Mancing Belut Di Sawah Yang Jitu

Mancing Belut di sawah memang gampang gampang susah, susah kalau anda tidak mengetahui caranya. Belut bisa dikatakan juga sebagai ikan dan disukai oleh kebanyakan masyarakat indonesia.

cara mancing belut di sawah

Namun karena keberadaan belut ini yang sudah jarang ditemukan maka tidak heran kalau jenis ikan ini mahal harganya perkilo, sehingga ada juga yang membudidayakan belut dirumah sendiri. Nah kali ini kita akan memberitahu kalian semua dalam memancing belut agar mudah mendapatkaannya.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan sekali dalam Mmancing Belut adalah penggunaan kailnya. Ini karena binatang yang satu ini memiliki tarikan yang sangat kuat hingga bisa membuat kail menjadi lurus, sudah pasti kail yang tidak bagus akan merepotkan. Terlebih jika kita menemukan belut yang ukurannya besar atau biasa disebut belut monster yang banyak di temukan di Kalimantan, tentu kita harus menyiapkan kail deengan matang.

Untuk awal ketika kita berangkat memancing apapun tentunya jangan lupakan berdoa dulu ya hehe… Nah pada artikel kali ini akan di buka tentang cara yang baik dalam memancing belut dari pengalaman yang sudah sudah. Tertama di awal harus bias cara membuat kail pancing untuk beliut yang bagus, umpan yang digunakan, tanda tanda lubang rumah belut hingga cara memancingnya

Berikut Ini Tips Cara Mancing Belut Di Sawah

Sebelumnya mari kita bahas dulu tentang peralatan untuk memancing belut, terutama sangat penting bagi kalian yang belum mempunyai alat pancing belut sehingga ini menjadi referensi anda.

Berikut Ini Alat yang digunakan untuk memancing Belut:

cara mancing belut di sawah

Kail Untuk Mancing Belut

Tentu saja kail yang digunakan untuk memancing belut jelas berbeda dengan yang digunakan untuk mancing ikan. Belut hidupnya di lumpur sehingga tentu saja ketika kita menariknya akan berat. Untuk itu dibutuhkan kail pancing yang kuat terikat pada senarnya sehingga tidak mudah rusak, putus ataupun bengkok yang menyebabkan tangkapan belut kabur.

Untuk di toko toko mungkin saja menyediakan atau dijual kail pancing untuk belut, namun kali ini saya akan memberikan panduan untuk membuatnya sendiri dari kawat baja ukuran kecil. Kawat baja ukuran kecil ini ngak susah susah kok carinya dan kamu bisa dapatkan di bagian dalam ban sepeda, bisa saja menggunakan kabel telepon.  Nah caranya ikutin panduan di bawah ini:

Bahan Bahan Dalam Membikin Kail Pancing Belut:

  • Kawat Baja Yang Ukurannya Kecil, Bisa di Dapat Pada Bagian Dalam Sepeda atau bisa juga menggunakan Kabel telepon
  • Tali Pancing Yang Berukuran 0,45 mm
  • Gerinda
  • Alat Catut Atau Tang

Berikut Ini langkah Langkah Membuatnya:

  1. Pertama tama kita potong kawat baja kecil tadi dengan ukuran -+ 5 cm
  2. Gunting panjang karena mau di buat dobel empat baris melintang berukuran 3,2 Meter
  3. Setelah itu Kawat Baja yang kita potong tadi kita bentuk huruf “J” dan kita asah ujungnya agar tajam menggunakan gerinda
  4. Lalu selanjutnya Senar yang sudah dipotong panjang tadi kita lipat jadi empat atau 2 X 2 , Kemudian kita ikatkan di pangkal kawat dengan kuat. Terakhir senar tersebut kita linting jadi satu dengan panjang kira kira 80 cm.

Kira kira nanti bentuknya akan seperti gambar di bawah ini :

Cara Mancing Belut Di Sawah

Apabila anda malas membuatnya karena tidak mau ribet atau tidak ada waktu maka untuk kail anda bisa langsung saja memakai kail yang digunakan untuk memancing ikan nila serta mata pancing yang carbon Nomor sepuluh yang warna hitam akan tetapi di dobel dua agar kuat.

Untuk senarnya jika ingin cepat bisa menggunakan tali yang digunakan untuk layangan dan anda tinggal melintingny untuk dibuat seperti panduan diatas. Jika tidak mau ribet lagi silahkan pakai saja senar pancing dengan ukuran 30 dan di dobel agar kuat.

Nah itulah sekilas panduan tentang Cara Mancing Belut disawah untuk menangkap Belut Sawah berikut dengan alat alatnya dan cara membuat nya. Semoga Bermanfaat Terima kasih

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *