Bosen Memancing Ga Dapet Dapet? Ini Tehnik Memancing Ikan Agar Dapat Banyak

Bosen Memancing Ga Dapet Dapet? Ini Tehnik Memancing Ikan Agar Dapat Banyak

Orang yang sedang suntuk atau bosan biasanya mengisi waktuinya dengan memancing, karena kegiatan ini bisa merilekskan pikiran sejenak. Selain karena hobi hasilnyapun bisa dimanfaatkan untuk lauk di dapur, itu sih kalau berhasil memancing ikannya :-).

Akan tetapi tidak semudah yang kita kira kalau memancing itu bisa dengan cepat mendapatkan ikan, terlebih oelh pemancing pemula. Kita perlu memperhatikan alat pancingnya, pemilihan umpan yang digunakan, cara atau trik memancing serta perlu juga memperhatikan tempat atau spot pemancingan. Tentu saja Lokasai atau spot yang berbeda memili teknik tersendiri.

Bagi profesional mungkin merupakan hal yang mudah dalam hal urusan memancing, nah untuk pemula perlu mempelajari trik atau cara agar bisa mendapatkan ikan banyak ketika memancing. Banyak faktor yang mempengaruhi sebagai faktor penting berhasilnya kita dalam memancing agar mendapatkan ikan dengan cepat dan banyak. Berikut ini saya jelaskan beberapa teknik yang bisa anda pelajari dan praktekan ketiga memancing supaya mendapatkan ikan dengan waktu singkan dan jumlah yang tidak sedikit.

1. Pemilihan Joran dan Reel

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah dalah hal anda memilih reel serta joran, pilihan yang tepat akan sangat mempengaruhi hasil pancing. Untuk reelnya saya sarankan untuk memilih dengan kekuatan yang sedang, kalau jorannya cari yang berukuran panjangnya sekitar 2 meter.

Dengan pemilihan diatas itu adalah untuk memancing ikan yang ukurannya tidak begiru besar. Akan lebih baiknya lagi jika anda membeli joran, jangan malu untuk bertanya ke penjualnya. Tanya saja yang cocok untuk anda ketika akan memancing disuatu tempat. Pilihlah joran yang berukuran panjang sekitar sama dengan tinggi anda, hal ini perlu agar bisa memberikan kenyamanan sewaktu anda menarik reel jika ikan memakan umpan anda.

2. Memilih Senar Pancing Yang Pas

Dalam hal memilih Senar pancing maka pilihlah yang jenisnya Monofilament dan disesuaikan dengan panjang joran, sekitar 2 meter. Untuk pemancingan di air tawar pakailah senar yang memiliki bobot 2,7 sampai 5,4 kilogram. Nah maka penentuan senar ini anda juga harus mengetahui kira kira bobot ikan yang akan anda pancing agar sesuai. Dengan tehnik ini mudah mudahan anda bida mendapatkan ikan dengan cepat dan banyak.

3. Umpan yang Dipakai

Umpan menjadi faktor krusial dalam memancing ikan. Ini karena umpan menjadi faktor penting yang bisa menjadi daya tarik ikan di air. Anda bisa menggunakan umpan seperti jangkrik, cacing, ataupun ikan kecil. Namun jika anda merasa jijik dengan umpan hidup itu, anda bisa meraciknya sendiri atau menggunakan umpan tabur yang sudah anda lembutkan dengan air , di bentuk dan di pasangkan pada kail.

Namun kebanyakan ikan yang ada di kolam justru tertarik memakan umpan yang masih bergerak atau hidup ketika berada di dalam air, jadi perlu anda pertimbangkan lagi untuk memilih umpannya. Jika anda tidak mau susah, maka beli saja di toko pancing tersebut, biasanya mereka menyediakan umpan ikan juga untuk di beli.

Tentu saja umpan yang anda gunakan tidak boleh sembarangan, ini tergantung dari jenis ikan yang anda tangkap. Karena setia umpan akan mendapatkan tangkapan ikan yang berbeda beda. Misal umpan A tidak cocok untuk Ikan Emas dan justru cocok dengan Umpan B. Begitu seterusnya, jadi anda harus mempelajari dan wajib  paham tentang umpan ikan.

4. Pakailah Pelampung Pancing

Tentu anda sudah tahu akan fungsi dari pelampung ini, yaitu untuk menandai jikalau pancing anda di sambar oleh ikan. Pelampung akan bergerak gerak jika ada ikan yang menyentuhnya dan akan tenggelam jika umpan sudah ditarik ikan kedalam. Pemasangan pelampung yang baik adalah 30 cm di atas mata kail.

Jika pelampung yang anda gunakan ringan, sementara anda memancing di air yang arusnya deras, maka anda perlu memasang pemberat sejenis timah di bawahnya. Ini dilakukan agar umpan masuk kedalam dan tidak mengapung diatas karena terdorong derasnya arus air.

Pakailah jenis pelampung yang bentuknya mengerucut yang ketika di taruh pada bagian yang mengerucut tenggelam air. Ini fungsinya supaya mata kita lebih merespon ketika ada hentakan dari ikan yang memakan umpan. Jadi ketika pelampung tersentak maka langsung tarik saja dengan menggulung reel dan menggerakan joran keatas.

5. Perhatikan Umpan Yang Menempel pada Kail 

Ketika anda memasang umpan pada kail, maka anda harus memperhatikan agar umpan benar benar menempel pada kail. Jadi anda harus memasang umpat sekuat mungkin pada kail, agar umpan tidak mudah lepas dan ikan pun tidak mudak memakan umpan yang ada kailnya.

Sebagai contoh jika anda menggunakan umpan cacing, maka tusuklah cacing hingga 2 – 3 kali dan menutupi mata kail. Ini dilakukan agar umpan cacing kuat menempel pada kail dan ketika kita melempar senar ke tengah lokasi mancing , umpan tersebut tiak mudah lepas.

Umpan yang digunakan harus rekat pada kail. Kaitkan umpan sekuat mungkin, jangan biarkan ikan-ikan lolos dari

6. Jangan Tergesa Gesa 

Kita di tuntut untuk jangan tergesa gesa dan sabar dalam menunggu sampai ikan benar benar memakan umpan kita. Jangan terburu buru untuk menganngkan joran dan menggulung reel, pastikan dulu dengan baik. Bisa dikatakan memancing adalah olah raga yang mengetes kesabaran 🙂

Sambl menunggu anda bisa merokok atau palah, yang jelas tunggu sampai ikan menyambar ikan kita. Sesekali kita gerak gerakan sedikit agar umpan terkesan aktif untuk mengecoh ikan, namun tetap fokus pada gerakan pelampunnya.

7. Tanggap Ketika Ikan Sudah Menggigit Umpan

Anda harus tetap fokus pada pelampung, disaat sudah menunjukan pelampung bergerak dan masuk keair segara tarik dan hentakan keatas sambil menggulung reel. Namun jika hentakan anda terasa ringan dan seakan tidak ada perlawanan, maka sudah dipastikan ikan terlepas dari kail.

Untuk menariknya anda tarik dengan tinggi sekitar 45 derajat, dengan sambil menggulung senar. Perlakuan ini anda lakukan secara perlahan dengan irama yang berulang sambil ikan mendekat. Ini untuk mengurangi beban pada senar dan joran. Anda harus terbiasa, karena menentukan umpan telah dimakan itu susah susah gampang.

8. Cara Melepaskan Ikan Yang Tertangkap 

Ketika sudah berhasil tertangkap ikannya, maka hal yang menjadi perhatian lagi adalah melepas kailnya. Pegang dengan hati hati karena terkadang ikan ada yang memiliki duri tajam pada siripnya. Bila perlu gunakan kain atau sarung tangan  agar tidak licin ketika memegang ikannya. Gunakan tang khusus untuk menarik kail yang nyangkut pada rongga mulut si ikan. Tariklah perlahan kailnya, apabila sulit gosangkan sedikit dan mengikuti jalan masuk kail tersebut.

Nah itulah teknik memancing ikan agar cepat dapatnya dan banyak yang bisa anda praktekan. Semoga berhasil dan bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *