IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DIKLAT DI BBPI,SEMARANG

Suatu organisasi/institusi hanya bisa berkembang

Tantangan dan kesempatan bagi suatu organisasi baik dari dalam maupun dari luar begitu rumit, karena itu organisasi harus selalu menyesuaikan tenaga kerjanya, dengan membekali tenaga kerjanya dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan melalui program pengembangan sumber daya manusia (SDM).

BBPI,Semarang Mengadakan pelatihan Identifikasi Kebutuhan Diklat.Kegiatan ini diikuti oleh pegawai BBPI,Semarang dan Nara Sumber Dari Badan Kepegawaian Nasional ( BKN ).

Menurut Harun Arsyad Salah satu Nara sumber Mengatakan Bahwa analisa Kebutuhan Tentang DIKLAT adalah Hak PNS yang tertuang dalam UU NO 5 Tahun 2014 Tentang ASN ( Aparatur SipilNegara ).

Pengembangan SDM dilakukan agar dapat memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan dan sasaran organisasi, dengan standar kinerja yang telah ditetapkan (Kompetensi). Kompetensi menyangkut kewenangan setiap individu untuk melakukan tugas atau mengambil keputusan sesuai dengan perannya dalam organisasi yang relevan dengan keahlian, pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki.

Kompetensi yang dimiliki karyawan secara individual harus mampu mendukung pelaksanaan strategi organisasi dan mampu mendukung setiap perubahan yang dilakukan manajemen.

Dengan kata lain kompentensi yang dimiliki paling individu dapat mendukung sistem kerja berdasarkan tim.Pengembangan SDM adalah usaha -usaha untuk meningkatkan kemampuan para karyawan/pegawai untuk menangani beraneka tugas dan untuk meningkatkan kapabilitas di luar kapabilitas yang dibutuhkan oleh pekerjaan saat ini.Pengembangan SDM menguntungkan organisasi dan individu. Para karyawan/pegawai dan pimpinan yang memiliki pengalaman dan kemampuan yang sesuai dapat meningkatkan daya saing organisasional dan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berubah.

Sesungguhnya tujuan latihan atau tujuan pengembangan pegawai yang efektif, adalah untuk memperoleh tiga hal yaitu :

1) menambah pengetahuan

2) menambah ketrampilan

3)merubah sikap

Semoga Untuk kedepan kebutuhan DIKLAT untuk pegawai BBPI,Semarang dapat direalisasikan.Apalagi dalam waktu dekat banyak para Pegawai BBPI,Semarang  yang memasuki masa purna tugas.Sebelum para pegawai memasuki masa Purna Tugas Transfer teknologi dirasa sangat perlu.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *