IKAN PARI ASAP DAN OLAHANNYA


Ada ribuan jenis ikan pari yang terbang di Samudera . Mulai dari yang besarnya melebihi ukuran insan, hingga yang Mempunyai diameter 10 sentimeter. Ternyata, ikan yang seperti piring terbang dan Mempunyai daging yang gurih, serupa ayam. Tekstur ikan pari bisa Dijuluki dengan Iwak Pe oleh masyarakat Surabaya yang Terbilang unik. Ikan pari Warnanya putih pucat,.

IKAN PARI ASAP DAN OLAHANNYA


Anda bisa makan setiap bagiannya. Tulang yang menopang tubuh ikan pari mirip dengan tulang rawan pada ayam. Setelah memakannya, ikan pari diasap terlebih dahulu.

Pengasapan menggunakan kayu khusus dan batok kelapa. Mengapa? Pasalnya, warga pesisir percaya batok kelapa adalah arang terbaik. Selain itu, aromanya yang khas.

Selama menjalani proses pengasapan selama lebih dari 30 menit, ikan baru dipasarkan. Biasanya para pelaku kuliner kembali mengolah ikan pari asap. Ada yang sudah digoreng beberapa menit hingga matang, ada yang mengolahnya menggunakan kuah santan dengan rasa asam pedas.


Pasalnya, bau asap dan ikan pari baru keluar setelah ikan pari diolah kembali. “Sebenarnya diasapi, ikannya setengah matang. Ikan pari masih diproses lebih baik untuk mendapatkan aroma asap. Sedangkan Ikan jenis lain langsung dimakan, ” jelasnya kepada kami saat ditemui di toko Gombal Asap, Jalan Taman Cibeunying Selatan No.33.

Indra juga menjelaskan, umumnya daging ikan pari memang agak berlendir. Bahkan beberapa jenis pari meninggalkan bau amonia di dagingnya. Ini menjadi masalah bagi penggemar kuliner ikan yang merupakan penggemar pari. “Kalau memang benar benar suka biasanya mereka nggak ambil pusing dengan baunya,” imbuh Indra.

Meski banyak jenisnya, Indra menggunakan ikan pari sedikit untuk dimakan dengan sambal buatan istrinya, Cecilia Dewi Sartika, di Warung Gombal Asap. Ikan pari biasa dalamnya memiliki diameter 10 hingga 15 sentimeter. Ikan itu kemudian dibelah dua.

Kemudian digoreng hingga warnanya berubah menjadi coklat tua dan disajikan di atas piring dengan daun pisang. Sambal terasi dan lalapan berupa daun kemangi, daun singkong rebus, dan ketimun harus selalu menjadi teman setia di piring saji.

Resep Ikan Asap Pe

Ikan pari yang besar dan lebar jarang dikonsumsi segar. Ikan pari biasanya diawetkan dengan cara diasapi dan dijemur di bawah sinar matahari. Karena proses pengawetan ini, di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur ikan pari asap lebih dikenal dengan sebutan ikan pe atau iwak pe (pe atau pepe artinya dijemur).

Ikan pari asap bisa dijadikan masakan yang enak, seperti Mangut Ikan Pe. Biasanya ikan ini dijual dalam bentuk potongan kotak yang agak tebal dengan warna coklat kehitaman akibat di asapi.

Di pasaran juga terdapat ikan yang di jual dalam bentuk tusuk, namun ikan ini bukan ikan pari, melainkan ketimun yang disebut juga pepe atau dijemur. Ketimun asap ini memiliki aroma yang sedikit amis dibandingkan ikan pari asap

IKAN PARI ASAP DAN OLAHANNYA

Resep Ikan Pari Asap

Pernah dengar menu makanan bernama mangut? Mangut adalah sebutan untuk memasak dengan kuah santan. Sedangkan ikan pari mangut atau disebut juga ikan pe merupakan sajian khas pantai utara jawa.

Mangut ikan pari ini biasanya dibuat dari ikan pari asap, kemudian diberi kuah santan yang telah dibumbui dengan berbagai macam bumbu. Rasanya sangat enak dan enak.

Penasaran dengan cita rasa mangut ikan pari? Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Pantura Jawa untuk mencicipinya. Anda bisa menipu resep mangut ikan pari praktis ini untuk mencoba selanjutnya. Sajikan mangut ikan pari dengan nasi hangat.

Bahan utama:

– Ikan pari asap 6 buah berukuran 5×5 cm
– 1 gelas santan kental
– 1 sendok makan minyak goreng

Bumbu halus:

–  5 buah cabai rawit
– 1 siung bawang putih
– 2 daun bawang
– 2 irisan tipis lengkuas
– 1 irisan tipis kencur
– 1 irisan tipis jahe
– 2 butir kemiri
– ½ sendok teh ketumbar
– Terasi Seujung Kuku
– Garam secukupnya
– Gula untuk dicicip

Bumbu lainnya:

– 1 lembar daun jeruk
– Cabai rawit utuh 5 buah, bisa ditambahkan sesuai selera
– Irisan tomat
– Bawang hijau, iris tipis
– Taburan bawang goreng

Tahapan Memasak
1. Siapkan wajan, tuangkan satu sendok makan minyak goreng dan panaskan.
2. Tumis bumbu halus yang telah dihaluskan agar tercium harum.
3. Masukkan santan. Masak hingga mendidih sambil diaduk perlahan.
4. Masukkan daun jeruk dan cabai rawit.
5. Setelah santan mendidih, masukkan ikan pari asap.
6. Tambahkan irisan tomat dan irisan daun bawang.
7. Setelah santan mengental, matikan api kemudian angkat.
8. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Demikianlah Artikel tentang Resep dan Cara Pengolahan Ikan Pe serta Mengenal Iwak Pe yang Lebih Lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *