Jenis Ikan Hias Rasbora

Jenis ikan hias rasbora ini termasuk ke dalam Family Characin. Kelompok ikan hias rasbora ini senang berkelompok dan berenang di permukaan.Ikan ini berukuran kecil dan cocok untuk ditempatkan di akuarium yang tidak terlalu besar. Kelompok ikan rasbora ini bisa digabung dengan kelompol tetra, seperti ikan neon tetra. Dan ditempatkan pada akuarium dengan tanaman yang rapat/ penuh

Adapun jenis ikan hias rasbora ini adalah :

Harlequin rasbora ini merupakan ikan berukuran kecil yang masuk ke dalam family Cyprinidae, dengan subfamili Rasborinae, yang awalnya diberi nama ilmiah Rasbora heteromorpha. Nama ilmiah heteromorpha, berasal dari bahasa Yunani yang artinya “berbeda berbentuk”, mengingat bahwa bentuk tubuh ikan ini berbeda dari anggota lain dari genus Rasbora, dan sebagai konsekuensi dari hal ini dan berbagai faktor lain (termasuk perbedaan dalam teknik breeding), ikan ini akhirnya ditempatkan pada genus baru, Trigonostigma, dan dengan demikian sekarang dikenal dengan ilmu sebagai Trigonostigma heteromorpha. Nama umum untuk ikan ini, rasbora harlequin atau ikan harlequin, didasarkan pada segitiga hitam pada tubuh, yang mengingatkan pada pola yang ditemukan pada kostum harlequin (wikipedia)

Rummy Nose Rasbora (Sawbwa resplendens) habitat aslinya hanya di Myanmar, Asia. Rummy Nose Rasbora ini merupakan ikan hias jenis rasbora satu-satunya anggota dari genus Sawbwa. ikan jenis ini sangat kecil ini mencapai total panjang tidak sampai 2,5 cm, dan merupakan salah satu jenis ikan rasbora dari family cyprinids yang terkecil.

Ikan Neon Green Rasbora ini berasal dari kawasan Thailand dan Myanmar. Berukuran hanya sekitar 2,5 cm. Ikan yang berkilau ini sepertinya cocok bila digabung dengan ikan jenis neon tetra. Kombinasi yang menarik untuk ditampilkan di akuarium.

Ikan Zebra Rasbora ini berasal dari Danau Inle, Myanmar. Seperti ikan hias jenis rasbora lainnya pemberian tanaman dan batang kayu serta batu akan membuat ikan ini merasa betah dan nyaman. Ikan ini memiliki belang vertikal ditubuhnya dengan warna kebiruan. Ukuran maksimal jenis ikan hias ini adalah 2,5 cm.

Ikan jenis Brilian Rasbosa ini tersebar di Asia tenggara.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *