Jenis Jenis Ikan Oscar, Ikan Predator dari America Utara

Ikan Oscar atau Oskar ini adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang termasuk ke dalam family Cichlid dari benua Amerika (American Cichlid). Memiliki nama latin Astronotus ocellatus ikan oskar memiliki habitat asli di sungai-sungai Amerika utara mulai dari negara Peru, Ekuador, Kolumbia, Brazil, dan French Guiana, juga disepanjang cekungan sungai Amazon. Ikan Oscar termasuk ke dalam jenis ikan predator yang rakus.

Walaupun ikan oscar ini sebenarnya hanya satu spesies saja tetapi ada beberapa variasi bentuk dan warna untuk jenis ikan oskar ini. Yang paling banyak terdapat dipasaran adalah ikan oscar jenis oscar biasa, tiger oscar, red oscar dan albino.

Lalu apa saja jenis ikan oscar ini ? berikut diantaranya:

  • Tiger Oscar
  • Red Oscar
  • Oscar biasa (alias Oscar liar)
  • Albino Tiger Oscar
  • Albino Tiger Oscar
  • Albino Red Oscar
  • Lutino Oscars
  • Lutino Tiger Oscar
  • Lutino Red Oscar
  • Sunshine Lemon Oscar
  • Golden Oscar

Tiger Oscar dipercaya merupakan hasil dari selective breeding dari Red Oscar dengan Oscar biasa dan “memperbaiki” strain/jenis yang dihasilkan.

(Memiliki warna dasar gelap dengan sebagian besar warna orange/merah di tubuhnya.)

Red Oscar adalah strain baru yang di hasilkan oleh Charoen Pattabonge, seorang pengusaha ikan dari Thailand, ia menyadari bahwa beberapa ikan oskar yang dikirim kepadanya memiliki warna merah yang menyolok dan ini tidak biasanya. Akhirnya ia mulai mengembangkan strain baru yang sekarang kita kenal dengan nama “Red Oscar”.

Jenis Red Oskar ini mulai dikenal sejak tahun 1969. Salah satu karakter yang membedakannya dengan yang lain adalah bahwa jenis ikan oscar ini tidak memiliki eyespot/bulatan pada pangkal ekornya.

(Memiliki warna dasar gelap dengan setrip berwarna lebih muda berwarna kuning, abu-abu atau hijau pucat dengan sedikit warna oranye.

(Memiliki warna dasar putih atau cerah dengan garis berwarna merah atau oranye)

Untuk oscar Albino sebaiknya lampu tidak terlalu terang karena ikan albino cenderung sensitif terhadap cahaya yang terlalu terang

Memiliki warna dasar putih atau cerah dengan badan sebagian besar berwarna merah atau oranye.

Oskar lutino ini mirip dengan Oskar “albino”, hanya saja memiliki warna yang lebih gelap biasanya pada sirip dan mata. Jenis Oskar Lutino terdiri dari red & tiger. If you have an Oscar displaying any black coloration, in the eyes or fins, but otherwise looks like an Albino, it is a Lutino. Oskar Albino tidak dapat memproduksi pigmen warna hitam, coklat atau hijau.

(Memiliki warna dasar putih atau cerah dengan garis oranye dan memiliki sedikit campuran warna coklat/abu pada sirip dan tubuhnya)

jenis ikan oscar

(Memiliki warna dasar putih atau cerah dengan warna orange ditubuhnya dengan warna coklat/abu pada siripnya.)

jenis ikan oscar

Varietas Yang lain

(Mirip dengan oscar Red, tetapi warnanya lebih ke kuning/emas dibanding merah atau oranye)

Jenis Red oscar dengan warna merah merona

Ikan Oscar juga telah menjadi korban pewarnaan. Proses ini akan melemahkan ikan sehigga ikan akan lebih rentan terhadap penyakit dan memperpendek masa hidupnya. Dan warna yang di injek juga akan memudar dan pada akhirnya ikan akan kembali menjadi warna aslinya yaitu albino/lutino yang harganya jauh lebih murah.

(“albino” or lutino red/tiger oscars dyed blue)

(“Albino” atau lutino merah / tiger oscar yang diwarnai merah / pink) Jenis ini tidak jarang ditemukan seperti halnya oscar “blueberry”. Juga, beberapa oscar albino / lutino secara alami memiliki warna dasar merah muda / peach, namun pada oscar yang diwarnai, warna tidak akan terlihat padat atau merata.)

Selain dengan varietas warna yang berbeda, ikan oscar juga telah dikembankan melalui selektif breed untuk membentuk tubuh / sirip yang berbeda

(Memiliki sirip dan ekor yang lebih panjang dari pada yang biasa.)

(Miliki tubuh yang lebih pendek dari biasanya) Ini relatif jarang dan dalam banyak kasus, oscar dengan tubuh yang lebih pendek dari normal sebenarnya pertumbuhannya terhambat dan cacat karena ikan berada dalam kondisi buruk dan bukannya dikembangbiakkan secara selektif. Sebaiknya berhati-hati dalam membeli oscar shortbody.

Ada juga 2 spesies lain yang termasuk genus Astronotus. Ini bukan oscar, tapi hubungan mereka erat dan terlihatmirip. Mereka juga sangat jarang ditemukan di pasaran. Ada beberapa perdebatan mengenai apakah ini dua spesies yang berbeda atau sama.

Ikan oscar ini bisa tumbuh hingga sekitar 25 cm. Ikan oscar ini termasuk ikan yang rakus dan tidak segan menelan ikan lain yang berukuran kecil dan masuk ke mulutnya. Ikan oscar ini termasuk ikan yang toleran terhadap sejenisnya dan dapat dipelihara dalam kelompok kecil yang terdiri dari 2-5 ekor apabila ukuran akuarium cukup besar. Walaupun terkadang ada beberapa kasus bahwa ikan oscar berlaku agresif terhadap temannya itu karena kepribadian ikan itu tidak selalu sama.

Penyakit yang sering menyerang ikan oscar ini adalah hith (hole in the head) yaitu munculnya lubang putih bulat di bagiah kepala ikan. Penyakit ini disebabkan karena kualitas air yang tidak baik mungkin saja disebabkan sistem filtrasi atau filter air kurang baik. Oleh karenanya disarankan untuk menjaga kualitas air dengan sistem filtrasi air yang baik dan penggantian sebagian rutin air akuarium sebanyak 10-15 persen tiap 1 atau 2 minggu sekali tergantung dari jumlah ikan dan jumlah makanan yang diberikan. Semakin banyak makanan diberikan semakin cepat air berkurang kualitasnya dan harus diganti.

Ikan ini termasuk omnivora namun kecenderungan sebagai ikan predator, di alam liar ikan oscar ini menjadikan ikan kecil, udang, larva serangga kecil sebagai menu utama makanan mereka.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *