Bogowonto Asyiknya Mancing Liar Penghuni Muara

Bogowonto Asyiknya Mancing Liar Penghuni Muara
Bogowonto Asyiknya Mancing Liar Penghuni Muara

Sungai bogowonto yang ber muara di laut selatan, berbatasan pantai congot dan banyu urip purworejo.  Merupakan surga pemancing ikan hampala, gabus, nila, bader dan tawes di spot hulu sungai  Jati, Jetak, Lereng Besar, Tanjung, Dulang, Jurang, Kecapi, Prumben, Sanderan, Jueh, Sipucung, Brengkok, Lesan, Pomahan, Mangli, Panto, Kedungpulih.

Akan tetapi bagian muara sungai bogowonto lebih banyak di huni ikan belanak, barramundi, kakap, sidat dan lain-lain. Bahkan mancing di sini tak kalah dengan memancing di kali buntu rowo, wawar, laguna trisik.

Bogowonto Asyiknya Mancing Liar Penghuni MuaraMancing Sungai Bogowonto

Tempat jujugan pemancing jogja, kebumen, cilacap dan kota purworejo

Muara sungai bogowonto masih terjaga keaslianya, sehingga beraneka macam jenis ikan liar bersarang di sini. Di bulan mei sampai September merupakan musim mancing belanak, nah pemancing dari kota kebumen, cilacap, purworejo dan pemancing jogja tumpah ruah meramaikan panan belanak.

Selain ikan belanak pemancing biasnya juga berburu ikan:

1. Mancing Sidat /pelus

Sungai yang dalam berbatu-batu merupakan rumah ikan sidat atau pelus, berburu ikan ini bagi pemancing di sungai bogowonto biasnya memakai umpan cacing untel dan memacing di malam hari, di musim penghujan antara bulan desember sampai februari adalah waktu yang bagus.

2. Mancing ikan sogo atau baung

Ikan yang masih dekat kekerabatannya dengan ikan lele juga penghuni sungai yang bermuara di congot ini. cara memancing ikan sogo atau baung mirip dengan mancing ikan sidat, akan tetapi umpan yang dipakai adalah usus busuk walau umpan cacing juga mau makan.

Baca: Mancing ikan Sogo Atau Baung

3. Mancing ikan kiper atau baronang

Ikan baronang atau ikan kiper merupakan ikan penghuni muara dan pantai yang tenang. Dengan joran tegek panjang memancing ikan ini sangat mengasyikan, sebab apa? Terkenal tarikannya yang luar biasa kuat, lumut dan potongan daging ikan atau udang adalah umpan yang tepat. Tapi sedikit hati-hati sirip punggung ikan kiper atau baronang beracun, sakit sekali jika terengat durinya.

Baca: Asyiknya Mancing Kiper (Baronang) Cara Cepat Dapat Banyak

4. Mancing ikan mangar atau kakap

Bogowonto Asyiknya Mancing Liar Penghuni MuaraIkan Mangar

Pemancing jogja sering menyebut dengan mangar kalau nama kerennya mangrove jack. Air pasang dan bening merupakan waktu yang tepat untuk mancing ikan kakap dengan cara cesting. Tehnik memancing dengan dasaran dapat digunakan saat air sedikit keruh pada musim hujan, umpan yang di pakai bisanya irisan daging ikan atau udang.

Teknik ngoncer dengan mengguanakan umpan hidup seperti udang kali, udang tambak (vanamie), ikan nila, ikan betok, ikan sepat, ikan grescap, ikan wader dan lain-lain. Teknik ngoncer ini bisa di pakai pada kondisi air bening dan sedikit keruh, ikan mangar atau kakap liar sangat peka pada cahaya, jadi bagi pemancing malam hari sebaiknya, jangan mengarahkan senter ke spot mancing.

Memancing di sungai bogowonto

Sebaiknya membawa umpan lebih dari satu, itu saran saya jikalau pingin mencoba mancing di sini, bisa jadi anda berniat dari rumah memancing A, akhirnya berubah niatnya melihat teman mancing ikan B dan mendapat banyak, ini mengurangi ke asyikan kan? Semoga artikel dengan judul, Bogowonto Asyiknya Mancing Liar Penghuni Muara, bermanfaat.

Nb

Baca: Umpan mancing sungai

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *