Cara Mengikat Tali Pancing Bercabang Lebih Dari 2


Cara Mengikat Tali Pancing Bercabang Lebih Dari 2

Cara mengikat tali pancing dengan lebih dari 2 cabang biasanya dilakukan oleh pemancing agar kemungkinan menangkap ikan lebih besar. Cara Mengikat Tali Pancing Bercabang ini cukup efektif. Pengikatan tali pancing ini dimulai dengan membuat cabang 2 atau T, yaitu sebagai berikut:

Cara Mengikat Tali Pancing Bercabang Lebih Dari 2
Cara Mengikat Tali Pancing Bercabang
  1. Siapkan pancing dengan panjang yang diinginkan atau kurang lebih 50 cm.
  2. Masukkan senar pancing ke dalam lubang putar kemudian masukkan kembali ujung senar pancing ke dalam putaran searah.
  3. Pegang putaran dengan jari telunjuk dan ibu jari dan dengan satu tangan tarik tali pancing hingga membentuk lingkaran kecil berukuran sekitar 0,5 cm lalu lipat.
  4. Lingkaran yang terlipat kemudian dililitkan di sekitar ujungnya dengan sisa dua tali pancing bergantian sebanyak 6 kali.
  5. Masukkan kembali tali pancing yang tersisa ke dalam lubang loop lalu tarik dengan erat hingga sisa lingkaran menjadi satu loop.
  6. Sisa dua tali pancing yang disilangkan menggunakan jari telunjuk membentuk salib melingkar besar.
  7. Kedua salib ditempatkan di satu jari tangan kanan dan jari lainnya di jari tangan kiri.
  8. Kemudian tali pancing di tangan kanan akan dililitkan pada tali pancing di sebelah kiri dengan arah putaran yang sama sebanyak 15-20 kali.
  9. Terdapat lubang yang tersisa di antara loop yang kemudian dimasukkan ke dalam putar yang kemudian ditarik hingga kencang dan rapi. Pada tahap ini pancing masih memiliki cabang dalam 2 atau bentuk seperti huruf T.
  10. Cara mengikat tali pancing yang bercabang lebih dari 2 misalnya 3, kemudian dilanjutkan dengan tali pancing yang panjang kemudian tekuk dan buat simpul sebanyak 6 kali.

Proses selanjutnya adalah menutup simpul kemudian memotong tali pancing dengan panjang yang sama. Lanjutkan dengan mengulang proses pada angka 6-9 sehingga membentuk cabang 3.


Untuk membuat cabang 4-5 maka gunakan pancing yang lebih panjang dan mulailah dengan mengikuti cara di nomor 10-11.

Pada tahap nomor 9 yang perlu diperhatikan adalah menarik dua pancing yang tersisa dengan putaran yang berada di antara lilitan kedua pancing tersebut.

Agar tali sepatu kencang, pertama-tama pegang bagian tengah putaran dengan jari telunjuk dan ibu jari tangan Anda.


Kedua, tarik arah salah satu tali pancing sampai ke ujung. Ketiga, lanjutkan juga untuk menarik tali pancing berikutnya sampai akhir. Hasilnya kumparan pada tali pancing akan sangat rapat dan rapi.

Berdasarkan cara mengikat tali pancing dengan lebih dari 2 cabang, ada kelebihan yang dimilikinya. Keuntungan menggunakan tali pancing yang bercabang lebih dari 2 pasti lebih kuat dan bisa menarik lebih banyak ikan sekaligus. Baca Memancing untuk Casting Gabus di Rawa

Selain itu juga lebih menghemat waktu karena saat memancing bisa langsung memberi makan lebih dari 2 ekor ikan.

Demikianlah tulisan saya mengenai Cara Mengikat Tali Pancing Bercabang Lebih Dari 2 yang mudah dan bisa anda ikutin, selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *