Jenis Ikan Koi -Varietas dan Klasifikasinya

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling banyak dikenal sejak lama. Ikan koi yang sering dianggap membawa keberuntungan bagi pemiliknya memiliki warna-warna yang sangat cantik. Mulai dari warna merah, putih, hitam, emas, perak dan banyak lagi. Ada terdapat banyak sekali jenis ikan koi ini dilihat dari pola warnanya diantaranya adalah Kohaku, Sanke, Showa, Tancho, Chagoi, Asagi, Utsurimono, Bekko, Goshiki, Shusui, Ginrin, Kawrimoto, Ogon, Doitsu, Hirenaga dan banyak lagi.

Jsnis Koi

  • Kohaku
  • Taisho Sanshoku / Taisho Sanke
  • Showa Sanshoku / Showa Sanke
  • Tancho
  • Chagoi
  • Asagi
  • Utsurimono
  • Bekko
  • Goshiki
  • Shusui
  • Kin ginrin
  • Kawarimono
  • Ogon
  • Kumonryu
  • Ochiba
  • Koromo
  • Hikari-moyomono
  • Kikokuryu
  • Kin-Kikokuryu
  • Ghost koi
  • ,

  • Hirenaga/ Butterfly koi
  • Doitsu-goi / Doitsu

Koi Kohaku adalah ikan koi yang memiliki warna dasar putih, dengan marking besar berwarna merah diatasnya. Arti dari kohaku sendiri adalah “merah dan putih”. Koi kohaku merupakan ikan koi pertama yang diperkenalkan di Jepang yaitu pada akhir abad ke-19

Koi Taisho Sanshoku ini sangat mirip dengan kohaku, perbedaannya ialah pada tambahan warna hitam yang di jepang dikenal dengan istilan sumi. Ikan koi jenis Taisho Sanshoku ini pertama diperkenalkan pada tahun 1941 oleh salah seorang “breeder” ikan koi yang bernama Gonzo Hiroi pada saat kekaisaran Taisho. Beberapa kalangan menyebut ikan koi ini dengan istilah “Sanke”.

Koi Showa Shansoku atau Showa Sanke adalah ikan koi berwarna hitam dengan marking merah (hi) dan putih atau shiroji dalam bahasa jepang. Koi ini pertama diperkenalkan pada tahun 1927 pada saat kekaisaran Showa. Jenis koi Showa Sanshoku ini sering disebut dengan nama “Showa” saja. Untuk jenis ikan Showa yang memiliki marking warna putih yang lebih banyak dibanding showa biasa disebut Kindai Showa. Jenis Kindai Showa ini sangat mirip dan sulit dibedakan dengan Taisho Sanke

Ikan Koi Tancho ini adalah jenis ikan koi yang memiliki marking merah yang terpisah di bagian kepala. Jenis ikan koi tancho yang cukup dikenal diantaranya Tanchō Showa, Tancho Sanke, atau Tancho Goshiki.

Koi Chagoi adalah koi “tea-colored”, jenis koi chagoi memiliki warna mulai dari warna hijau zaitun muda atau coklat hingga tembaga atau perunggu. Ikan koi jenis Chagoi ini dikenal sebagai ikan koi berukuran besar yang jinak dan ramah, sering juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan untuk para pemiliknya.

Koi Asagi adalah jenis ikan koi dengan warna biru muda dibagian ataa dan merah dibagian bawah, tetapi juga kadang warnanya kuning pucat atau warna krem,biasanya dibawah garis lateral pada badan ikan dan pada pipi. Kata Asagi sendiri dalam bahasa Jepang berarti biru kehijauan, warna daun bawang, atau indigo.

Koi Utsurimono adalah jenis ikan koi dengan warna dasar hitam dengan marking putih, merah atau kuning dengan pola warna belang seperti zebra. Yang pertamakali dikenal ialah ikan koi utsurimoto dengan warna dasar hitam dengan marking berwarna kuning. yang mulai dikenal sejak abad ke 19 yang dinamai Kuro ki madara tetapi kemudian lebih dikenal dengan nama Ki Utsuri yaitu nama yang diperkenalkan oleh Elizaburo Hoshino seorang “breeder” koi. Varian atau jenis koi yang berwarna merah dinamai Hi Utsuri dan yang bermarking putih dinamakan Shiro Utsuri. Kata Utsuri sendiri artinya ialah memindahkan/menyalin (karena marking hitam ini mengingatkannya pada noda tinta). Secara genetis ikan koi utsurimono, tetapi pada koi utsurimoto ini tidak memiliki pigmen warna merah pada koi Shiro Utsuri atau pigmen putih pada koi Hi Utsuri / Ki Utsuri.

Koi Bekko adalah jenis ikan koi dengan warna dasar putih, merah atau kuning dengan marking atau pola warna berwarna hitam (sumi). Kata bekko sendiri dalam bahasa Jepang ialah berarti cangkang kura-kura. Untuk warna dasar putih disebut dengan Shiro beko, warna merah disebut Aka Bekko dan warna kuning disebut dengan nama Ki Bekko. Jenis koi ini sering susah di bedakan dengan jenis koi utsuri.

Koi Goshiki adalah ikan koi dengan warna dasar gelap dengan warna merah dengan pola warna Kohaku-hi. Arti goshiki ini dalam bahasa Jepang adalah “lima warna”. Penampilannya mirip dengan ikan koi jenis Asagi It appears similar to an Asagi, dengan atau tanpa hi dibawah garis lateral dan pola warna kohaku hibelow the lateral line and a Kōhaku Hi diatas sisik. Warna dasar ikan mulai dari hitam sampai warna biru langit.

Koi Shusui ini secara bahasa berarti “hijau musim gugur”. Ikan koi Shūsui diperkenalkan pada tahun 1910 oleh Yoshigoro Akiyama, dengan mengawin silangkan ikan koi Asagi dengan German mirror carp yaitu jenis ikan mas memiliki bentuk badan lebih pendek dan bulat dengan perut yang lebih gendut dan hampir tanpa sisik. Jenis ikan koi shusui ini tidak memiliki sisik, kecuali satu baris sisik saja pada bagian atas dekat sirip atas yang memanjang dari kepala hingga ekor. Kebanyakan ikan koi shushi ini memiliki warna pucat, biru langit, abu-abu di atas garis lateral pada ikan dan warna merah atau oranye(walaupun sangat jarang kuning cerah) dibawah garis lateral ikan dan pada bagian pipi.

Koi adalah jenis ikan koi dengan sisik metalik (glittering, metal-flake-appearing). Arti Kin Ginrin sendiri adalah sisik emas dan perak. Ginrin ini muncul pada semua jenis dari koi dan penampilannya cukup cantik.

Koi Kawarimoto adalah jenis koi yang tidak masuk ke dalam kategori yang lain. Terutama pada saat kompetisi atau kontes koi. Nama lain dari Kawarimoto ialah kawarigoi.

Koi Ogon adalah jenis ikan koi dengan sisik metalik yang hanya memiliki satu warna saja (hikarimono). Yang paling banyak dikategori koi ogon ini adalah koi ogon dengan warna emas, platinum, dan oranye. Ikan koi jenis Ogon yang berwarna krem sangatlah langka. Ikan koi jenis ogon ini dikembangkan oleh Sawata Aoki pada tahun 1946 yang indukannya berasal dari ikan mas yang ia tangkap pada tahun 1921.

Koi Kumonryu adalah jenis ikan koi yang secara harfiah berarti naga dengan sembilan tato adalah jenis koi dengan warna dasar hitam dengan sisik-doitsu dan marking putih “curly”. Pola warna ini diibaratkan lukisan naga ala Jepang. Ikan koi kumonryu dikenal dengan perubahan warnanya seiring dengan perubahan musim. Di kompetisi koi ikan koi Kumonryu berkompetisi pada kategori Kawarimono.

Koi Ochiba adalah jenis ikan koi dengan warna biru muda atau abu-abu dengan pola tembaga, perunggu atau kuning(gaya kohaku) diibaratkan daun yang jatuh pada musim gugur diatas air. Ochiba sendiri dapat diartikan dengan daun yang jatuh.

Koi Koromo adalah jenis ikan koi dengan dasar warna putih dengan pola warna koi kohaku dengan dengan sisik berwarna biru atau hitam hanya disekitar pola hi nya. Jenis koi Koromo ini muncul pada sekitar tahun 1950 dan merupakan hasil perkawinan antara koi Kohaku dan Asagi. Yang paling banyak dan umum dipasaran ialah jenis koi Ai Goromo, yaitu koi goromo yang berwarna seperti koi kohaku hanya tiap sisik berwarna merah memiliki warna hitam dan biru di ujung sisiknya. Yang lebih jarang ditemui ialah jenis koi Budo-Goromo, yang memiliki warna lebih gelap pada ujung pola hi sehingga membentuk kesan seperti buah anggur. Yang lebih jarang lagi ialah Tsumi Goromo yang memiliki warna lebih gelap bahkan nyaris hitam pada ujung sisik pada pola warna ikan.

Koi Hikari-moyomono adalah jenis ikan koi dengan marking berwarna diatas ikan koi dengan warna dasar metalik atau dua warna metalik.

Koi Kikokuryu ini adalah jenis ikan koi merupakan versi koi metalik dari ikan koi jenis Kumonryu. Kikokuryu ini artinya adalah “berkilau” atau “naga hitam yang berkilau”.

Koi Kin-Kirokuryu secara harfiah berarti “naga hitam bersinar emas” atau “naga hitam yang berkilau emas” merupakan jenis koi versi metalik dari ikan koi jenis Kumonryu dengan pola Kohaku-hi dikembangkan oleh Mr. Seiki Igarashi di kota Ojiya. Paling tidak sedikitnya terdapat enam jenis sub varian dari jenis koi kin-kikokuryu.

Koi Ghost adalah jenis ikan koi hibrid (perkawinan silang) antara ikan koi jenis ogon dengan ikan mas yang memiliki sisik berwarna metalik, ikan koi ini oleh sebagian orang tidak dimasukkan kedalam jenis ikan koi nishikigoi.

Koi Hirenaga adalah jenis ikan koi hibrid hasil persilangan ikan karper asia dengan ikan mas bersirip panjang. Variasi warnanya sangat ditentukan oleh jenis yang dikawinkan. Beberapa kalangan tidak memasukkannya ke dalam kelompok ikan koi nishikigoi.

Koi Doitsu adalah jenis ikan koi yang dihasilkan dengan mengawinsilangkan banyak jenis ikan koi yang berbeda dengan jenis ikan mas German Carp(karper dari Jerman) yang tidak memiliki sisik kecuali hanya satu baris saja sisik dibagian atas.

Referensi

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *