HARI BATIK NASIONAL

KADO VALENTINE MENTERI SUSI KE NELAYAN – Tanggal dua Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional menurut Keputusan Presiden Nomor 33/2009. Pejabat dan rakyat pun diminta mengenakan batik pada Kamis besok.

Dikutip menurut situs Sekretariat Kabinet, Rabu (1/10/2014), Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam mengingatkan masyarakat dalam semua Tanah Air buat mengenakan batik esok hari. Melalui surat edaran Nomor SE-11/Seskab/X/2013,

HARI BATIK NASIONAL

tertanggal 1 Oktober 2014, Dipo meminta para menteri

Dipo juga meminta Menteri Dalam Negeri untuk memerintahkan seluruh gubernur/bupati dan walikota di Tanah Air agar mewajibkan seluruh pegawai pemda mengenakan baju batik. Dia juga melayangkan surat pada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), agar memerintahkan seluruh pegawai BUMN untuk memakai baju batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap mata budaya Indonesia.

Peringatan Hari Batik Nasional tahun ini telah memasuki tahun keempat. Penetapan Hari Batik Nasional sebagai usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional, serta untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *