Cara Buat Bandul Atau Pemberat Untuk Mancing

Sobat angler mania sekalian setelah beberapa waktu lalu kami memposting artikel tentang Tips Cara Pasang Umpan Pada Mata Kail kini akan kami lanjutkan dengan artikel yang pastinya bermanfaat pula untuk para pemancing yaitu tentang Cara Buat Bandul Atau Pemberat Untuk Mancing . Ya bandul atau pemberat ialah salah satu piranti penting bagi para pemancing terutama yang suka memancing di air yang berarus menyerupai sungai maupun lautan, bahkan Mancing Galatama juga menggunakan bandul walaupun kecil yang berkhasiat untuk mempermudah melempar umpan ke posisi spot yang di tuju dan mempercepat tenggelamnya umpan ke dasar air. Baca artikel relevan ihwal bandul: Waspada Bahaya Timah Pemberat Bagi Kesehatan dan Tips Memilih Bandul Atau Pemberat Untuk Mancing.

 Sobat angler mania sekalian setelah beberapa waktu lalu kami memposting artikel ihwal Cara Buat Bandul Atau Pemberat Untuk Mancing

Membuat bandul atau pemberat untuk mancing tidaklah sesulit membuat lure atau umpan tiruan yang mana membutuhkan sebuah skill atau keahlian tertentu. Bandul atau pemberat yang akan kami berikan informasinya menggunakan peralatan yang cukup sederhana cetakannya dari batang bambu atau buluh. Berikut ini peralatan yang perlu di siapkan untuk membuat bandul atau pemberat ( Batu Ladung dalam bahasa malaysia Fishing Sinkers bhs Inggris )

  • Tang biasa dan tang jepit bila ada
  • Timah untuk di cetak
  • kaleng susu bekas
  • Cetakan dari batang bambu atau buluh yang ukurannya terserah sobat
  • kawat stenless steel untuk kupungannya

Cara Buat Bandul

 Sobat angler mania sekalian setelah beberapa waktu lalu kami memposting artikel ihwal Cara Buat Bandul Atau Pemberat Untuk Mancing

Masak timah dalam kaleng susu bekas hingga mencair sembari menyiapkan kawat steenless steel di bentuk menyerupai gambar di atas kemudian di masukan setengahnya ke dalam cetakan batang bambu. Bila timah telah mencair segera tuang ke dalam cetakan yang telah di sediakan tadi, tunggu beberapa ketika ( kurang lebih 5 hingga 10 detik ) selanjutnya tarik keluar timah yang telah di cetak tadi dengan cara menjepit kupingannya dengan tang, bandul atau pemberat untuk mancing telah jadi. Buatlah bandul sebanyak yang sahabat suka dengan variasi ukuran yang berbeda.

Gimana sob ? mudah bangetkan buat bandulnya ? sebetulnya sangat banyak cara untuk membuat  piranti tersebut, ada yang menggunakan papan sebagai cetakannya ataupun logam menyerupai besi namun ke dua materi ini haruslah di bentuk terlebih dahulu dan itu membutuhkan waktu lebih dalam membuatnya, sedangkan menggunakan bambu kita tidak perlu membuang waktu lama sudah dapat menghasilkan bandul atau pemberat dengan variasi berat sesuai cita-cita kita.

Berikut ini video cara membuat bandul atau pemberat menggunakan cetakan dari logam besi selamat menonton dan biar dapat menginspirasi sahabat angler sekalian.

Demikianlah artikel isu dari tentang Cara Buat Bandul Atau Pemberat Untuk Mancing biar berkhasiat dan bermanfaat untuk sahabat angler sekalian, hingga jumpa lagi di artikel berikutnya salam mancing mania nusantara .

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *