Cara Menangkap Ikan Gabus Dengan Mudah

Cara Menangkap Ikan Gabus Dengan Mudah

Cara Menangkap Ikan Gabus - Cara Menangkap Ikan Gabus Dengan Mudah

Cara Menangkap Ikan Gabus memang tidak asal asalan, ada caranya yang wajib anda ketahui agar anda bisa mendapatkan ikan gabus yang banyak. Memang banyak sekali cara dalam kita menangkap ikan, bisa dilakukan dengan mengguunakan jaring atau jala maupun di pancing, asalkan anda tidak menggunakan cara yang di larang oleh pemerintah misalnya dengan bahan peledak, di setrum, pukat, dll.

Nah kali ini kita akan menjelaskan Cara Menangkap Ikan Gabus  dengan menggunakan Umpan yaitu memakai umpan katak yang diracik. Mungkin ada dari anda yang belum mengetahui ini dan merasa awam “Kok katak digunakan untuk umpan ikan” 🙂 Taoi jangan kuatir, mudah mudahan tehnik yang akan saya tunjukan kali ini benar benar Work untuk anda praktekan!

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang Tehnik Cara Menangkap Ikan Gabus ini, alangkah lebih baiknya kita menjelaskan tentang Ikan Gabus.

Mengenal Ikan Gabus

Cara Menangkap Ikan Gabus - Cara Menangkap Ikan Gabus Dengan Mudah

Ikan Gabus merupakan jenis ikan pemangsa atau yang lebih dikenal dengan kata Predator dan dia berkembang biak atau hidup dilingkungan air tawar. Ikan gabus banyak sekali sebutannya dan berbeda dari beberapa daerah misalnya orang Minahasa biasa menyebutnya dengan KABOS  , Orang Jawa dengan sebutak KUTUK. Sedangkan orang Banyumas atau biasa dikenal dengan bahasa Ngapaknya menyebut Ikan Gabus ada tida bahasa yaitu BAYONG, BOGO, atau LICINGAN. Warga Riau biasa menyebutnya dengan BOCEK. Orang Melayu dan Banjar dengan sebutan HARUAN. Orang Betawi biasa menyebut dengan KOCOLAN Serta orang Sunda dengan panggilan BOGO, Dan masih banyak lagi sebutan sebutan untuk tiap daerah.

Ikan Gabus ini bisa disebut pula Ikan Darat karena bisa bertahan lama tanpa air dan ukurannya bisa berkembang sampai dengan panjang 1 M. Kalau sekilas memang kepalanya mirip ular sehingga di sebut juga snakehead yaitu besar dan gepeng dan ada sisik sisik lebar di bagian kepala.Kalau kita lihat Sirip di atas punggungnya memanjang dan pada bagian ekornya sirip bentuknya membulat bagian ujungnya.

Warna dari ikan gabus yang bermulut besar dan bergigi tajam tajam ini memang kebanyakan berwarna gelap dari bagian atas hingga ke ekornya terlihat ada coklatnya dan kehijauan namun pada bagian perutnya atau dibagian bawahnya berwarna putih. Pada sisi samping dari ikan gabus agak ada garis garis tebal bercorek. Terkadang warna dari ikan gabus ini menyesuaikan warna dari lingkungan sekitarnya, jika airnya hitam maka warnanya juga ikut agak gelap.

Ikan Gabus ini jika kita amati memang banyak terdapat di sungai, salurran saluran air, rawa rawa ataupun di persawahan, mereka memang hidup di air tawar. Mereka bertahan hidup dengan memakan mahluk hidup kecil kecil disekitarnya misalnya serangga, ikan yang lebih kecil darinya serta berudu atau katak.

Karena hidupnya ditempat seperti itu yang disebutkan diatas maka kadang jika banjir atau air tempat tinggal mereka kapasitasnya naik, ikan gabus akan terhanyut dan masuk ke saluran air di rumah rumah kita hingga masuk ke kolam ikan kita. Nah kalau masuk ke kolam ikan kita maka tentu saja menjadi predator dan memakan ikan ikan kecil yang kita pelihara.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa ikan gabus bisa bertahan lama di darat tanpa air, jadi ketika habita mereka kering maka dia bisa bertahan dan berusaha pindah ketempat yang ada airnya. Terkadang mereka menguburkan diri sampai ada air lagi. Sering juga kita menjumpai ikan gabus ini berpindah dengan berjalan dimalam hari untuk mencari tempat yang ada airnya. Kenapa Ikan Gabus bisa bertahan di darat tanpa air? Ini karena ikan gabus mempunyai kemampuan dalam bernafas menggunakan udara bebas yaitu memakai organnya yang dinamakan Labirin.

READ  Mancing Toman Umpan Daging Ayam

Nah itu sekilas tentang ikan gabus untuk mengetahui Manfaat Ikan Gabus bisa kita bahas dilain kesempatan. Sekarang kita langsung saja membahas tentang Cara Menangkap Ikan Gabus .

Tehnik Meracik Umpan Ikan Gabus

Cara Menangkap Ikan Gabus - Cara Menangkap Ikan Gabus Dengan Mudah

Untuk tehniknya sebenarnya sangatlah sederhana dan tidak ribet sama sekali, yaitu dengan cuman memakai senar pancing kail serta umpannya saja. Tehniknya tidak menggunakan Joran kecil seperti penjelasan pada artikel artikel lainnya karena tujuan kali ini adalah menangkap ikan gabus yang terkenal rakus haha…

Penjelasan tehnik ini sebenarnya agar supaya menggampangkan saja bagi anda yang memiliki Hobi Mancing yang tanpa anda sadari menyepelekan, nah hal yang sepele ini justru sangat menguntungkan bagi para pemancing ikan khususnya bagi mereka yang akan memancing ikan gabus. Sekali lagi tehniknya sangat simple dan bisa di praktekan siapapun dan kapanpun dimasa saja.

Umpan yang akan kita gunakan dalam tehnik ini adalah seekor Katak, ya katak! Yang kata banyak orang adalah hewan menjijikan.. apalagi para cewek pasti takut kalau di dekatkan dengan katak :-). Jadi dengan Katak maka tujuan utama kita dalam menangkap ikan gabus bisa sangat gampang mendapatkannya, ditambah lagi memakai tehnik ini.

Cara Menangkap Ikan Gabus dengan membuat agar Umpannya bergerak terus menerus adalah inti dari tehniknya. FIX! Jadi catatnya sekali lagi! Buatlah agar umpannya terlihat bergerak terus menerus sehingga memancing ikan gabus memakannya, apalagi Katak adalah makanan Favorit bagi si Ikan Gabus. Tapi ingat gunakan katak yang masih hidup bukan yang sudah mati, sama aja boong hahaha…

Biar jelas dan afdol, maka tidak ada salahnya kalau saya akan menuliskan juga alat alatnya dalam Tehnik Cara Menangkap Ikan Gabus ini , yaitu :

Alatnya : Tentu saja menggunakan Senar dan Kail

Umpannya : Katak Swah

Cara Menangkap Ikan Gabus - Cara Menangkap Ikan Gabus Dengan Mudah

Untuk cara detailmya untuk menggunakan tehnik ini adalah seperti yang dijelaskan di bwah ini :

  1. Hal yang pertama kita lakukan adalah menyiapkan semua apa yang dibutuhkan seperti yang disebutkan diatas, mulai dari alat dan umpannya.
  2. Ambil senar pancing dan kita pilih senar pancing dengan ukuran besar agar tidak mudah putus.
  3. Kita potong senar pancing dengan ukuran kira kira 2 – 3 meteran. Tujuan kita membuat ada beberapa potongan karena akan diracik tidak hanya ssatu saja.
  4. Lalu ambil Kailnya dan kita ikatkan pada senar tersebut, ingat kail yang kita pilih juga harus kail yang ukurannya besar.
  5. Nah sudah itu saja, gampang kan tinggal kita atur saja senarnya pada alat pancingnya (Gagang pancing) dan kita pasang umpannya
  6. Untuk memasang umpannya dengan menggunakan Katak Sawah cukup kaitkan saja kail pada punggung katak agar katak tidak mati dan terus bergerak didalam air dan memancing kedatangan ikan gabus. Ingat ya pada punggung atau bagian atasnya.
  7. Pasangkan di beberapa kail yang anda buat dan sebar di sekitar habitat yang banyak ikan gabusnya
  8. HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN JUGA adalah usahakanlah agar paskan ukuran senarnya di air agar katak menggantung disatu titik bergerak gerak dan tidak kemana mana. Kalau Senarnya kepanjangan tentu saja kataknya akan pergi jauh entah kemana dan bersembunyi di dedaunan akhirnya tidak terlihat oleh ikan gabus.
  9. Kemudian yang terakhir jika posisinya yakin sudah pas anda tinggal mengikatkan pada ranting ranting disekitar atau apapun agar ketika kena ikan gabusnya tidak ditarik ikan gabus sampai ke tengah tengah, jadi bisa menahan agar tidak lepas.Nah cukup mudahkan Cara Menangkap Ikan Gabus dengan menggunakan Umpan Katak yang bergerak. Anda bisa praktekan di rumah dijamin maknyus… asal tempatnya ada ikan gabusnya, percuma saja kan kolam yang anda pancing tidak ada ikannya 🙂 Semoga bermanfaat!
Facebook Comments

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *