Cara Memancing Ikan Lele Di Kolam

Cara Memancing Ikan Lele Di Kolam –  Lele yang banyak hidup di alam liar merupakan salah satu jenis ikan air tawar.ikan lele tidak bisa hidup di air asin dan payau.maka dari itu,jika ingin melakukan budidaya ternak lele,perhatikan kualitas air yang di gunakan,kususnya kandungan zat asam dan Ph air.

Cara Memancing Ikan Lele Di Kolam

Andromax.NET

Air yang kurang cocok menjadikan ikan lele tidak mampu tumbuh dengan sempurna sesuai yang di harapkan,apalagi budidaya yang kita lakukan bertujuan untuk bisnis,Maka penting untuk selalu memperhatikan kualitas air kolam tersebut..

Di alam liar,ikan lele banyak di jumpai di sungai,rawa,danau sawah dan pada umumnya memiliki perairan tenang.ikan lele jarang menempati perairan deras..Jika ingin mancing di alam liar,pastikan pemilihan lokasi dan tempat dengan memiliki lokasi air tenang dan sedikit rimbun.

Ikan lele akan aktif bergerak pada malam hari,untuk siang hari,akan lebih di gunakan ikan lele tidur atau beristirahat dalam sarang.dengan melihat karakter hidup ikan lele,maka mancing ikan lele paling tepat bisa kita lakukan pada malam hari,baik mancing di kolam,sungai,rawa dan danau.

Cara Memancing Ikan Lele Di Kolam

Memancing ikan lele di kolam pemancingan / empang saat ini merupakan aktivitas yang cukup digemari oleh banyak para pemancing mania dikarenakan umpannya yang cukup mudah didapat dan keagresifan  ikan lele dalam memakan umpan pancing menjadi saat-saat yang sangat dinikmati dan ditunggu-tunggu oleh para mancing mania.

Ikan lele ini sebenarnya merupakan ikan Nokturnal yang pada habitat alamiahnya melakukan aktifitas pencarian makannya lebih agresif pada malam hari dan pada siang hari lebih kepada berdiam diri dan berlindung ditempat yang teduh dan gelap.

Akan tetapi pada kolam pemancingan / empang ikan lele yang paling biasa dipakai untuk dipancing adalah hasil dari budidaya kolam / empang alias bukan dari alam, dikarenakan sudah sejak dari kecil diberi makan baik dipagi hari, siang hari sore hari ataupun malam hari, ikan lele ini sudah tidak lagi menjadi  berprilaku nokturnal murni akan tetapi mencari makan disetiap saat dia merasa lapar .

Inilah Beberapa Tips Memancing ikan lele pada kolam pemancingan harian / empang

1. Umpan

Untuk memancing ikan lele umpan yang digunakan :

  • Cacing Tanah
  • Ulat
  • Serangga
  • Potongan daging ikan dan belut (bisa dikukus, dibakar ataupun digoreng)
  • Potongan daging unggas dan sapi (bisa dikukus digoreng ataupun dibakar)
  • Telur Semut / Kroto
  • Pelet lele yang sudah jadi dan dijual ditoko umpan dicampur dengan daging giling ataupun dicampur daging ayam yang sudah dikukus

2. Mata Pancing dan Benang pancing.

Gunakan kail / mata pancing ukuran 8 – 10 sesuai selera anda dan kaitkan 2 atau 3 mata kail, benang pancing yang kuat untuk menarik ikan berukuran 3 Kg dan usahakan berwarna tidak terang. gunakan pelampung yang agak tinggi agar lebih mudah melihat pancing anda sudah dimakan atau belum oleh ikan

3. Tempat / Lapak

Carilah Tempat / Lapak yang kira-kira menurut anda galian tanah kolam pemancingannya cukup dalam walaupun pada saat baru diatruh dikolam ikan lele akan langsung memutari kolam pemancingan tetapi besar kemungkinan ikan akan lebih dahulu menghampiri kolam yang lebih dalam galian tanahnya. Jika ada lapak pinggir dikolam tersebut yang bersisian dengan keramba ikan biasanya ikan lele akan menghampiri kesisi tersebut. Jika anda memancing disiang hari cari posisi tempat yang teduh dan apabi;la kelihatan ada lobang pada pinggir kolam pemancingannya biasanya ikan lele bersembunyi disekitar tempat tersebut.

4. Selera Makan Yang berubah-ubah

Pada saat memancing bawalah lebih dari 2 macam umpan yang tertera pada No. 1 dikarenakan selera ikan lele yang cepat berubah dalam makan.

5. Benang Pancing yang sering ditabrak

Ikan lele yang berubah-ubah selera makannya pada saat sudah berada didekat umpan anda biasanya dia hanya melewati umpan tersebut dan terkadang menyentuh benang pancing anda sehingga pelampung anda bergoyang. Pada saat seperti ini sebaiknya anda segera menyentak pancing anda dengan harapan mata pancing anda tersangkut pada tubuh si ikan tersebut ( sah-sah aja…..yang penting pulang bawa hasil…hehehe….)

Itu saja Tips memancing ikan lele di kolam pemancingan harian selamat mencoba.

Andromax.NET

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *