Cara Menangkap Salmon

Cara Menangkap Salmon – Salmon adalah ikan populer yang dikenal di seluruh dunia karena rasanya yang serba guna dan nilai gizinya. Faktanya, ini adalah makanan laut ketiga yang paling banyak dikonsumsi di Amerika Serikat, setelah udang dan tuna kalengan. Jenis ikan ini cukup mahal untuk dibeli atau dipesan dari restoran, jadi mengapa tidak mencoba menangkapnya sendiri? Namun untuk bisa menangkap ikan liar populer segar dari sungai, Anda membutuhkan banyak kesabaran dan peralatan memancing yang tepat. Anda juga harus terbiasa dengan teknik memancing ikan salmon terbaik, serta perilaku ikan salmon di bawah air.

 

Tips mancing ikan salmon

Meskipun kami bukan ahli dalam memberikan saran memancing yang sangat spesifik dan profesional, kami telah mengumpulkan sejumlah tip yang akan berfungsi sebagai titik awal yang baik bagi pemancing pemula dan berpengalaman yang tertarik dengan memancing ikan salmon.

 

Pelajari lebih lanjut tentang salmon

Pelajari lebih lanjut tentang salmon
Pelajari lebih lanjut tentang salmon

Sebelum menuju ke air, yang terbaik adalah mencari tahu sebanyak mungkin informasi yang diperlukan tentang hasil tangkapan Anda, seperti: B. fakta bahwa mereka dapat hidup di air tawar dan air asin. Salmon adalah anadromous, artinya mereka lahir di sungai dan sungai air tawar dan kemudian bermigrasi ke laut, tempat mereka menghabiskan sebagian besar hidup mereka selama masa dewasa. Akhirnya mereka kembali ke sungai dan aliran air tawar tempat mereka dilahirkan untuk bereproduksi. Artinya, Anda hanya dapat menangkap mereka di area tertentu tempat mereka “berlari”.

Meskipun mereka secara tradisional dikenal memiliki daging merah muda cerah dan kulit perak mengkilap, warna interiornya bervariasi tergantung pada makanannya, sementara kulitnya berubah menjadi merah cerah saat tiba waktunya untuk bertelur. Ada juga enam jenis utama salmon:

Jenis Salmon

  • Salmon Pink – Kadang-kadang disebut salmon “bungkuk” atau pink karena punuk punggungnya yang khas saat bertelur, spesies salmon umum ini berwarna sangat terang, beraroma, dan rendah lemak. Ini terutama dijual sebagai produk kalengan.
  • Salmon Sockeye – Salmon sockeye dijuluki “salmon sockeye” karena daging dan kulitnya yang berwarna merah tua yang berubah menjadi merah tua saat bertelur. Ini juga dikenal dengan rasa yang dalam dan kaya dan dapat dijual segar, beku, atau kalengan.
  • Salmon Atlantik – Spesies salmon ini biasa dikonsumsi di Amerika Serikat dan dibudidayakan di Kanada, Chili, dan Norwegia. Namun, penangkapan ikan komersial untuk salmon Atlantik liar telah dilarang di sepanjang Pantai Timur karena jumlah populasi yang sangat rendah.
  • Chum Salmon – Disebut juga salmon anjing karena giginya yang mirip taring dan “keta” (dari nama ilmiahnya). Chums terutama dipanen di Alaska dan biasanya dikalengkan atau dijual ke pasar luar negeri. Mereka cenderung berukuran kecil dan memiliki daging berwarna sedang dengan kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan spesies salmon lainnya.
  • King Salmon – Juga dikenal sebagai King Salmon dan dianggap sebagai salmon dengan rasa terbaik; Ini memiliki kandungan lemak yang tinggi dan daging yang kaya yang warnanya berkisar dari putih hingga merah tua.
  • Salmon Coho – Salmon Coho sering disebut sebagai “perak” karena kulitnya yang berwarna perak cerah. Coho memiliki daging berwarna merah cerah dan tekstur yang lebih empuk dibandingkan chinook, meski memiliki rasa yang serupa.

Anda akan tahu bahwa salmon mentah segar jika memiliki rasa laut yang lembut, berlawanan dengan bau “amis” yang biasanya ada saat membusuk. Salmon segar juga memiliki daging keras yang muncul kembali saat diperas.

 

Pilih lokasi Anda

Pilih lokasi Anda
Pilih lokasi Anda

Sekarang setelah Anda tahu lebih banyak tentang jenis salmon yang bisa Anda tangkap (yah, kebanyakan dari mereka), putuskan tempat untuk memancing. Karena mereka mengikuti rute migrasi tertentu, Anda perlu melakukan penelitian tentang jalur, area berkembang biak, bendungan, dan lokasi pemijahan lainnya. Juga, pertimbangkan untuk memeriksa area pemancingan dan bertanya kepada para veteran pemancing setempat tempat memancing spesies salmon favorit Anda. Kuncinya adalah memilih sungai, sistem air, atau danau yang tepat untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan tangkapan yang bagus, selain tidak membuang waktu dan tenaga Anda.

Anda juga dapat melacak statistik salmon yang terdaftar secara online oleh agen sumber daya alam atau ikan dan satwa liar setempat untuk tujuan konservasi dan pengelolaan dan menggunakannya sebagai panduan untuk menemukan tempat memancing ideal Anda. Setelah memilih lokasi Anda, pastikan Anda membaca aturan dan peraturan mereka karena beberapa mungkin merupakan area tangkap dan lepas di mana Anda tidak dapat membawa pulang hasil tangkapan Anda.

 

Temukan teknik memancing ikan salmon

Temukan teknik memancing ikan salmon
Temukan teknik memancing ikan salmon

Bahkan jika Anda mengetahui dasar-dasar memancing, ada banyak hal yang harus dipelajari selain melempar pancing. Penting untuk mengetahui metode penangkapan ikan salmon yang paling efektif, yang akan bergantung pada jenis salmon yang Anda cari, berapa banyak yang ingin Anda tangkap, dan berapa banyak orang yang Anda tangkap. Paling mudah memancing dari darat karena Anda tidak membutuhkan banyak peralatan. Contohnya adalah memancing di dermaga, yang bisa sangat efektif untuk menangkap salmon musim gugur yang besar jika ditangkap antara musim panas dan musim gugur, tepat saat mereka bermigrasi ke perairan yang lebih dangkal dengan suhu yang lebih dingin. Namun, cara paling umum bagi pemancing untuk menangkap salmon adalah dari perahu, karena ini memungkinkan mereka untuk lebih dekat dengan ikan buruan.

Di mana pun Anda memilih untuk memancing, Anda memiliki opsi untuk memilih di antara beberapa teknik yang dapat dikategorikan sebagai drift fishing dan trolling.

 

memancing melayang

Teknik ini sering digunakan saat arus air kuat dan konsentrasi ikan salmon lebih tinggi. Ini semua tentang melemparkan pancing Anda dari tempat yang stabil di hulu dan membiarkan umpan Anda melayang di atas area yang Anda curigai salmon. Saat garis Anda melayang, tarik perlahan dan bersiap untuk mengulangi prosesnya. Alasan efisiensinya adalah presentasi alami dari umpan yang bergerak di area target. Ada juga beberapa jenis drift fishing yang lebih spesifik, seperti mooching, jigging, dan fly fishing.

 

troll

Trolling adalah saat Anda memancing dari perahu yang bergerak. Jenis trolling termasuk mooching motor, trolling penyelam, dan trolling downrigger, yang menggunakan aksesori khusus untuk menampilkan umpan Anda pada kedalaman yang lebih spesifik. Mereka juga akan menggerakkan perahu Anda ke atas dan ke bawah sungai dari waktu ke waktu sehingga Anda lebih mungkin untuk menangkap mereka saat mereka bergerak mengikuti arus. Ini sangat ideal untuk memancing di daerah di mana salmon lebih umum seperti B. di danau. Anda bahkan dapat menggunakan papan planing kayu, plastik, atau busa untuk menggunakan beberapa garis dan menutupi area yang lebih luas saat trolling.

Namun, kunci untuk menggunakan papan planing adalah memastikannya sesuai dengan sisi perahu tempat pancing Anda berada dan menciptakan sudut yang berbeda sehingga garis Anda tidak terjerat di air. Teknik khusus lainnya termasuk plunking, yang menggunakan pengaturan yang mirip dengan drift fishing dan dapat dilakukan dari pantai atau perahu berlabuh, dan float fishing (disebut juga float fishing).

 

Dapatkan stempel atau izin Anda

Sama seperti ketika Anda memutuskan untuk memancing spearfishing atau memancing lobster, Anda memerlukan stempel atau izin khusus (bersama dengan lisensi memancing Anda) sebelum Anda dapat menangkap dan menahan salmon di Amerika Serikat. Yaitu, jika Anda tidak ingin didenda besar atau perlengkapan Anda diambil. Jangan khawatir; Biaya tersebut akan membantu mendanai program penebaran dan konservasi salmon serta berkontribusi pada kesehatan ekosistem laut secara keseluruhan.

 

Pilih joran, reel, dan line Anda

Setelah Anda mendapatkan stempel atau izin, Anda dapat mulai mengumpulkan perlengkapan Anda. Jika Anda baru memulai, jangan khawatir, kami dapat membantu Anda berbelanja peralatan memancing dasar. Namun, untuk memancing ikan salmon, Anda harus sudah mencari joran berukuran 8,5 hingga 9 kaki dan beragam tali pancing yang sesuai dengan hasil tangkapan Anda (mis. untuk salmon merah muda).

 

Gunakan umpan terbaik

Gunakan umpan terbaik
Gunakan umpan terbaik

Salah satu cara terbaik untuk menangkap ikan salmon adalah dengan menggunakan umpan hidup (terutama telur atau kantung telur ikan) selama musim pemijahan. Anda dapat membelinya dari toko peralatan dan umpan. Atau membuat sendiri dengan memanennya, mencampur obat Anda sendiri, dan membuat kantung telur sendiri. Pastikan untuk tidak memecahkan telur apa pun saat memasang kantung telur agar tidak memengaruhi efisiensinya. Jika telur ikan mentah bukan barang Anda, Anda dapat pergi ke rute buatan dan membeli pemintal seperti Mepp’s Aglia, atau membeli telur salmon palsu (dijual terpisah sebagai manik-manik plastik) dan mengikatnya dalam satu kelompok di dekat kail Anda. Apa pun yang Anda pilih, pastikan warnanya cerah dan mudah diingat seperti merah, merah muda berpendar, jingga berpendar, atau biru, dengan rona yang bergantung pada kondisi pencahayaan saat itu.

 

Pertajam kait Anda

Hal lain yang membuat memancing salmon cukup menantang adalah kenyataan bahwa mereka memiliki rahang yang tebal. Ini berarti Anda pasti membutuhkan pengait yang tajam atau Anda akan kesulitan menangkapnya dengan pancing Anda. Beli hanya pengait berkualitas yang tidak akan patah, dan bawalah pengasah pengait. Gunakan itu untuk mempertajam pengait di setiap sisi ke ujung dengan sapuan cepat sambil menjaganya tetap sejajar dengan poros. Anda dapat menguji ketajamannya dengan menyeretnya melintasi thumbnail Anda pada sudut 45 derajat. Jika menempel dan bukan hanya meluncur di atasnya, maka itu cukup tajam.

 

Persediaan di peti peralatan Anda

Sekarang perlengkapan terbesar Anda sudah siap, saatnya mengisi kotak peralatan Anda dengan semua yang Anda butuhkan. Apa yang Anda bawa jelas tergantung pada jadwal Anda. Bawalah semua perlengkapan yang diperlukan (seperti umpan, bobber, pemberat, dan penyelam) yang diperlukan untuk teknik favorit Anda, termasuk yang mungkin ingin Anda coba di kemudian hari. Pastikan Anda juga memiliki yang berikut ini:

  • Izin memancing
  • Kotak tekel (dengan pancing tambahan, senar ikan, bobber, kait, jig, leader, umpan, plumb bob, pemberat)
  • Peta tempat memancing
  • Kompas
  • Pita pengukur (untuk memeriksa batasan ukuran)
  • Tang hidung jarum
  • Pertolongan pertama
  • Semprotan serangga
  • Perlindungan matahari
  • Perlengkapan hujan
  • Makanan ringan dan air

 

Periksa prakiraan cuaca dan suhu air

Salmon paling mudah ditangkap pada hari berawan dan di perairan yang mendekati 55°F. Jadi periksa ramalan cuaca dan pertimbangkan untuk memancing saat fajar atau senja untuk hasil terbaik. Namun jangan khawatir – meskipun awan tiba-tiba cerah saat Anda memancing. Anda masih memiliki peluang bagus untuk menangkap ikan salmon dengan umpan yang lebih ringan di kedalaman yang sedikit lebih dalam. Namun, gunakan umpan yang lebih gelap pada hari yang gelap.

 

Simpan tangkapan Anda

Jika Anda berhasil menangkap ikan salmon dengan kail Anda, jangan merayakannya dulu. Untuk benar-benar menikmati tangkapan Anda, Anda harus menanganinya dengan hati-hati dan menyimpannya dengan benar. Pertama dan terpenting, jangan hanya membuang salmon Anda. Di bagian bawah perahu Anda atau memasukkannya langsung ke dalam kantong tangkapan karena ini akan melembutkan dan melukai dagingnya. Anda perlu membius dan membersihkan usus salmon Anda sesegera mungkin.

Selanjutnya, jaga agar salmon tetap dingin dengan memasukkannya ke dalam pendingin dengan es sesegera mungkin untuk menjaga kesegarannya. Ganti es sesuai kebutuhan dan jauhkan dari air dengan mengalirkan air dari bagian bawah pendingin. Jika Anda tidak memiliki es. Bungkus setiap salmon secara longgar dengan kain atau kertas lembab dan letakkan di tempat yang teduh. Setelah freezer tersedia, kemas salmon Anda dengan hati-hati untuk mempertahankan rasanya dan meminimalkan pembakaran dan oksidasi freezer. Langkah terakhir dalam proses ini dapat membuat tangkapan Anda tetap segar hingga beberapa bulan jika dilakukan dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *