Ikan Aulonocara Baenschi

Nkhomo Benga Peacock (Aulonocara baenschi) ini termasuk ke pada African Cichlid yang asal dari danau Malawi. Termasuk ke pada golongan Peacock Cichlid. Kelompok Peacock cichlid atau lebih dikenal memakai nama aulonocara terdiri menurut 28 spesies yang dikenal mempunyai warna-warna anggun.

Ikan cichlid ini hanya akan tumbuh hingga mencapai berukuran sekitar 13 centimeter relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis aulonocara yang lain. Memiliki warna kuning cerah

Di danau Malawi ikan Aulonocara baenschi ini memiliki penyebaran yang sangat terbatas, sehingga tidak memiliki banyak varian warna seperti jenis aulonocara lain yang penyebarannya lebih luas. Mereka ditemukan di kedalaman 4-6 meter, tetapi sering juga ditemukan di kedalam 10-16 meter.

Tidak seperti ikan cichlid yang lain Aulonocara baenschi bersifat damai. Bahkan ketika memijahpun ia tidak terlalu agresif. Sehingga ikan ini bisa disatukan dengan ikan lain yang tidak terlalu agresif

Nama baenschi ini sebagai penghormatan kepada Dr. Ulrich Baench. Ikan ini juga memiliki banyak nama alias diantaranya adalah Benga Peacock, Yellow Regal Peacock, New Yellow Regal Peacock, Yellow Peacock, Sunshine Peacock, Baensch’s Peacock, Baenschi Peacock, Benga Yellow Peacock, Aulonocara Benga, Benga Aulonocara, dan Yellow Regal-Buntbarsch.

Walaupun ikan ini termasuk omnivora ia lebih menyukai makanan hidup seperti udang kecildan cacing darah. Jika ada tanaman diakuarium ikan aulonocara tidak akan memakannya. Hindari memberikan ikan dengan cacing kering(tubiflex worm) karena makanan ini akan berkontribusi menyebabkan penyakit kembung atau “Malawi bloat”

Jenis ikan aulonocara dikenal bandel dan tidak gampang mati tetapi mereka akan menderita di kondisi air yang buruk. Karena ikan yang berasal dari Danau Malawi di Afrikan ini biasanya di pelihara di akuarium dengan PH yang lebih tinggi maka ikan ini lebih rentan terhadap ammonia(racun dari kotoran ikan). Jadi penggantian air rutin adalah keharusan. Sebaiknya mengganti air berkala sebanyak 20% sampai 50 persen tergantung dari jumlah makanan yang diberikan.

Beberapa dekorasi batu dapat dipasang sebagai tempat ikan untuk sembunyi. Substrat berupa pasir dengan batu batu kecil juga akan membuat ikan menjadi senang.

Untuk memijahkan ikan 1 ekor jantan di satukan dengan 6 ekor betina di akuarium dengan kapasitas 40 galon atau sekitar 150 liter. Ikan jantan galak terhadap betina sehingga tidak hanya membully kepada kepada satu betina. Mereka berkembang biak dengan cara mouthbrooder jadi mereka akan membesarkan anaknya didalam mulut seperti ikan mujair

Lifespan atau rentang hidup ikan ini berkisar atara 6-10 tahun dengan pemeliharaan yang baik

Diet: Omnivora

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *