Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat Hidup

Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat Hidup

Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat Hidup

Banyak pemancing yg khusus menargetkan ikan nila sebagai buruannya, mereka memakai banyak sekali jenis umpan disharmoni, tergantung berdasarkan loka hayati ikan nila tadi. Ikan nila liar biologi pada sungai, danau, rawa

Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat HidupIkan nila

Nila hidup di sungai, danau, waduk, kolam dan keramba

Memancing nila liar yang hidup di bebas terbiasa memakan apa yang ada di alam, maka umpan yang cocok tentunya memakai yang alami.

Sungai arus deras

Ikan nila menyukai perairan yang berarus pelan, akan tetapi terkadang bisa di temukan di arus deras. Karena berusaha mencari makan yang hanya ada di arus deras.

Baca: memilih lumut umpan mancing

Lumut watu terbukti ampuh

trik memancing umpan lumut racikan

Memancing nila liar di sungai

Lumut batu

Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat HidupLumut batu

Lumut batu sangat di sukai ikan nila, ketika musim kemarau dan air menjadi jernih, tumbuhan dengan hidup menempel di batuan sungai yang berarus deras. sehingga ikan nila bisa juga di temukan di sini.

Udang kecil

Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat HidupUdang Kecil

Tumbuhan lumut batu yang tumbuh di arus air yang bening dan berarus, juga rumah dan tempat berkembang biak udang kecil, yang menjadi makanan kesukaan ikan nila.

Uler padas

Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat HidupUler padas

selain udang yang suka bersarang di lumut batu, di sini juga terdapat uler padas yang juga di sukai ikan nila, mencari uler padas bisa dengan memecahkan tenah yang keras berlubang-lubang.

Sungai berarus pelan

Sungai yang berarus pelan, merupakan tempat tumbuhnya jenis-jenis lumut dan tumbuhan air lainnya. memancing di tempat ini bisa menngunakan umpan:

Lumut lembut hijau

Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat HidupLumut lembut / halus

Lumut hijau yang bersih sangat di sukai ikan nila, lumut ini  biasa hidup di air yang jernih yang airnya mengalir, maka memancing  memakai umpan lumut yang bersih, lebih mudah mendapatkan ikan dari pada memakai umpan lumut yang kotor.

Lumut kasar hijau

Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat HidupLumut Jala

Ada yang menyebut jenis lumut ini dengan nama lumut jala, ciri utamanya adalah dia terasa kasar dan kasat ketika di angkat ke air, pilihlah lumut jala yang hijau dan panjang, karena ini yang terbaik untuk umpan mancing nila di sungai berarus pelan.

waduk, danau dan  rawa-rawa

waduk, danau dan rawa-rawa merupakan rumah dan tempat berkembang biak banyak ikan, tempat ini juga banyak di jadikan tempat budidaya ikan dengan model keramba jaring. sehingga ikan yang hidup di tempat ini, terbiasa memakan sisa-sisa makanan pelet, yang tercecer ketika petani memberi makan piaranya di karamba. sehingga umpan memancing yang di gunakan di tempat ini, berupa umpan alami dan racikan atau campuran dari  keduanya.

Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat HidupSpot Rawa-rawa

Umpan alami

  1. Lumut
  2. cacing.
  3. kroto
  4. udang
  5. dll
Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat HidupUmpan Cacing

pemancing biasanya memakai rangkaian tunggal, karena ketika ikan nila memakan umpan bisa langsung nyangkut di mata kail, memakai umpan ini menggunakan teknik pelampung dan dasaran.

Umpan racikan atau buatan

seperti yang telah di sebutkan di atas, ikan nila juga biasa memakan sisa pelet, sehingga memakai umpan ini juga ampuh dan jitu, cara membuat umpan racikan buat mancing nila:

Bahan :

  1. 250 g tepung roti.
  2. 500 g tepung tapioka.
  3. 1 kg udang rebon , cuci dan jemur hingga kering.
  4. 2 ekor ikan kembung yang telah di kukus.
  5. 3 butir telur bebek.
  6. 5 sachet vanili. atau esen pandan

Cara membuat :

Campurkan tepung roti dan tapioka, masukan telur bebek dan vanili kemudian aduk hingga rata, haluskan udang rebon kering , dan campurkan dengan racikan umpan tersebut, masukan ikan kembung yang telah di kukus , aduk hingga rata, terakhir kukus adonan umpan tadi hingga matang . umpan siap di gunakan

Demikian Jenis-Jenis Umpan Nila Yang Sesuai Dengan Tempat Hidup, semoga artikel ini bermanfaat.