Cara Gampang Membuat Siomay Tuna-Ayam bydeesawitri, Enak Banget


Cara Gampang Membuat Siomay Tuna-Ayam bydeesawitri, Enak Banget

Siomay Tuna-Ayam bydeesawitri. Patty tuna, steak tuna, burger tuna, olahan tuna kaleng. Siomay ayam basah dan siomay pangsit simple bgt. Kali ini saya mau bikin siomay, tapi resepnya tanpa telur.

Cara Gampang Membuat Siomay Tuna-Ayam bydeesawitri, Enak Banget Jamin makan satu gak akan cukup :). Sekali buat siomay ini bakal ketagihan loh. Siomay ikan tuna pasti tak kalah enak dari siomay ayam, siomay udang atau aneka siomay lainnya.


Lagi mencari ide resep siomay tuna-ayam bydeesawitri yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal siomay tuna-ayam bydeesawitri yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Patty tuna, steak tuna, burger tuna, olahan tuna kaleng. Siomay ayam basah dan siomay pangsit simple bgt. Kali ini saya mau bikin siomay, tapi resepnya tanpa telur.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari siomay tuna-ayam bydeesawitri, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan siomay tuna-ayam bydeesawitri enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.


Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan siomay tuna-ayam bydeesawitri sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Siomay Tuna-Ayam bydeesawitri memakai 27 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Siomay Tuna-Ayam bydeesawitri:

  1. Siapkan Bahan A Siomay (dihaluskan).
  2. Siapkan 150 gr tuna giling (detailnya ada di langkah 1 ya).
  3. Gunakan 175 gr daging ayam giling.
  4. Ambil 4 siung bawang putih.
  5. Ambil 1 putih telur.
  6. Siapkan 1 sdt garam.
  7. Sediakan 1/2 sdt kaldu bubuk/totole.
  8. Siapkan 1/2 sdt minyak wijen (bisa di skip).
  9. Siapkan 3 sdm air es.
  10. Ambil Bahan B Siomay (setelah dihaluskan).
  11. Sediakan 100 gr tepung tapioka (tidak ikut digiling ya).
  12. Gunakan 1 batang daun bawang, iris tipis.
  13. Sediakan 1/2 labu siam (jepan), kukus sebentar lalu parut.
  14. Siapkan Bahan Sambel.
  15. Sediakan 200 gr kacang tanah (goreng dulu).
  16. Ambil 4 siung bawang putih.
  17. Ambil 2 daun jeruk.
  18. Ambil 7 cabai rawit, 1 cabai besar (bisa dikurangi ya).
  19. Gunakan 2 sdm gula jawa (2 glundung ukuran kecil).
  20. Gunakan 1/2 sdm garam.
  21. Ambil 5 sdm air.
  22. Gunakan Bahan Tambahan.
  23. Gunakan 2 kentang ukuran sedang (me : 1 kentang bagi jadi 10).
  24. Ambil 5 tahu putih (me : 1 tahu bagi 4).
  25. Siapkan 1 pare (me : potong jdi 10).
  26. Gunakan 1/2 kol/kubis, sisir lembarannya.
  27. Siapkan telur rebus (optional).

Tak jauh berbeda dengan aneka siomay lainnya siomay ikan tuna ini sangat mudah dan praktis cara pembuatannya. Jika kemarin kita sudah membuat siomay jakarta dengan ikan tuna yang dikukus. Lihat juga resep Siomay ayam enak lainnya. Resep siomay dari daging ayam, ikan dan udang yang mudah dibuat dan sedap.

Cara membuat Siomay Tuna-Ayam bydeesawitri:

  1. Ini saya beli 1 ekor ikan tuna (250gr) dan dada ayam (250gr), tp setelah di fillet dan dihaluskan beratnya jadi itu ya.. tapi ga harus sama, yg penting bumbunya lengkap…
  2. Labu siam dan kol dikukus dulu. Labu siamnya sampai agak empuk suoaya bisa diparut untuk campuran siomay. Tapi kalau kolnya sebentar aja, yg penting layu supaya bisa digulung (nanti dikukus lagi kolnya).
  3. Haluskan semua bahan A lalu tambahkan bahan B (jangan lupa tepungnya sambil disaring ya).. lalu comot2 pakai tangan dan kukus.. kalau soimay ala2 biasanya ga dibentuk yaaa.
  4. Potong2 bahan tambahan.. lalu kukus. Untuk kolnya, dikukus bentar aja biar layu trus digulung (nanti dikukus lagi). Parenya ada yg ku isi siomay, ada yg enggak.
  5. Sekarang sambel kacanyanya ya.. kacangnya aku tumbuk kasar pakai uleg2 biar rasa kacangnya keluar kalau sudah, haluskan secara bertahap ya (aku pake chopper) : bawang, daun jeruk dan cabai dihaluskan, masukkan gula jawa, haluskan lagi, masukkan kacang yg udah ditumbuk kasar dan garam, kasi 5 sdm air lalu haluskan lagi. Kalau mau pakai, bisa ditambah air (kalau aku sambil di panasi pake kompor)..
  6. Tinggal ditata semuanya. Kalau pengen hangat, tinggal dikukus bentar aja trus tambahkan sambal kacangnya.. Niekmaaatttsss.

Resep diadaptasikan dari: Cook Eat Share, by Linda Tay Esposito, Dumpling Dough Use Real Butter, Chinese Dumplings and Potsticker Blog Agnes Tri Harjaningrum, Siomay Bandung. Siomay ayam lebih digemari karena inovasinya, seperti siomay ayam udang, siomay kukus dan goreng, serta siomay berbumbu kacang lebih nikmat. Resep cara membuat siomay berikut ini bisa dijadikan panduan untuk membuat aneka hidangan siomay tersebut. Siomay merupakan salah satu jenis masakan dimsum asal Tiongkok. Namun panganan satu ini udah sangat akrab di lidah orang Indonesia.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan siomay tuna-ayam bydeesawitri yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *