Ikan-Ikan Hias Air Tawar Berkepala Jenong

Jika menyebut ikan hias menggunakan ketua jenong, bagi kebanyakan orang pikirannya akan tertuju dalam satu jenis ikan terkenal tiada lain yaitu ikan louhan. Benar sekali namun selain ikan louhan sebenarnya terdapat beberapa spesies terutama berdasarkan ikan hias jenis siklid yang mempunyai ketua yg benjol pula. Walaupun mungkin tidak sebesar jenong louhan.

Beberapa spesies dari family cichlid baik itu yang dari berdasarkan benua Afrika juga menurut Amerika memiliki jenong dibagian kepala mereka. Masih jadi perdebatan sebenarnya apa fungsi dari jenong atau dalam bahasa inggrisnya nuchal hump ini. Ada asumsi bahwa jenong ini menjadi karakteristik pembeda antara ikan jantan & betina. Tetapi hal itu mampu dibantah memakai adanya ikan betina yang pula memilikinya.

Ada juga anggapan bahwa jenong itu merupakan cadangan kuliner. Lantaran berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa komposisi jenong terdiri menurut lemak. Kemungkinan pendapat ini ada benarnya lantaran ikan yang diberi pakan menggunakan berprotein tinggi cenderung mempunyai jenong yg lebih akbar. Walaupun ada yg nir sependapat lantaran selain lemak diketahui jua bahwa pada pada jenong juga mempunyai kandungan air.

Terlepas berdasarkan apa fungsi sebenarnya jenong, bagi para pecinta ikan hias jenong ini merupakan galat satu nilai tambah yg menciptakan tampilan ikan menjadi lebih menarik.

Beberapa ikan hias yg memiliki ketua

Ikan louhan tanpa jenong ibarat sayur tanpa garam. Jenong seperti sudah menjadi keharusan bagi jenis ikan yang sempat booming di awal tahun 2000 an.

Selain itu masih banyak ikan yang memiliki kepala besar misal saja Blue Dolphin cichlid, Lionhead Cichlid, Synpylum, Gold Saum, Geophagus hondae, Hypselecara temporalis, Acara facestus, Geophagus balzani.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *