Cara mancing wader beles, di sungai

Ikan beles termasuk jenis ikan wader atau bader , hidup di sungai besar atau sungai kecil, untuk bisa memancing ikan wader beles ini,  harus tahu caranya, sebab  dia sangat  peka terhadap perubahan kondisi air sungai. Seperti berubahnya suhu air, naik atau turunnya permukaan air, dan tingkat kejernihan air sungai yang juga sebagai habitat ikan. Berubah-ubahnya kondisi air sungai, menjadikan  ikan wader ini  ngak mau makan, sehingga sulit di pancing.

Cara mancing wader beles, di sungai

Ikan wader beles

Trik

Dengan kemampuan dia berenang, sehingga  sungai yang berarus kecil sedang sampai agak sedikit kuat. Sehingga kita bisa memancing wader beles, di hampi semua daerah sungai. Air yang sedikit keruh dan bening, sangat cocok untuk memancing target kita kali ini.

Memancing di sungai berarus kuat

Bagian hulu sungai, atau di bawah bendungan air, kita bisa menjuampai ikan wader beles, trik atau cara memancing di tempat ini, mengunakan piranti joran tegek panjang,dengan ukauran senar di bawah 0,15 berpelampung dan pemberat.

Cara mancing wader beles, di sungai

Pancing tegek

Ikan yang bisa hidup di arus air kuat,  memakan zat organic yang terbawa arus sungai, dengan cara menyambar.  sehingga umpan yang cocok adalah, lumut atau hewan-hewan kecil.

Dengan melempar kail, dan membiarkan umpan tenggelam terbawa arus air, cara inilah yang paling tepat memancing di kondisi air yang seperti ini, umpan yang terbawa arus akan segera di sambar ikan yang besembunyi di antara bebatuan sungai.

Memancing di sungai berarus pelan

Ikan wader beles yang mendiami bagian sungai dengan arus air yang pelan, mereka terbiasa mencari makan dengan cara mengaduk aduk dasar sungai, untuk menemukan zat organic yang berada di dasar sungai. Sehingga ikan target kita kali ini, tidak menunggu makannya yang terbawa arus air. Sehingga umpan untuk memancing di tempat ini adalah dengan cara ombyok, atau memakai mata kail banyak, untuk satu joran pancing.

Cara mancing wader beles, di sungai

Mata kail bathokan ombyok

Cara mancing wader beles, di sungai

Mancing ombyok

Dengan memakai joran pancing biasa, di lengkapi spinning senar, sehingga bisa melempar umpan jauh ke spot ikan,  senar yang di pakai ukuran 0.20 di lengkapi pemberat, dan dengan mata kail ombyok, atau banyak jumlah mata kailnya. Cara dan trik ini biasa di pakai di sungai besar dengan kedalaman lebih dari 2meter.

Sedang umpan yang yang cocok adalah memakai umpan racikan. Anda bisa memakai resep umpan ini.

  1. Terigu 250 gr
  2. Kuning telor 1butir.
  3. Terasi udang halus
  4. Penyedap rasa.

Cara membuatnya, campurkan semua bahan ke dalam wadah, Kasih air bersih secukupnya, kemudian di kukus. Dan umpan siap di gunakan setelah dingin.

Cara mancing wader beles, di sungai

Umpan Mancing Ombyok

Kesimpulan

Memancing ikan kususnya ikan wader beles, akan sangat mudah. Ketika kita tahu dan mengenal sifat dari target kita. Dengan mengetahuinya kita dapat menentukan umpan yang cocok.cara dan terik mancing juga di sesuaikan dengan jenis umpan. semoga atikel dengan judul,Cara mancing wader beles, di sungai. ada manfaatnya.

Nb

baca pemancing pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *