HIU MARTIL


HIU MARTIL

HIU MARTIL – Hiu martil dari Genus Sphyrna adalah anggota dari keluarga Sphyrnidae. Satu-satunya genus termasuk Sphyrnidae, Eusphyra, yang terdiri dari hiu Satu spesies, Esphyra blochii, hiu kepala sayap.

Sembilan spesies hiu martil yang diketahui memiliki panjang hingga 6 meter (6,5 hingga 20 kaki),


Mereka adalah predator agresif yang memakan ikan, ikan pari, cumi-cumi, dan krustasea. Mereka ditemukan di perairan hangat di sepanjang garis pantai, dan di landas kontinen.

Bentuk kepalanya yang seperti palu membuat mereka bisa berputar dengan benar. Seperti semua hiu, hiu martil memiliki pori sensor elektrolokasi yang disebut ampullae dari Lorenzini.

Dengan menyebarkan reseptor di berbagai area, hiu martil dapat mencari mangsa dengan lebih efektif.


HIU MARTIL

Jenis Hiu Martil

 

Bentuk kepala hiu yang aneh dianalogikan dengan antena serangga. Hiu mampu mendeteksi setengah miliar volt sinyal listrik. Kepala berbentuk palu juga memberikan keuntungan area penciuman yang lebih luas, meningkatkan potensi untuk menemukan partikel di dalam air setidaknya 10 kali lipat dibandingkan dengan hiu ‘klasik’ lainnya.

Hiu martil memiliki mulut kecil dan tampaknya melakukan banyak perburuan bawah. Mereka suka membentuk kelompok pada siang hari, terkadang berkelompok lebih dari 100. Pada sore hari, seperti hiu lainnya, mereka menjadi pemburu tunggal.

Reproduksi hiu martil

Reproduksi hiu martil terjadi setahun sekali. Martil melahirkan antara 20 dan 40 anak ayam. Perkawinan hiu martil adalah hubungan yang melecehkan. Jantan akan menggigit betina sampai betina tenang, memungkinkan perkawinan terjadi.

HIU MARTIL

Setelah anak ayam lahir, orang tua mereka tidak tinggal bersama dan mereka dibiarkan mengurus diri sendiri. Rekor dunia hiu martil betina sedang hamil ditangkap di Boca Grande, Florida pada tanggal 23 Mei 2006 dengan berat 1.280 pon (580 kg).

Hiu ini berisi 55 ekor anak ayam. Tidak seperti kebanyakan spesies hiu lainnya, reproduksi hiu martil terjadi melalui pembuahan internal yang menciptakan lingkungan yang aman bagi sperma untuk menyatu dengan sel telur. Embrio berkembang di plasenta betina dan diberi makan melalui tali pusat, seperti mamalia. Masa kehamilan 10 sampai 12 bulan.

Pada Mei 2007, para ilmuwan menemukan bahwa martil dapat bereproduksi secara aseksual melalui partenogenesis, di mana mereka memiliki kemampuan untuk membuahi telurnya sendiri.

Spesies Hiu Martil

Baca juga; Hiu Secara Umum Dari sembilan spesies hiu martil yang diketahui, tiga spesies berbahaya bagi manusia: hiu martil bergigi, besar, dan halus.

Genus Sphyrna
1-Subgenus Sphyrna Scalloped martil, Sphyrna (Sphyrna) lewini (Griffith & Smith, 1834)
2- “Kepala martil bergigi kriptik” – Kepala martil bergigi dibagi menjadi dua spesies berbeda, tetapi belum secara resmi diklasifikasikan ulang dengan nama yang berbeda
3- Kepala martil yang hebat, Sphyrna (Sphyrna) mokarran (Rüppell, 1837)
4- Kepala martil halus, Sphyrna (Sphyrna) zygaena (Linnaeus, 1758)
5- Kepala martil sirip putih, Sphyrna (Sphyrna) couardi Cadenat, 1951

Subgenus Mesozygaena

6- Kepala kap mesin bergigi, Sphyrna (Mesozygaena) corona Springer, 1940

Squarehead Shark Sphyrna (Mesozygaena) sp. terdaftar di daftar elasmo-riset

Subgenus Platysqualus

7- Scoophead, Sphyrna (Platysqualus) medium Springer, 1940

8- Bonnethead atau shovelhead, Sphyrna (Platysqualus) tiburo (Linnaeus, 1758)

9- Kepala martil Smalleye, sikap Sphyrna (Platysqualus) (Valenciennes, 1822)

Karena hiu tidak memiliki tulang termineralisasi dan jarang menjadi fosil, umumnya hanya gigi mereka yang ditemukan sebagai fosil. Hiu martil tampaknya berkerabat dekat dengan hiu carcharhinus, yang berevolusi selama periode Tersier tengah.

Karena gigi hiu martil mirip dengan hiu carcharhinus, sangat sulit untuk menentukan kapan pertama kali hiu martil muncul. Mungkin hiu martil berevolusi selama Eosen, Oligosen, atau Miosen Awal.

Klasifikasi ilmiah hiu martil

– Kerajaan: Animalia

– Filum: Chordata

– Kelas: Chondrichthyes

– Subkelas: Elasmobranchii

– Pesan: Carcharhiniformes

– Keluarga: Sphyrnidae

– Genus: Sphyrna

– Rafinesque, 1810

Itulah sedikit penjelasan tentang hiu martil dari kami, semoga bermanfaat ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *