Ikan Cupang Hias 10 Yang Cuantik dan Cocok DiPelihara Di Rumah


Ikan Cupang Hias 10 Yang Cuantik dan Cocok DiPelihara Di Rumah

Ikan Cupang Hias  aat ini sedang di gandrungi masyarakat. Terlebih di masa masa corona saat ini kebanyakan orang melakukan hobi di rumah. Baik itu beternak, bercocok tanam maupun memelihara ikan. Nah satu yang menguntungkan adalah memelihara Ikan Cupang Hias. Selain menghilangkan stres ternyata juga memiliki nilai ekonomis yang lumayan.

Ikan jenis cupang ini memang cenderung agresif dan kalau sudah besar harus di pisah sendiri. Tapi jangan kuatir, memelihara ikan cupang hias termasuk mudah. Selain itu ikan cupang banyak pilihannya. Ini karena ikan cupang bisa di kawin silangkan, sehingga banyak jenisnya.


Berikut ini jenis jenis ikan cupang yang bisa dan mudah di pelihara di rumah :

1. Ikan Cupang Double Tail

Ikan Cupang hias

Ciri khas dari ikan cupang hias ini adalah mempunyai ekor yang dobel dan terbelah di bagian sirip ekornya. Dengan kata lain mempunyai dua cuping sirip ekor berbeda.


Ini disebabkan karena terjadi mutasi genetik. Itulah yang menyebabkan ikan cupang ini di namakan Double Tail atau ekor bercabang dua.

2. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Hias 10 Yang Cuantik dan Cocok DiPelihara Di Rumah

Ikan ini mempunyai ekor yang lebar yaitu mencapai hingga 180 derajat. Konon ikan cupang iini di temukan pada tahun 1982 oleh peternak ikan juga yang berasal dari Amerika serikat. Namun ikan ini mulai terkenal di sekitaran tahun 2000.

Untuk haraga jenis Cupang Halfmoon ini yang masih kecil atau anakan kisaran Rp. 45ribuan, sedangkan yang sudah besar atau kualitas kontes harganya lumayan mahal yaitu Rp. 500ribuan.

3. Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Hias

Cupang Plakat lebih terkenal dengan sebutan ikan cupang aduan yang memiliki ekor pendek. Sedangkan nama Plakat adalah berasal dari thailand yang tentu saja artinya aduan atau cupang laga.

Tidak sekedar untuk menjadi hiasan, Ikan cupang plakat ini sangat jago bertarung untuk sesama jenisnya. Maka banyak orang yang suka mengadunya sebagai tontonan. Karena jago bertarung makanya mempunyai warna dan bentuk sirip yang keras.

4. Ikan Cupang Crown Tail

Ikan Cupang Crown Tail

Ikan cupang hias ini awalnya di budidayakan oleh seorang peternak ikan yang berasal dari jakarta timur. Ia bernama Ahmad yusuf dan berhasil membudidayakan jenis ini pada tahun 1997. Ikan ini dinamakan juga dengan ikan serit karena bentuk siripnya mirp dengan jarum yang ada pada sisir rambut.

Karena yang membudidayakan orang indonesia maka di negeri kita ini terkenal sebagai penghasil jenis ikan ini. Ternyata ikan ini hasil silangan dari ikan cupang yang di import dari negeri Thailand. Ikan silangan dari Thailand ini memiliki warna biru dengan ekor delta namun bergerigi .

5. Ikan Cupang Fancy

Ikan Cupang Fancy

Ikan cupang hias yang satu ini memiliki harga yang mahal. Yaitu kisaran untuk anakannya saja sekitar 200 – 300 ribuan, sedangkan yang untuk kontes bisa mencapai 2 – 20 jutaan.

Kenapa kok mahal? Ini karena ikan ini memiliki warna fanci serta ragamnya banyak sekali. Biasanya dalam satu ikannya mempunyai 7 kombinasi warna pada tubuhnya. Warna yang biasa ada yaitu hijau, pink, putih, biru, metalik, peach dan merah.

6. Ikan Cupang Surga

Ikan Cupang Surga

Kenapa sih di namakan Cupang Surga? Mungkin karena jarang di temukan cupang jenis ini. Terlebih lagi harganya yang sangat tinggi dan banyak sekali orang yang mencarinya. Biasanya ikan cupang surga ini memiliki hidup di perairan Jawa, Bali dan Sumatera.

7. Ikan Cupang Big Ear

kan Cupang Big Ear

Ikan Cupang Big Ear ini termasuk Cupang yang memiliki harga tidak murah. Anda bisa membelinya dengan kisaran harga minimal Rp. 400ribuan. Yang menjadi daya tarik dari ikan cupang hias ini adalah bentuk siripnya. Yaitu memiliki bentuk sirip yang besar bagian sampingnya menyerupai kuping gajah.

8. Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan cupang hias  ini namanya mirip bahasa Thailand kan? Lah iya emang, karena ikan cupang jenis ini berasal dari negara gajah putih. Perpaduan warna yang ada ditubuhnya yaitu merah, putih, dan biru. Sangat mirip dengan bendera Thailand.

9. Ikan Cupang Paradise

Ikan Cupang Hias paradise memang indah dan banyak yang menyukainya. Cupang ini mempunyai ciri ciri yaitu pada ekornya bercabang. Nama latin dari ikan cupang paradise adalah Macropodus Opercularis . Paradise banyak di temukan di daerah Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

10. Ikan Cupang Sawah

Awalnya ikan cupang ini memiliki jumlah yang banyak. Namun karena banyak yang menangkapnya sehingga jumlah ikan cupang ini menyusut. Karena jumlahnya yang tidak banyak lagi maka harganya melambung tinggi. Jika ukuran dari ikan cupang sawah ini semakin besar maka harganya pun semakin mahal.

Itulah 10 Rekomendasi Ikan Cupang hias yang bisa anda pelihara di rumah. Jika anda berhasil membudidayakan maka akan sangat bernilai tinggi. Semoga menjadi inspirasi anda untuk memelihara ikan jenis ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *