Ikan Wader beles atau Bader

Ikan Wader beles atau Bader
Ikan Wader beles atau Bader

Mempunyai sisik putih mirp ikan tawes, sehingga di bebrapa daerah ikan ini juga di sebut ikan tawes besar. menyukai perairan berarus dengan air yang bening atau sedikit bening, tidak terlalu keruh. Memancing wader beles cenderung mudah di banding ikan lainnya, dia mampu memakan apa saja yang di temui selagi berenang-renang,  akan tetapi si doi terkadang juga mogok makan.

Ikan Wader beles atau BaderWader Beles

Cara mancing

Jikalau ingin mendapatkan wader beles dengan cara di pancing.  Ada beberapa cara atau teknik, sebab si doi terkadang suka bermain di tempat yang berarus deras dan berarus pelan. Karena si doi juga suka semua makanan, ini juga yang menjadikan memancing wader beles atau bader, harus tahu kondisi sungai, sehingga berangkat memancing tidak salah umpan.

Wader beles di arus deras

Tempat berbatu atau dekat bendungan menjadi rumah ikan ini, biasnya si doi suka main-maian di arus deras ketika airnya bening, dia suka memakan  lumut batu yang hanyut terbawa arus, sambil bersembunyi di belik batu besar.

cara dan trik mancing di arus deras

  1. Lumut watu. umpan yang cocok di situasi ini adalah memakai lumut batu, gunakan joran tegek panjang dan senar no 0,10 – 0,13 dilengkapai dengan pemberat dan pelampung kecil, memakai 2 atau 3 mata kail no 0,8 – 1,0 di susun seri. Kemudian lumut batu di lilitkan ke mata kail tersebut.
  2. Umpan uler padas Menguakan umapan ini, caranya hampir sama dengan memakai umapan lumut batu, akan tetapi memakai satu mata kail. Caranya tusuk bebrapa uler padas pada mata kail, kemudian lempar umpan.

Lemparkan umpan dan biarkan mengikuti arus, ketika pelampung diam atau tengelam, tandanya umpan di makan wader beles,  hentakan joran pancing, menggunakan umpan lumut jala yang sudah mengambang, juga ampuh dan jitu bisa anda coba.

Baca:Teknik pelampung

Teknik dasaran

Umpan lumut watu

Ikan Wader beles atau BaderLumut Watu
Ikan Wader beles atau BaderLumut Jala
Ikan Wader beles atau BaderUler Padas

Kondisi arus pelan dan sedikit keruh

Memakai umpan racikan atau umpan buatan, pilihan yang tepat dalam kondisi arus pelan dan sedikit keruh, cara membuat umpan mancing wader beles:

  1. 500gram terigu.
  2. 1 saset Penyedap rasa ayam.
  3. Setengah sedok garam halus.
  4. Satu batang terasi, sebesar telunjuk.
  5. 1 butir telur.
  6. Minyak goreng atau margarin secukupnya,

Cara membuat umpan ini, masukan semua bahan ke dalam wadah dan campur rata, beri sedikit air hingga membentuk adonan sedikit encer, masukan ke dalam plastik dan di ikat, kukus adonan selama 15-20 menit. Umpan bisa di gunakan sesudah dingin.

Ikan Wader beles atau BaderMata Kail Batokan

cara,trik mancing dan peralatanya

Ikan Wader beles atau BaderJoran Pancing & Kelinting/Lonceng

memakai joran biasa panjang 1,5 – 3 meter, dengan penggulung senar atau spinning, senar ukuran 0,20 – 0,23 dilengkapi dengan pemberat, sebesar jari telunjuk dan swifel atau kili-kili. Rangkaian mata kail ombyok atau batokan paling tepat untuk mancing model ini.

Caranya pasang umpan pada mata kail ombyok atau batokan, lemparkan ke spot ikan wader beles, tancapkan pangkal joran pancing ke tanah,regangkan senar jangan sampai kendor, anda juga bisa memasang lonceng, atau kelintingan di ujung joran, sebagai penanda umapan di makan. semoga tulisan ini yang berjudul, ikan wader beles atau bader, bermanfaat.

Nb

Baca: Mancing ombyok

Cara mancing wader di sungi

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *