Chinese Hotpot: Bahan Terbaik untuk Hotpot

Chinese hotpot (火锅 huǒguō /hwor-gwor/ ‘fire-pot’), juga dikenal sebagai fondue Cina, adalah salah satu hidangan paling populer di Cina. Terdiri dari panci kaldu logam yang mendidih di tengah meja dan semua bahan mentah ditempatkan di sebelah panci logam, memungkinkan orang untuk menuangkan kaldu dan memasak apa pun yang mereka inginkan.

Hotpot memiliki sejarah yang panjang dan sudah lebih dari 1.000 tahun di Tiongkok. Dulu hanya disukai di musim dingin, tetapi baru-baru ini Hotpot muncul di meja sepanjang tahun. Selain rasanya yang enak, ada dua alasan penting lainnya mengapa orang Tionghoa menyukai hotpot: yang pertama adalah cara yang bagus untuk bersosialisasi. Orang-orang berkumpul di sekitar panci, mengobrol, makan, minum, dan bersenang-senang.

Sebutan lainnya adalah bahwa hotpot dipercaya sebagai “makanan sehat”. Merebus lebih baik daripada menggoreng, dan nutrisi tulang dilepaskan ke dalam kaldu. Makan hotpot dapat menghangatkan tubuh dan memperlancar peredaran darah di musim dingin serta meningkatkan keringat untuk mendinginkan tubuh di musim panas. Beberapa bumbu yang digunakan dalam semur dapat membantu meringankan beberapa penyakit ringan seperti pilek, sinus, hidung tersumbat, dan sakit kepala.

Ada berbagai bahan yang dapat digunakan dalam membuat hotpot. Dagingnya bisa daging sapi, kambing, domba, ayam, bebek, ikan, udang, dll. tetapi tidak boleh babi jika Anda berada di restoran halal. Anda juga bisa menambahkan seafood ke dalam kaldu hotpot Anda. Variasi makanan laut yang bisa Anda masak dalam hot pot tidak ada habisnya. Berikut adalah beberapa bahan yang perlu dipertimbangkan dan tip untuk menyiapkan makanan laut segar, bakso ikan, dan fishcake.

Chinese Hotpot: Bahan Makanan Laut Terbaik untuk Hotpot

  1. Kerang-kerangan

 

Kerang-kerangan
Kerang-kerangan

Kerang-kerangan atau seafood bercangkang seperti udang, kerang, lobster, kepiting, tiram, kerang, remis, abalone dan geoduck. Kerang-kerangan adalah salah satu bahan makanan laut paling populer di hot pot, udang biasanya dimasak utuh dengan kulit dan kepalanya, tapi Anda juga bisa menggunakan udang tanpa kepala dan udang kupas. Lobster dan kepiting adalah bahan yang bagus, namun sedikit sulit untuk menyiapkannya karena harus dipotong besar-besar ketika masih hidup. Tiram harus dikupas dan hanya perlu satu atau dua menit untuk dimasak. Untuk kerang, pastikan bersih dari pasir. Untuk remis, pastikan sudah dibersihkan dengan baik sebelum dimasak. Untuk sentuhan mewah, abalone dan geoduck adalah pilihan yang tepat. Abalone harus diiris tipis dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk dimasak. Geoduck agak merepotkan untuk dibersihkan, tetapi itu sepadan dengan rasanya yang enak! Iris Geoduck setipis mungkin, pastikan tidak terlalu matang di dalam hot pot – hanya perlu beberapa detik untuk menikmati kelezatan yang manis dan lembut ini.

 

  1. Ikan

Ikan
Ikan

Ikan, termasuk ikan halibut, salmon, monkfish, kakap putih, dan sebagian besar jenis ikan segar lainnya, enak dimasak dalam hot pot. Potong ikan menjadi irisan setebal satu sentimeter. Saat memasak, letakkan irisan ikan di saringan kecil agar tidak hilang di dalam panci.

 

  1. Cumi-cumi dan Sotong

Chinese Hotpot Cumi-cumi dan Sotong
Cumi-cumi dan Sotong

Cumi-cumi dan sotong, baik segar maupun yang sudah dikeringkan, merupakan tambahan yang bagus untuk hot pot. Untuk cumi dan sotong, pastikan untuk membersihkan bagian tubuh dan tentakelnya dengan baik. Potong tubuh menjadi potongan-potongan dengan lebar sekitar dua inci dan buat potongan melintang di permukaan (atau Anda bisa memotongnya menjadi cincin tebal). untuk cumi-cumi kering membutuhkan lebih banyak pekerjaan. Cumi-cumi kering harus direndam dalam air setidaknya selama 24 jam dan hingga dua hari. Setelah direhidrasi, iris dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan pada yang baru. Berbeda dengan cumi-cumi atau sotong segar, cumi kering memiliki rasa daging yang kuat adalah salah satu bahan terbaik Chinese Hotpot.

Baca Juga: Resep Ikan Yang Enak Ala Jamie Oliver

  1. Baso Ikan dan Fishcake

Chinese Hotpot Baso Ikan dan Fishcake
Baso Ikan dan Fishcake

Bakso ikan dan fishcake yang dapat dengan mudah ditemui di supermarket mana pun yang memiliki persediaan lengkap. Mereka biasanya dapat ditemukan di bagian freezer dan tersedia dalam berbagai bentuk dan rasa. Salah satu bakso ikan yang paling populer untuk hot pot adalah baso ikan bulat yang biasanya berwarna putih atau cokelat keemasan. Baso ikan ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut dengan rasa ikan yang kuat. Bakso ikan Cina populer lainnya termasuk fish tofu, yang berbentuk persegi, dan bakso ikan Fuzhou, dari wilayah Fuzhou di Cina, dengan daging babi cincang di tengahnya. Bakso ikan juga bisa dibuat dengan udang, lobster, dan cumi-cumi. Karena bakso ikan sudah matang saat Anda membelinya, tidak butuh waktu lama untuk memasaknya. Anda tidak perlu mencairkannya terlebih dahulu; Masukkan saja ke dalam kaldu, dan saat mengapung ke permukaan, sudah matang.

Bakso ikan buatan sendiri bahkan lebih baik daripada yang dibeli di toko, tetapi mereka juga membutuhkan lebih banyak pekerjaan. Untuk membuatnya, Anda perlu mengikis semua daging ikan, dicincang halus menggunakan pisau, lalu dibulatkan dengan tangan. Mencincang dan membulatkan adonan ikan adalah bagian terpenting karena bagaimana cara kita mencincangnya akan menciptakan tekstur yang kenyal.

Sebelum Anda mulai menikmati Chinese Hotpot Anda, jangan lupakan sausnya. Seperti kuahnya, ada banyak pilihan saus celup atau dipping sauce. Sederhananya, kebanyakan orang suka membuatnya cepat dengan menggabungkan kecap dengan sedikit minyak wijen dan sedikit minyak cabai atau cabai bubuk. Anda juga bisa menambahkan ketumbar cincang dan/atau daun bawang atau bahkan cabai rawit segar.

Saus celup yang mudah dan populer lainnya adalah dengan kuning telur: cukup pisahkan kuning telur dari telur yang sangat segar dan aduk, dan saus celup sudah siap. (Tentu saja, hindari ini jika Anda khawatir dengan salmonella atau sebaiknya pilih telur yang aman dimakan mentah seperti telur omega) Kuning telur sangat cocok dipadukan dengan daging seperti daging sapi dan domba berlemak. Saus celup enak lainnya yang tersedia adalah saus jahe dan daun bawang (cocok untuk makanan laut dan sayuran) dan saus daun bawang dan cabai (cocok untuk pasta dan daging).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *