Ganco atau Gancu Ikan

Ganco atau Gancu Ikan :  adalah sebuah alat tambahan dalam acara memancing, pada umumnya alat ini jarang bahkan tidak di gunakan saat mancing galatama atau mancing di pinggiran. Ganco atau gancu seringnya di gunakan saat pemancing melaksanakan trip mancing menunakan kapal baik itu di sungai danau ataupun laut.

Alat gancu ini berbentuk menyerupai mata kail hanya saja lebih besar

adalah sebuah alat tambahan dalam acara memancing Ganco atau Gancu Ikan

Ganco atau Gancu
adalah sebuah alat tambahan dalam acara memancing Ganco atau Gancu Ikan

Jaring Ikan atau Serok

Alat gancu sangat di butuhkan oleh para angler untuk  memudahkan mereka dalam mengangkat ikan besar yang tidak dapat di angkat oleh jaring ikan, sistim kerja alat ini sangat mudah hanya tinggal mengaitkan bab yang tajam ke tubuh ikan atau insang ikan lalu tinggal di angkat. Gancu memiliki variasi model ada yang ujungnya tajam dan ada juga yang tidak, ada yang mmiliki mata ada juga yang tidak namun kegunaannya semua itu yaitu sama. Jangan lupa dibaca juga 13 Umpan Terbaik Ikan Lele dan Waspada Bahaya Timah Pemberat Bagi Kesehatan .

Cara Membuat Gancu

Ujung ganco yang tajam dan melengkung mampu di buat menggunakan besi anti karat menyerupai stenlis steel untuk mata gancunya sebaiknya tidak usah di buat alasannya yaitu ini nanti akan mempersulit dalam melepaskan ikan yang di gancu dan dapat merusak daging ikan yang di dapat. Adapun tangkai gancu sahabat mampu mengunakan batang kayu atau bambu sesuai keinginan, untuk ukuran panjang batangnya terserah sahabat mau seberapa panjang namun pada umumnya sih 1m sampai 2,5m tergantung tinggi lambung kapal yang kita tumpangi, semakin tinggi lambung kapalnya ya semakin panjang juga batang gancu yang harus di pakai, oleh alasannya yaitu itu sebaiknya membeli atau membuat gancu yang batangnya mampu di lepas pasang untuk penggunaan yang lebis praktisnya

Untuk keamanan dari terlepasnya gancu di pegangan maka berilah tali pengikat pada tangkai gancu tersebut. Bila ikan yang tertangkap lepas beserta gancunya maka tali yang sudah di pasang pada tangkai akan membantu kita dari kehilangan gancu dan ikan tangkapan tersebut tapi dengan catatan ujung tali satunya lagi di ikatkan di kapal jikalau tidak ya talinya juga bakalan raib cui hehehehehe. Informasi dari peraturan pertandingan mancing panjang tali pengaman tidak boleh lebih dari 9,14m.

Catatan: Serok yaitu jaring ikan yang kegunaannya untuk membantu mengangkat ikan berukuran kecil sampai sedang. Serok terbuat dari dari jaring atau net berukuran mata 2cm sampai 2,5cm bentuknya menyerupai gayung atau centong air ( lihat gambar di atas ). Lingkaran serok umumnya terbuat dari logam atau aluminium namun ada juga yang menggunakan rotan, panjang tangkai serok standartnya yaitu 1m sampai 1,5m.

Nah demikianlah sahabat angler sekalian info tentang Ganco atau Gancu Ikan yang dapat kami berikan, mohon koreksinya bila ada kesalahan dengan menunjukkan komentar di bawah ini. Sekian dan terimakasih telah berkunjung di website wadah berkumpulnya pemancing kepulauan riau.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *