Cara Mancing Ikan Belanak

Cara Mancing Ikan Belanak
Cara Mancing Ikan Belanak

Tidak mudah kita dalam memancing ikan belanak, karena selain ikan belanak suka memilah milah makanannya juga da beberapa hal yang perlu anda benahi atau perhatikan mulai dari Joran, Senar, Reel. Kail, Rangkaian Pancing, Timah, Tehnik Mancingnya hinggaPemilahan Spot Mancingnya.

JORAN

Untuk Joran anda bebas memilahnya namun usahakan untuk memilik yang spesifikasinya Medium – Low saja dengan bagian Pucuk yang lentur. Untuk panjang sesuai selera anda saja yang terpenting anda nyaman dalam menggunakannya.

SENAR

Untuk Senar cari yang berdiameter 0,18 – 0,22 , ingat jangan melebihi dari diameter tersebut. Maksud pemilihan diameter diatas adalah agar kita lebih memiliki kepekaan ketika ikan bel;anak memakan umpan kita.

REEL

Kalau masalah Reel bebas saja seh anda menentukan sesuai selera, bisa yg ukuran 2000, 3000, ataupun yang 4000, sesuaikan saja keadaan Spot yang anda tuju. Namun saran kami sesuaikan juga dengan Joran yang anda gunakan.

KAIL

Biasanya seh kail yang digunakan dalam memancing belanak adalah ukuran antara 4,5,6, dan 7. Sesuaikan saja dengan spot yang anda tuju sesuai dengan besarnya ikan. Untuk jenisnya setiap brand memiliki nama berbeda beda.

RANGKAIAN PANCING

Usahakan membuat rangkaian pancing berurutan satu persatu atau yang biasa di sebut Ombyok, mulai dari 5, 7, hingga 12.

TIMAH

Karena kita memancing belanak yang biasanya ada di muara sungai maka tidak perlu menggunakan Pelampung, cukup Timah saja dengan berat antara 20 – 25 Gram.

TEHNIK MANCING

Belanak kecenderungannya adalah berkumpul di satu titip hingga lama, jadi lemparlah umpan di satu titik saja secara konsisten, namun jika cukup cama sekali barulah anda berpindah.

SPOT

Untuk spot yang airnya bening biasanya ikan belanak akan tinggi intensitasnya mencari makan nah inilah kesempatan kita mendapatkannya lebih banyak. Beda dengan air yang keruh anda harus menyesuaikan umpannya agar memiliki bau yang tajam sehingga mudah ditemukan ikan belanak.

UMPAN

Untuk Umpan belanak anda bisa menggunakan umpan oplosan maupun umpan racikan. Anda bisa bertanya di mbah google untuk cara membuatnya aatau nanti kita bahas pada artikel yang berbeda.

Cara Mancing Ikan Belanak

Nah terima kasih telah membaca artikel yang singkat tentang Cara Mancing Ikan Belanak dengan pembahasan yang sekilas saja. Terima kasih

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *