Cara Membuat Umpan Ikan Wader di Kali

Cara Membuat Umpan Ikan Wader di Kali

Jenis ikan wader ini kerap menjadi incaran banyak orang yang hobi memancing, yang biasanya mudah ditemukan di sungai kecil dan sungai besar di Indonesia.

Ia bahkan dapat ditemukan dengan mudah di aliran sungai yang lambat atau di danau. Untuk bisa memancingnya dibutuhkan umpan ikan wader yang cukup unik bahkan berbeda dengan jenis ikan pada umumnya.

Beberapa Umpan Ikan Wader Di Kali

Meski umpannya unik, kebanyakan orang akan rela mencarinya agar bisa lebih mudah menemukan ikan wader. Buat kamu yang penasaran dengan apa itu umpannya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

cara membuat umpan ikan wader di kali

Mie instan

Mungkin kalian yang pernah mendengar mie instan bisa dijadikan umpan untuk ikan wader memang sedikit aneh. Tapi memang benar bahwa mie instan sangat bagus untuk digunakan sebagai umpan dan bahkan ikan penyeberang pun menyukainya.

Cara membuat umpan dengan mie instan sangat mudah, cukup dengan menggilingnya hingga halus bersama dengan 1 siung bawang putih. Kemudian bisa diaduk hingga adonan merata dan juga menjadi kenyal untuk dijadikan umpan. Baca 5 Umpan Ikan Mas Paling Efektif

 

Biskuit Klik

Biskuit klik ini merupakan biskuit snack kecil yang bisa dengan mudah Anda temukan di warung makan terdekat dengan harga terjangkau 500 rupiah per bungkusnya. Cara menjadikan biskuit ini sebagai umpan adalah dengan menggilingnya hingga halus.

Disini anda bisa menambahkan bahan pelengkap seperti essen atau terasi agar aromanya bisa menggoda ikan wader.

Pelet

Jika anda berencana memancing ikan wader di perairan tenang seperti di danau atau waduk, maka penggunaan pellet sangat disarankan. Cara membuatnya menjadi umpan untuk ikan wader juga sangat mudah dimana anda hanya perlu menghancurkannya sampai lunak kemudian di tambahkan dengan air.

Aduk adonan hingga kenyal dan tidak mudah hancur saat dimasukkan ke dalam air. Anda bisa membentuk adonan menjadi lingkaran-lingkaran kecil sesuai dengan kail yang akan Anda gunakan.

Pelet Ikan Umpan Ikan Wader

Tahu

Jika Anda malas rewel dan hanya bisa menemukan tahu di dapur Anda, maka Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai umpan.

Caranya sangat mudah yaitu dengan menjemur tahu terlebih dahulu agar tidak mudah hancur saat dimasukkan ke dalam air. Setelah kering, Anda bisa memotongnya menjadi potongan-potongan kecil sesuai dengan waktu yang akan Anda gunakan. Baca Resep Umpan Ikan Mas Wayang Pellet.

Ulat belimbing

Ulat belimbing sering dijadikan umpan untuk memancing ikan wader, selain mudah ditemukan, ulat belimbing memiliki bau yang khas dan ukuran yang pas di mulut ikan wader sehingga ikan wader sangat menyukainya. Cara penggunaannya dikaitkan dengan ulat dari kepala hingga ekornya.

Lumut Sawah

Lumut lahan basah sangat digemari oleh ikan wader, kenakan lumut lembut berwarna hijau, jangan lupa tambahkan vanilla atau garam agar aromanya keluar dan teksturnya menjadi lebih lembut.

Cacing

Cacing sangat efektif untuk memancing ikan wader baik di sungai, danau maupun di kolam. Ikan wader sangat menyukai cacing, pilih cacing kecil yang mudah ditelan oleh ikan wader, ulat padi lebih efektif.

Laron

Laron sering digunakan untuk memancing terutama untuk mancing ikan wader cara penggunaannya sangat mudah tinggal mengaitkannya dari kepala sampai ekor, jangan lupa lepas sayapnya terlebih dahulu agar mudah dimakan ikan.

Roti putih

Selain mie instan, roti tawar juga efektif untuk memancing ikan wader, cara pembuatannya sama dengan cara membuat umpan mie instan.

Kroto

Di alam bebas, ikan wader sering memakan serangga yang terapung di sungai, salah satunya telur semut atau kroto. Untuk memancing ikan wader, pilih telur kroto yang masih utuh dan segar agar cepat dimakan ikan.

Umpan Campuran

Tepung roti halus + gula merah + kuning telur + vanilla + pelet kinoy, teknik pembuatannya seduh vanili dan gula merah sampai hancur, tambahkan remah roti, telur dan air hangat, aduk terus sampai menjadi adonan, tambahkan pelet kinoy hingga adonan menjadi kenyal dan halus

Tempe

Sama seperti tahu, ikan wader sangat menyukai tempe karena baunya yang khas kedelai, sama efektifnya dengan tahu tempe, terkadang mereka mendapatkan ikan sungai lain seperti nilam atau tawes. Jika menggunakan umpan tempe, gunakan tempe yang sudah beberapa hari agar lebih efektif.

Jangkrik

Jangkrik efektif untuk memancing ikan sungai salah satunya ikan wader, karena di habitatnya ikan wader sering memakan serangga yang jatuh ke dalam air, pilihlah jangkrik berukuran kecil agar muat di mulut ikan.

Belatung

Bagi sebagian orang mungkin menjijikkan, tapi jujur ​​saja ini sangat efektif untuk memancing ikan wader, mereka yang sering memancing ikan wader pasti mengetahui efek dari umpan ini.

Anda bisa memilih salah satu yang paling mudah untuk Anda temukan dan dijadikan umpan ikan wader. Karena semua umpan di atas yang sudah disebutkan memang disukai dan cocok untuk memancing ikan wader.

Demikian artikel tentang cara membuat umpan yang kadang bisa digunakan untuk memancing ikan wader. Semoga bermanfaat untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *