Cara Mancing Belut Sawah, tau Trik Bikin Seru

Cara Mancing Belut Sawah, tau Trik Bikin Seru
Cara Mancing Belut Sawah, tau Trik Bikin Seru

Hewan belut yang di hidup disawah, mudah sekali di pancing, jika kita tahu cara dan triknya. Selain enak di konsumsi, dan mempunyai nilai ekonomis tinggi, karena harganya yang mahal. Hewan ini dipercaya bisa menjadi obat, macam-macam penyakit. Mencari hewan ini, menjadi hoby yang mengasyikan. Bukan hanya pemancing pemula, akan tetapi yang seniorpun, siap berkompetisi, ketika musim memacing belut tiba.

Cara Mancing Belut Sawah, tau Trik Bikin SeruBelut

Mengenal belut sawah, sebelum mengurek

Si doi sebenarnya termasuk ikan ya sob, bukan ular. Lebih suka makan umpan di malam hari, tapi di pagi hari dan sore hari, selera makannya juga tinggi. Dengan cara membuat lubang di lumpur, yang tergenang air, dia membuat rumah. Sedang makanan utamanya, adalah hewan kecil yang hidup di sawah. Sekarang sudah kenal kan? Sehingga cara mendapatkan target, dan trik-triknya. bisa di mulai.

Umpan untuk memancing belut.

Mengurek atau memancing belut, tentunya harus memakai umpan. Kebanyaknan memakai cacing tanah, atau anak katak sawah, karena ini gampang di temukan, dan juga kegemaran makan target kita.

Cara mendapatkan umpan cacing tanah:

  1. Kita bisa membelinya di toko peralatan pancing.
  2. Mencari sediri, dengan mencangkul tanah,  yang terdapat gundukan kotoran cacing. Atau yang di perkirakan ada cacingnya.
  3. Siram tanah dengan air larutan garam, maka dia akan keluar dengan sendinya.
Cacing tanah

Alat ngurek berbeda dengan alat mengail ikan.

Ngurek membutuhkan peralatan, yang berbeda dengan mengail ikan, cara ngurek tidak perlu peralatan, seperti joran, akan tetapi dia hanya perlu, mata kail dan senar yang di pilin. Mata kail untuk ngurek atau mancing belut, bisa bikin sendiri dari kawat, atau membelinya. Dan kalau pingin gampangnya pakai kail untuk menci ikan, sesuai kan ukauran mata kail. Lalu ikat dengan senar yang di pilin.

Alat Ngurek dari kail pancing
Alat ngurek bikin sendiri

Oke, masuk cara jitu mengurek belut

Pematang sawah yang belumpur, atau tebing-tebing sungai dan parit. Adalah lokasi yang tepat untuk mencari belut. Si doi bersembunyi di dalam lubang, yang akan bisa di bedakan, dengan lubang kepiting ya sob, lobang belut biasnya terendam air, tapi terkadang tidak terendam. Dan ini bukan ciri utamanya. Ciri utamanya pada mulut lubang belut, licin. Sedang pada lubang kepiting kasar.

  1. Pasang upan pada kail, dengan cara menusuknya.
  2. Masukan pelan-pelan, ke lubang dengan cara di pelitir.
  3. Air yang bergerak-gerak turun naik, bertanda target mau makan umpan.
  4. Biarakan umpan di tarik masuk, ke dalam dulu ya sob, kemudian hentakan senar.
  5. Setelah betul-betul, belut nyangkut di pancing kita. Jangan di tarik ya sob, tapi di tahan. Terus di tahan sehingga, belut keluar sendiri, karena sakit.
Cara Mancing Belut Sawah, tau Trik Bikin SeruMancing/ngurek belut

Waktu terbaik memancing belut, adalah pagi hari, dimana malamnya habis hujan. Tau sore kemarin hujan, maka pagi hari kita bisa menemukan lobang baru. Lobang baru di bikin belut. Dan biasnya di lobang tersebut, si doi sangat kelaparan. Oh iya sob, hati-hati dalam melangkah. Getaran langkah kaki, bisa bikin si doi takut. Sekian artikel ini dengan judul,Cara Mancing Belut Sawah, tau Trik Bikin Seru. Semoga ber manfaat.

Nb

Baca Hal yang harus di ketahui pemancing

Mohon di koreksi jikalau ada kesalahan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *