikut agar berhasil menggunakan penyiar umpan. Sistem tersebut adalah sistem drag, sistem tegangan spool, sistem thumb, dan sistem drag.

 

Sistem pengereman

Sebagian besar penyiar umpan modern memiliki sistem seret yang dapat disesuaikan pada gulungannya, biasanya di sisi berlawanan dari gulungan itu sendiri.Sistem ini dirancang untuk membatasi rotasi spul segera setelah dilemparkan, ketika sebagian besar energi diterapkan ke spul. Pad sistem ini adalah sistem pencegahan utama Anda untuk menghentikan permainan. Di sistem ini dirancang sedemikian rupa sehingga semakin cepat spul mencoba berputar, semakin besar gaya yang akan digunakan sistem seret untuk memperlambatnya hingga tercapai kesetimbangan.

Sistem seret biasanya terletak di sisi berlawanan dari gulungan pada sebagian besar penyiar umpan modern dan nilainya berkisar dari 0-10. Kisaran ini menunjukkan seberapa besar sistem drag mengurangi putaran spool selama gips, dengan sepuluh sebagai yang tertinggi dan 0 sebagai yang terendah. Sistem pengereman ini datang dalam dua bentuk, baik sentrifugal atau magnetik. Tidak ada pendekatan yang “lebih baik”, tetapi tidak mungkin menghentikan pengaruh sistem pengereman magnet sementara sistem pengereman sentrifugal dapat dihentikan.

Pada sebagian besar penyiar umpan, sistem pengereman adalah garis pertahanan pertama pemula untuk menghindari bantingan dan belajar melempar. Pemancing profesional biasanya menyesuaikan sistem ini saat mengganti pengukur garis atau saat memancing di angin kencang. Saat keterampilan Anda dengan baitcaster Anda meningkat, coba turunkan angka ini dari waktu ke waktu untuk melihat bagaimana jarak casting Anda meningkat.

 

Sistem tegangan kumparan

Pada sistem tegangan spul adalah kenop bertekstur kecil yang biasanya berada tepat di bawah gulungan penyiar umpan. Di sistem ketegangan koil melakukan persis seperti namanya; itu mengatur ketegangan pada koil itu sendiri. Berbeda dengan sistem drag, yang hanya membatasi putaran spool pada awal gips, sistem tegangan spool tetap konstan sepanjang gips.

Karena sistem ini tetap konstan untuk seluruh gips, sistem ini adalah metode utama pemancing untuk menyempurnakan kecepatan spul saat menggunakan atau beralih antar umpan dengan ukuran dan berat yang berbeda. Misalnya, saat membalik jig yang berat, sistem ini bisa dikencangkan, dan saat melempar crankbait atau jerkbait yang lebih ringan, sistem bisa dilonggarkan. Sistem ini tidak dapat disesuaikan selama gips dan membutuhkan penyempurnaan yang hati-hati berdasarkan kondisi eksternal sebelum gips dibuat.

 

Sistem jempol

Jempol pemancing seringkali merupakan garis pertahanan terakhir untuk mencegah penyiar umpan menendang balik; Namun, itu tidak berarti ibu jari Anda diperlukan untuk setiap gips. Dengan sistem tegangan seret dan spul yang disetel dengan sempurna untuk kondisi tersebut, Anda hampir tidak perlu menggunakan ibu jari untuk apa pun selain menghentikan spul agar tidak berputar di akhir gips Anda.

Sistem pengereman atau tegangan yang tidak seimbang sering terjadi, terutama bagi pemula saat menggunakan tekel yang tidak biasa. Jempol sangat berharga untuk membatasi kecepatan spool hingga Anda mendapatkan pengaturan yang sempurna. Pantulan lembut spool selama gips dapat menghilangkan tendangan balik dan kecepatan garis lambat secara drastis untuk menempatkan umpan dengan presisi mutlak. Pemancing profesional sering menggunakan ibu jari mereka untuk menempatkan umpan secara akurat di dekat struktur atau saat memasang kail. Untuk mewujudkan potensi penuh dari baitcaster reel, Anda harus merasa nyaman dengan ibu jari Anda saat menggunakan baitcaster.

 

Sistem tarik

Meskipun tidak penting untuk casting, sistem drag adalah bagian terakhir dari sebuah baitcaster yang perlu diketahui oleh semua pemancing. Sistem seret menentukan berapa banyak tekanan yang dapat diterapkan pada ikan sebelum memaksa gulungan berputar. Sistem seret tipikal pada penyiar umpan modern dapat berkisar antara 20-30 lbs. hambatan saat dikencangkan sepenuhnya, tetapi ketahanan yang kuat seperti itu jarang dibutuhkan. Tarikan Anda harus diatur cukup kencang sehingga umpan Anda tidak akan menariknya keluar, tetapi cukup longgar sehingga Anda dapat menariknya keluar dengan tangan tanpa merusak tali.

Ada pengecualian untuk pengereman yang relatif longgar, tetapi hanya dalam keadaan tertentu. Misalnya, saat memancing untuk struktur atau vegetasi yang berat, biasanya menggunakan tali kepang yang sangat berat dengan pemimpin fluorokarbon kecil pada penyiar umpan. Garis berat seperti itu digunakan untuk mencegah ikan besar dari tali kekusutan pada struktur bawah air. Pemancing umpan, ditambah dengan tali pancing yang berat itu, membutuhkan sistem seret yang kuat untuk menarik ikan dari struktur dan keluar dari air.

 

Tiga Lemparan baitcaster

Tiga Lemparan baitcaster
Tiga Lemparan baitcaster

Sekarang setelah Anda memahami sistem dasar yang mengontrol putaran spul, saatnya untuk memulai dengan beberapa gips. Ada tiga gips berbeda yang dapat dibuat oleh para penyiar umpan, gips overhand, gips lengan samping dan gips curang atau “flip”.

 

  1. Lemparan Overhand

Pemain overhand adalah yang termudah dan setiap pemancing harus terbiasa dengannya. Gunakan lemparan ini saat mencoba mendapatkan jarak maksimum dari lemparan Anda. Lemparan ini tidak boleh digunakan saat ada bangunan yang menjorok di dekatnya atau saat melempar dalam kondisi berangin.

 

  1. Gips lengan samping

Lemparan lengan samping memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi dan dilakukan saat melempar ke area di mana pohon yang menggantung atau bangunan lain berada beberapa meter di atas permukaan air. Gunakan lemparan lengan samping saat melempar ke arah angin. Ini mengurangi tarikan angin pada garis Anda dan memungkinkan Anda melempar lebih jauh.

 

  1. Pekerjaan licik

Sejauh ini, kedua tipe cast di atas dapat digunakan dengan baitcasting atau spinning tackle. Di mana penyiar umpan benar-benar unggul adalah gips curang atau gips “flip”. Setelah dikuasai, gips ini sangat berharga untuk mendapatkan umpan tepat di mana dan seperti yang Anda inginkan. Situasi pengecoran yang ideal adalah bangunan berat, vegetasi atau dermaga dataran rendah. Gabungkan gaya pengecoran ini dengan jig yang lebih berat, umpan obrolan, dan umpan renang yang unggul saat memancing keluar dari struktur yang berat.

Gaya licik terkenal dengan pelestarian gerakan pemancing secara keseluruhan dan ketepatan yang dapat Anda gunakan untuk menyajikan umpan dengannya. Sudut dangkal di mana umpan dilemparkan ke seberang air dengan gips ini secara drastis mengurangi masuknya percikan umpan saat mengenai air. Saat berhadapan dengan ikan yang menyeramkan, pengurangan gangguan masuk ini semakin meningkatkan penampilan alami umpan di dalam air.

Untuk pemula atau saat membeli peralatan baru, sebaiknya kuasai lemparan overhand dan sidearm terlebih dahulu. Gips ini memberi Anda perasaan yang baik tentang cara kerja gulungan dan seberapa cepat gulungan berputar. Setelah Anda melakukan gips dengan benar, mulailah menembak. Lihat ke mana Anda pergi!

 

Langkah-langkah untuk melemparkan gulungan baitcaster overhand / sidearm

"<yoastmark

  1. Anda mulai dengan menggulung tali. Harus ada sekitar 6-12 inci garis yang tergantung dari ujung batang.
  2. Dengan tangan utama Anda, pegang joran dan reel dengan ibu jari mengarah ke atas dan siap untuk menekan thumb bar pada reel. Jari-jari Anda yang lain harus melingkari badan gulungan atau pantat batang.
  3. Pegang joran setinggi pinggang dengan gagang reel menghadap ke atas. Ini meningkatkan mobilitas pergelangan tangan saat melempar.
  4. Lepaskan spul dengan menekan bilah ibu jari. Ingatlah untuk menjaga ibu jari Anda pada gulungan agar tidak terlepas. Anda bisa mencoba menempatkan ibu jari Anda pada sudut alih-alih menekannya ke tali pancing. Anda akan dapat mengontrol garis dengan lebih baik saat melakukan transmisi.
  5. Tekuk siku ke belakang dan melewati bahu untuk mempersiapkan lemparan. Anda dapat melakukan ini dengan melemparkan ujung batang melewati bahu Anda. Segera ayunkan ke depan ke posisi jam 5 sambil mengarahkannya ke sasaran. Terus pegang gulungan dengan ibu jari Anda.
  6. Saat batang mengayun ke depan, angkat ibu jari Anda sedikit dari gulungan agar umpan bergerak bebas untuk menarik tali dari gulungan. Terus gerakkan garis ke kulit ibu jari Anda.
  7. Sebelum umpan menyentuh air, tekan spool reel ke bawah dengan ibu jari Anda. Jika Anda tidak menekan spool reel tepat waktu, spool akan meluap dan menyebabkan serangan balik.
  8. Anda dapat memutar pegangan ke depan untuk mengunci gulungan. Berlatih menggulung beberapa kali lagi dan Anda siap melakukannya! Reel yang dilapisi dan disetel dengan benar serta banyak latihan akan memastikan pengalaman memancing yang luar biasa.

 

Cara membalik baitcaster

Saat Anda siap untuk mulai membalik, saya menganggap Anda sudah terbiasa dengan casting dari sisi atas dan samping dengan seorang penyiar umpan. Untuk berlatih flip, saya sangat merekomendasikan untuk mendapatkan ember atau mangkuk kecil dan mencoba mendaratkan berat timbal setengah ons pada jarak yang semakin jauh sebelum mencobanya di atas air.

  1. Gunakan garis mulai dari 6 inci hingga 3+ kaki dari ujung gulungan Anda, mana yang paling nyaman untuk umpan dan joran yang digunakan.
  2. Tekan bilah ibu jari dan tahan ibu jari Anda pada gulungan.
  3. Letakkan siku di samping tubuh dan jaga agar palang benar-benar horizontal ke tubuh Anda.
  4. Jatuhkan atau ayunkan lengan Anda untuk memberikan umpan Anda gerakan ke arah kaki Anda.
  5. Gerakkan lengan bawah Anda ke depan dengan gerakan bullwhip, diakhiri dengan menjentikkan pergelangan tangan Anda yang memegang palang dan melengkungkan tangan utama Anda. Gerakan ini harus memuat joran sambil menjaga agar umpan tetap rendah di permukaan air.
  6. Lepaskan ibu jari Anda dari palang ibu jari dan angkat ujung batang dengan satu gerakan halus.
  7. Putar gulungan ke kecepatan yang benar dan tempatkan umpan Anda di tempat yang dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *