Jenis Tali Pancing Yang Tepat, Cara Memilihnya?

Jenis Tali Pancing Yang Tepat, Bagaimana Memilihnya – Ratusan merek tali pancing, jenis, ukuran, diameter, properti, dan alat pengukur yang berbeda (uji pon) dapat membuat pemilihan sama sulitnya dengan memilih makanan pembuka yang sempurna dari menu setebal satu inci di restoran asing. Namun, tali pancing dapat dipecah secara logis sesuai dengan kegunaan atau penerapannya pada jenis penangkapan ikan tertentu. Setiap jenis Tali Pancing memiliki karakteristik khusus yang memungkinkan pemancing mencapai tujuan berbeda dalam olahraga mereka. Menentukan spesies target, gaya memancing, habitat, umpan dan umpan, serta keterampilan pemancing semuanya memengaruhi pemilihan Tali Pancing terbaik untuk pekerjaan itu.

Dari sendok trolling untuk tombak besar dan kepala baja; ke jighead jigging yang dalam untuk zander dan mulut kecil; untuk mengerjakan katak air atas atau umpan pemintal untuk bass; Terdapat jalur khusus yang membantu pemancing mendapatkan hasil terbaik. Pada dasarnya, ada tiga jenis tali pancing yang digunakan oleh pemancing nasional saat ini: monofilamen, kepang, dan fluorokarbon. Ada pro dan kontra untuk setiap jenis Tali Pancing, dan masing-masing memiliki banyak penggemar. Pemancing sangat menyukai pilihan Tali Pancing mereka, yang dirinci di sini.

Bagaimana Memilih Jenis Tali Pancing Yang Tepat

Tali Pancing Monofilamen

"<yoastmark

Tali Pancing Monofilamen telah menjadi Tali Pancing standar bagi jutaan pemancing selama lebih dari setengah abad. Bahkan saat ini, mono murah menawarkan nilai uang yang sangat baik. Ini bekerja dengan baik dengan pemintalan atau plug tackle dan mudah untuk dimanipulasi dan mengikat simpul.

Mengapa Hebat

Karena Mono meregang di bawah tekanan, ia bisa sangat “memaafkan” saat melawan ikan besar. Namun, dibutuhkan satu set kail yang kokoh dengan mono untuk mengarahkan kail jauh ke dalam ikan atau ikan bermulut keras seperti kesturi. Mono lebih lembut daripada fluorocarbon dan beberapa pemancing percaya itu lebih memaafkan abrasi daripada Tali Pancing fluorocarbon karena mono “memberi” daripada lecet saat bersentuhan dengan penutup. Namun, beberapa nelayan mengatakan bahwa fluorocarbon memiliki ketahanan abrasi yang lebih baik karena “keras” dibandingkan dengan monofilamen yang lebih lemas.

Simpul diikat dengan baik dengan mono dan rapikan dengan gunting untuk sambungan yang mulus. Dalam pengujian yang lebih ringan, di bawah sekitar 10 pound, Mono adalah pilihan sebagian besar pemancing karena mudah melempar umpan ringan dengan peralatan pemintal dan mudah untuk bermanuver saat memasang kait, pemberat, carabiner, dan putar.

Masalah dengan Tali Pancing monofilamen

Tali Pancing monofilamen memiliki “perpanjangan” yang signifikan. Ini dapat bermanfaat bagi beberapa pemancing dan pemancing, tetapi hal itu menyebabkan hilangnya rasa umpan dan beberapa pemancing kesulitan melihat pukulan ringan. Mono-stretch juga membutuhkan upaya pengaturan kail yang kuat dari pemancing untuk mendorong duri jauh ke dalam mulut ikan. Kelemahan lain adalah bahwa monofilamen terpelintir, menyebabkan berbagai masalah pengecoran dan pengambilan. Tali Pancing monofilamen bengkok bisa menjadi masalah yang sangat menyusahkan saat memancing umpan karena goyangan dan goyangan yang melekat. Penempatan swivel yang tepat dalam mono yang dekat dengan umpan dan umpan dapat mengurangi lilitan Tali Pancing, tetapi swivel terlihat oleh ikan yang menakutkan di air jernih.

Bagaimana dan mengapa pemancing top menggunakan mono

Ada banyak kegunaan monofilamen dan telah ada selama beberapa dekade, banyak pemancing papan atas telah menerimanya dengan sepenuh hati, seperti nelayan veteran Jake Markris dari Fairhope, Alabama. Saya kira saya paling sering menggunakan mono line karena saya tumbuh dengan itu. Saya tidak pernah merasa dirugikan bahkan ketika kepang diperkenalkan. Tentunya jalinan memiliki banyak keunggulan, seperti: B. tidak ada regangan, set kait yang lebih baik, lebih sensitif, umur lebih panjang, dll. Saya tidak setuju dengan semua ini, Saya selalu merasa jika tidak rusak mengapa memperbaikinya.

Saya katakan bahwa monofilamen sangat murah, dapat dipasang dan dilepas dengan lancar dan membuatnya lebih mudah untuk mengikat simpul dengan cepat. Montanan Jim Kalkofen lebih memilih monofilamen dalam tes ringan untuk memancing ikan trout coklat dengan umpan kecil dan juga untuk memancing pan. Lebih mudah untuk melempar jauh dengan umpan monofilamen ringan. Kalkofen juga memilih monofilamen saat jigging dalam, umpan jenis Rapala, dan ikan kecil menggigil moonshine yang menurutnya menawarkan sambungan yang lebih baik dan lebih banyak zander di kapal.

Tali pancing dikepang

"<yoastmark

Tali pancing yang dikepang telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir karena perbaikan yang relatif baru yang menghasilkan ketahanan abrasi yang tinggi, diameter per pengujian yang sangat halus, dan karakteristik pengecoran yang sangat baik.

Mengapa Tali Pancing yang dikepang itu bagus

Mungkin manfaat terbesar Braids adalah hampir tidak ada peregangan dan karena itu sangat sensitif – menjadikannya pilihan utama untuk memancing di laut dalam dan untuk ‘merasakan’ gigitan ikan terkecil. Namun, tidak ada bentangan yang bisa merugikan saat pemancing menjuluki ikan yang bisa menjepret atau meluruskan kail sehingga mengakibatkan kerugian.

Cacat pada Tali Pancing yang dikepang

Ini lebih mahal daripada monofilamen, dan sulit untuk mengikat simpul dengan baik karena kepangan cenderung tergelincir. Banyak simpul siaga lama yang bekerja sangat baik dengan monofilamen, seperti Simpul Clinch yang Ditingkatkan dan Simpul Darah, tidak akan bertahan dalam Tali Pancing yang dikepang. Fitur lain dari jalinan adalah perlu dipotong dengan gunting saat dipangkas setelah simpul. Gunting kuku tidak akan memotong kepangan.

Braid bisa menjadi anugerah pada tes berat 20, 40, dan 80 pon atau lebih. Tetapi dalam pengujian yang sangat ringan, di bawah sekitar 10 pon, diameternya sangat halus sehingga sulit bagi sebagian orang untuk menangani dan melempar. Terakhir, sebagian besar pemancing merasa perlu menggunakan kaitan kait monofilamen atau fluorokarbon antara jalinan dan kait agar ujungnya lebih tidak terlihat oleh ikan. Ini juga membantu menghindari kusut pada jepretan, putaran, dan cincin pengait yang terbelah.

Bagaimana dan mengapa pemancing top menggunakan Braid

Saya menggunakan kepang Sufix 832 dengan pemimpin fluorocarbon untuk sebagian besar aplikasi memancing di air jernih. Untuk memancing drop shot di perairan jernih di Timur Laut, saya menggunakan kepang seberat 6 atau 8 pon dengan kait fluorocarbon Seaguar “Invizx” seberat 8 pon. Untuk sebagian besar aplikasi kemahiran lainnya dalam memancing bass Timur Laut, Zaleski menggunakan kepang 10lb dengan pemimpin fluorokarbon 8lb hingga 12lb tergantung pada umpan dan penutup yang dia kerjakan. Sebagai umpan pemintal dan untuk membalikkan tumbuhan, Zaleski menggunakan kepang seberat 20 pon tanpa pemimpin.

Untuk pukat topwater dan pemancingan bawah. Saya lebih suka kepang seberat 30 pon dengan kait kait monofilamen seberat 20 atau 25 pon. Saya ingin pemimpin mundur sedikit dalam situasi ini. Salah satu alasan utama dia sering menggunakan Tali Pancing kepang adalah karena hal itu meningkatkan “rasa” saat bekerja dengan umpan dan umpan – terutama di perairan dalam. Dia menghubungkan ini dengan diameternya yang halus dan kurangnya regangan.

Tali Pancing Fluorokarbon

"<yoastmark

Senar pancing fluorocarbon adalah produk yang relatif baru yang telah meningkat secara dramatis selama bertahun-tahun. Harganya juga turun dari stratosfer.

Mengapa Fluorocarbon Hebat

Mirip dalam desain dengan monofilamen karena diekstrusi dalam satu untai. Hampir tidak terlihat bahkan dalam air yang sangat jernih saat cahaya melewatinya. Karena itu, pemancing dapat menggunakan Fluorocarbon dalam uji pon yang lebih berat daripada Tali Pancing lain yang lebih terlihat. Sementara fluorocarbon membentang, ia memiliki regangan yang lebih sedikit daripada mono untuk memancing praktis – meskipun lebih tangguh daripada tali kepang. Ini tangguh dan tahan abrasi. Versi fluorocarbon yang lebih baru tidak sekaku saat pertama kali memasuki pasar ikan, membuatnya lebih cocok untuk menggulung gulungan. Tidak seperti mono, fluorocarbon tidak menyerap air.

Defisiensi Silsilah Fluorokarbon

Kerugian dari fluorocarbon adalah sulit untuk mengikat beberapa simpul karena lebih kaku daripada mono atau jalinan. Selain itu, ia tenggelam lebih cepat daripada mono, jadi ini bukan pilihan terbaik untuk umpan permukaan. Tapi fluorocarbon era baru dengan cepat mendapatkan dukungan dari banyak pemancing top.

Bagaimana dan mengapa pemancing top menggunakan Tali Pancing fluorocarbon

Fluorocarbon telah menjadi lini serba guna nomor satu saya. Ini floppy dan dapat dilemparkan ke baitcaster saya sambil tetap mempertahankan banyak daya dan ketahanan abrasi. Itu juga merupakan Tali Pancing paling jelas di planet ini dengan indeks bias nol. Itu berarti itu adalah hal yang paling dekat dengan transparansi selain air.

Stokes mengatakan dia menggunakannya hampir secara eksklusif untuk trolling dan suka tenggelam dan menyimpan umpan lebih dalam di kolom air. Saya sering memancing crappie dengan jig dan crankbait, dan fluorocarbon banyak membantu. Kami menggunakan uji 6lb untuk trolling crappie dan 10lb uji troll untuk hampir semua hal lainnya. Kami kadang-kadang mengalami Tes seberat 14 atau 17 pon saat mengangkut striper atau hibrida besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *