Cara Sederhana Merawat Pancing Dan Spinning/Reel Anda

Cara Sederhana Merawat Pancing Dan Spinning/Reel Anda – Pancing

Dengan kita mengabaikan perawatan maka akan mendapat masalah ketika melakukan aktifitas memancing, karena reel atau spinning tidak berfungsi.  sebenarnya ini pengalaman saya karena kuarang merawat peralatan, sehingga sering banyak masalah dan kemudian belajar mengatasi masalah tersebut.

Cara Sederhana Merawat Pancing Dan Spinning/Reel Anda

Contoh joran pancing

Cara merawat joran pancing yang benar

Joran pancing adalah alat utama dalam kegiatan mengail yang membutuhkan perawatan yang tepat, akan tetapi banyak angler mengabaikannya, sehingga sering mendapat gangguan ketika memancing,

Berikut ini cara tips berharga merawat joran.

Menyimpan joran Pancing

Saya sering mendapatkan pertanyaan, bagaimana cara menyimpan pancing? Kalau ada yang bingung caranya, maka anda membutuhkan pengetahuan yang benar untuk merawat joran pancing. Pastikan joran anda bersih setelah di pakai dan taruh semua joran pancing anda dalam rak dengan posisi berjajar, dan pastikan juga joran pancing anda lurus tidak tertekuk.

Rak yang di pakai adalah rak khusus untuk keperluan menyimpan joran, dengan memesan ke tukang kayu dengan desain yang di rancang supaya joran pancing bisa di tata vertical atau horizontal, dan ini merupakan cara terbaik menyimpannya.

Baca: Cara mancing teknik cesting dengan baik dan benar

Tips Cara membersihkan joran pancing

Membersihkan joran pancing secara teratur adalah suatu keharusan dalam pemeliharaan alat-alat pancing dengan benar. Nah, ada beberapa tips dan cara  khusus untuk membersihkan bagian joran yang tidak bisa dilakukan secar ajeg.

Saya punya bebrapa saran yang bisa di pakai:

Gosok seluruh permukaan joran dengan kain basah dengan hati-hati , terutama bagian dudukan reel atau spinning.

  1. Pastikan zat pelapis pada joran pancing masih tebal, terutama bagian sambungan joran,  segera lapisi dengan epoxsi jikalau didapati sedah menipis atau sama sekali nggak ada.
  2. Jangan gunakan beban lebih atau kurang dari lebel yang tertera atau tertulis di batang joran, tidak terlalu ringan atau terlalu berat. Terutama untuk berat umpan yang akan di lemparkan.
  3. Jangan gunakan joran selaian dari keperluan memancing, contoh untuk mndorong beban atau menarik sesuatu, yang bisa mengakibatkan joran retak.

Menjaga dan merawat reel atau spinning

Gulungan memerlukan perawatan khusus karena mereka memiliki begitu banyak bagian yang dapat berkarat atau terkorosi. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mempertahankan reel pancing anda.

  1. Cuci setiap reel/spinning setelah digunakan, terutama setelah di gunakan memancing di air kotor atau air garam. Menggosok dengan air hangat dan sikat kecil adalah cara terbaik untuk menghilangkan garam dan kotoran.
  2. Setelah gulungan kering, semprotkan dengan seperti WD-40 atau CRC untuk melindungi bagian logam.

Baca: Wisata mancing pasiran pantai jogja selatan

Cara Sederhana Merawat Pancing Dan Spinning/Reel Anda

Contoh spinning

Memberi minyak pelumas reel

Untuk memiliki gulungan yang sempurna untuk waktu yang lama, berikan selalu minyak pelumas pada bebrapa komponen reel, maka jika akan di gunakan kembai, lapisan minyak akan melindungi reel anda dari pasir dan air asin. Komponen reel yang sangat perlu pelumasan berkala adalah, bagian rotor, gear, dan semua komponen yang bertugas sebagai penggerak, termasuk pangkal pegangan tangan.

Perawatan yang Tepat untuk Reel Anda

Pancing rusak dan aus  karana pengguanan, bukan karena jatuh atau lain sebagainya, Berikut adalah beberapa tips perawatan yang tepat. Lepaskan semua komponen yang sudah berumur yang terkadang da baret, seperti pada pegangan senar, cepet-cepet di ganti karena ini akan merusak senar sehinnga gampang putus, kan jadi masalah kalau pas strek senar purus gara-gara pegangan senar yang cacat.

semoga artikel dengan judul,Cara Sederhana Merawat Pancing Dan Spinning/Reel Anda, bermanfaat.

Baca: Hal yang harus di ketahui pemancing pemula

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *