Jenis Umpan Pancing Yang Paling Umum

Jenis Umpan Pancing Yang Paling Umum – Jika Anda pernah menggunakan umpan pancing untuk menangkap ikan, Anda tahu seberapa efektif umpan tersebut. Bagi anda yang belum pernah, umpan pancing merupakan salah satu jenis umpan pancing buatan yang digunakan untuk menarik ikan. Umpan datang dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna, masing-masing dirancang untuk menarik spesies ikan tertentu. Tentu saja, apa yang berhasil untuk satu ikan belum tentu berhasil untuk yang lain. Jadi bagaimana Anda tahu umpan pancing mana yang digunakan? Hari ini kita akan memeriksa jenis umpan pancing yang paling umum dan kegunaannya. Setelah membaca ini, Anda akan dapat mencapai batas Anda dalam waktu singkat!

Menggunakan umpan ikan adalah alternatif yang paling umum untuk umpan hidup. Sebelum kita masuk ke berbagai jenis umpan mancing, mari kita lihat beberapa pro dan kontra menggunakannya dibandingkan dengan menggunakan umpan hidup.

 

Keunggulan dari umpan pancing adalah :

  • Anda bisa melempar lebih jauh dengan umpan daripada dengan umpan hidup
  • Menggunakan umpan tidak terlalu berantakan dibandingkan menggunakan umpan hidup
  • Umpan lebih baik untuk ditangkap dan dilepaskan karena ikan lebih kecil kemungkinannya untuk menelan seluruh kail
  • Umpan memungkinkan Anda menargetkan spesies dengan lebih akurat
  • Umpan mudah dipertukarkan

 

Kerugian menggunakan umpan memancing adalah:

  • Umpan umumnya lebih mahal daripada umpan hidup
  • Umpan dapat tersangkut di struktur bawah air
  • Menggunakan umpan mengharuskan Anda untuk terus-menerus memindahkannya untuk menarik perhatian ikan
  • Beberapa umpan memerlukan keterampilan untuk digunakan secara efektif, sehingga lebih sulit bagi pemula
  • Umpan tidak seefektif umpan di perairan yang lebih dingin

Jika digunakan dengan benar, umpan pancing bisa menjadi sahabat terbaik Anda. Sama efektifnya di air tawar dan air asin, mereka dapat digunakan untuk menangkap berbagai jenis ikan. Tentu saja, ada banyak jenis umpan pancing. Beberapa yang paling umum digunakan adalah:

Jenis Umpan Pancing Yang Paling Umum

Steker

Steker
Steker

Colokan, atau crankbait, adalah umpan pancing plastik keras yang dibentuk dan diwarnai menyerupai ikan umpan atau mangsa lainnya. Mereka terdiri dari sepotong plastik padat atau berongga dengan lembaran tipis logam atau plastik yang menempel di bagian depan. Daun ini disebut bibir. Bibir terkadang bisa disesuaikan untuk membuat umpan bergoyang. Colokan memiliki dua atau tiga kembar tiga. Bergantung pada desainnya, wobbler bisa berenang, tenggelam, menyelam, atau melayang.

 

Memancing dengan goyah

Sebagian besar umpan mengapung di permukaan air atau mengambang di air, tetapi menukik tajam saat digulung. Anda dapat memanfaatkan ini dengan serangkaian gerakan reel-and-stop yang menyerupai perilaku ikan umpan hidup. Ubah interval kedutan dan kecepatan roll-up Anda untuk variasi.

 

Jig

Jig
Jig

umpan ini memiliki kepala berbobot di satu sisi dan pengait di sisi lainnya. Jig, yang memiliki rok bulu atau lubang plastik, secara luas dianggap sebagai salah satu jenis umpan pancing yang paling populer. Karena beratnya, jig mudah tenggelam. Ini membuatnya ideal untuk pengumpan bawah.

 

Memancing dengan umpan jigging

Untuk memanfaatkan bobot jig, lemparkan dan biarkan tenggelam ke dasar. Anda akan tahu jig Anda telah tenggelam segera setelah Anda melihat garis kendur. Jika ini terjadi, mulailah melakukan jigging: angkat joran Anda (sedikit) ke atas lalu ambil tali sambil menurunkannya lagi. Bereksperimenlah dengan berbagai kecepatan dan gerakan besar dan kecil untuk melihat mana yang terbaik. Awasi tali pengikatnya – gesekan dapat menyebabkan tarikan sekecil apa pun.

 

Spinnerbait

Spinnerbait
Spinnerbait

Umpan spinnerbait sedikit berbeda karena bergerak horizontal di dalam air. Mereka datang dalam berbagai bentuk dan warna tergantung pada kedalaman dan spesies target. Spinnerbaits memiliki pengait bercincin di satu sisi dan satu atau lebih bilah logam di sisi lain yang berputar seperti baling-baling. Memutar bilah menciptakan getaran dan pantulan warna yang cukup mirip dengan ikan kecil dan ikan umpan lainnya. Umpan ini sangat cocok untuk menangkap spesies seperti bass, hinggap dan pike.

 

Memancing dengan lure spinnerbait

Jika air tempat Anda memancing keruh, menarik spinnerbait tepat di bawah permukaan adalah cara yang bagus untuk menarik ikan buruan. Pisau pemintal menciptakan kilatan tiba-tiba yang menarik banyak ikan. Pegang saja batang Anda dan pastikan bilahnya berada di bawah permukaan. Jika ikan bersembunyi di perairan yang lebih dalam di mana jarak pandang lebih buruk, ini tidak akan berhasil. Dalam hal ini, tambahkan pemberat dan andalkan getaran umpan spinnerbait Anda.

 

Sendok

"<yoastmark

Sendok melengkung, umpan logam cekung. Umpan sendok mendapatkan namanya karena itulah aslinya – sendok dengan gagangnya dipotong. Bentuknya yang cekung membuatnya bersinar dan bergoyang saat bergerak di air. Semakin besar kurva, semakin lebar goyangannya. Umpan goyah mirip dengan ikan umpan yang terluka, dan ikan buruan tidak bisa menolaknya.

 

Memancing dengan iming-iming sendok

Anda bisa melempar umpan sendok atau menyeretnya. Untuk melempar, pemancing biasanya pergi 10 hingga 20 kaki di bawah zona target dan kemudian menarik umpan melewatinya. Perhatikan baik-baik sendok yang bergerak untuk menentukan kecepatan pengambilan yang sesuai. Jika sendok bergerak terlalu cepat atau terlalu lambat, sendok tidak akan bergoyang dengan baik. Hal yang sama berlaku untuk trolling. Troll sendok biasanya membutuhkan downrigger untuk mengatur kedalaman yang diinginkan.

 

Plastik lunak

Plastik lunak
Plastik lunak

Umpan plastik lunak adalah umpan karet fleksibel yang meniru berbagai kehidupan air. Ini bisa apa saja mulai dari ikan kecil, cacing dan udang karang hingga kadal dan katak. Plastik lunak biasanya digunakan untuk memancing bertengger.

 

Memancing dengan umpan Plastik

Pastikan untuk memilih ukuran dan warna plastik lunak yang tepat. Warna umpan harus menyatu secara alami dengan lingkungan. Gunakan umpan plastik yang berwarna lebih terang pada hari cerah, tetapi jangan gunakan saat langit mendung. Makhluk yang terluka cenderung berenang menyembur, dan plastik lunak memungkinkan Anda meniru gerakan ini dengan sangat cermat. Biarkan umpan tenggelam ke dasar dan gerakkan joran Anda beberapa kali. Jika Anda tidak mendapatkan kail, tarik umpan ke atas dengan beberapa gerakan tersentak-sentak.

 

Fly Fishing

"<yoastmark

Umpan ini biasa nya di gunakan untuk memancing tradisonal. Kareana perkembangan teknologi ada beberapa bahan baru yang dapat di gunakan. Umpan pancing terbang hanya terdiri dari satu kail dan rok. Umpan ini mengunakan bulu-buluan dan benang, kemudian di ikat menyerupai capung. Kemiripan ini bisa mengejutkan, ingatlah. Karena mengikat Fly Fishing tidaklah mudah – bahkan banyak yang menganggapnya sebagai bentuk seni. Tapi itulah salah satu alasan mengapa fly fishing begitu memikat dan membuat ketagihan bagi yang mencobanya.

 

Memancing dengan umpan terbang

Fly Fishing bekerja dengan baik di area di mana ikan berada dekat dengan permukaan air. ada umpan yang mengapung dan ada yang tengellam. Bergantung pada jenis mangsa apa yang lebih mungkin dimakan oleh ikan target Anda, gunakan Fly Fishing kering , Fly Fishing basah , nimfa, Fly Fishing muncul, dan Fly Fishing pita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *