Joran Dan Reel Untuk Teknik Mancing Fly Fishing

( KFC ): Setelah kemarin admin menginformasikan perihal Kenali 4 Jenis Reel Untuk Mancing  kali ini akan di lanjut pembahasannya perihal salah satu peralatan dan teknik mancing yang jarang di gunakan di indonesia yaitu Joran Dan Reel Untuk Teknik Fly Fishing.  Peralatan dan teknik yang satu ini masih terlalu awan untuk kalangan angler di negara kita ini, mungkin sebab selain masih sedikitnya ketersediaan perlengkapan juga masih jarang yang menggunakan teknik ini.

Untuk piranti mancing menggunakan teknik fly fishing tidak bisa sembarangan sebab piranti untuk teknik mancing yang satu ini sangatlah khusus, ia terdiri dari reel khusus fly fishing, fly rod,  line atau senar khusus fly fishing dan juga mata kail yang sudah di tying yang di sebut fly.

Setelah kemarin admin menginformasikan perihal Joran Dan Reel Untuk Teknik Mancing Fly Fishing Setelah kemarin admin menginformasikan perihal Joran Dan Reel Untuk Teknik Mancing Fly Fishing

FLY ROD

Fly rod memang di desain khusus untuk memancing dengan teknik melontarkan fly ( mata kail ) dengan teknik memanfaatkan momentum dari fly line ( senar pancing fly fishing ) untuk mengendalikan arah serta jarak target. Masing masing piranti fly rod yang baik haruslah di sesuaikan dengan fly line tertentu.

Menurut berita dari situs fly-fishing-colorado.com faktor utama yang sangat perlu diperhatikan dalam pememilihan fly rod ialah sebagai berikut:

  1. Budget atau dana – Banyak orang bilang harga tidak pernah bohong untuk menerima kwalitas suatu barang namun bagi pemula alangkah lebih baiknya membeli jenis rod combo demi untuk mengurangi biaya pengeluaran yang belum perlu sebab masih dalam tahap belajar.
  2. Garansi – Beberapa produsen perusahaan fly rod biasanya memperlihatkan lifetime garansi atau garansi seumur hidup.
  3. Fish Speciesatau Jenis Ikan –  Kenali jenis ikan target yang akan di pancing.! dan dimana spot mancing yang akan anda lakukan, di laut, sungai berarus, ataukah danau.?
  4. Fishing Distance atau Jarak Target – Ketahui berapa kira kira jarak pancing anda.! pada umumnya ikan bisa dipancing pada jarak 20ft ( kurang lebih 6 meteran ) dari posisi bangun kita. Pilihlah rod atau joran yang bisa melaksanakan overhead cast hingga 45ft atau kurang lebih 15 meter, sebab ini nantinya akan memenuhi kebutuhan mancing kita secara umum.
  5. Gender atau Jenis Kelamin – Dalam memilih fly rod atau joran untuk teknik fly fishing juga di pengaruhi dengan jenis kelamin sebab untuk pria dan wanita sangat berbeda, ini di pengaruhi oleh kekuatan umum yang ada pada pria dan wanita, fly rod untuk pria akan lebih panjang dari wanita. Adapun panjang rod pria biasanya 9ft ( 3 meteran ) sedangkan wanita 8ft hingga 8.5ft ( kurang dari 3 meter ).
  6. Casting Abilityatau Kemampuan– Seorang pemancing pemula, intermediate dan advanced tentulah memiliki kemampuan dan keahlian yang sangat berbeda maka kemampuan ini menentukan pemilihan pirantinya. Joran medium action cocok untuk pemula, intermediate hingga advanced. Sementara itu untuk joran fast action sangat cocok untuk pemancing tingkat advanced.
  7. Fly Lines – Dalam pemilihan fly rod harus juga di cocokkan dengan ukuran fly line yang di pakai.

FLY REEL

Teknik mancing fly fishing reel yang di pakai atau gunakan melekat di ujung bawah fly rod ( lihat gambar di atas ). Fly reel ini digunakan untuk memuat backing line dan juga fly line dan terkadang digunakan untuk mengendalikan ikan yang terpancing. Nah jikalau teman angler sekalian sering memancing menggunakan teknik mancing yang lain maka dikala melihat fly reel akan terkesan terlalu sederhana, banyak lobang disisi fly reel, ini memiliki kegunaan dalam mengurangi berat serta untuk mengeringkan air yang melekat pada fly line. Fly reel pada umumnya digunakan untuk memancing di freshwater namun ada juga yang dibuat untuk penggunaan di saltwater ( air asin ), perbedaannya hanya pada material yang digunakan. Drag sistem yang digunakan click and pawl system ( sistem sederhana ) hingga yang dapat diatur dragnya. Fly reelpun dibuat untuk beberapa ukuran yang diubahsuaikan dengan pemakaian fly line dan rodnya ( joran ).

Dalam memilih fly reel sebelum membeli sebaiknya dicoba terlebih dahulu, usahakan membeli fly reel bersamaan dengan membeli fly rod supaya anda bisa tahu keseimbangan rig nya. Jangan hingga reel yang di beli terlalu berat atau besar untuk rodnya sehingga ini akan menjadikan kehilangan keseimbangan dan mengurangi kenyamanan.

Demikianlah berita singkat tentang Joran Dan Reel Untuk Teknik Fly Fishing  semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Jadwal Pasang Surut Air Laut Tanjungpinang

Faktor Yang Sangat Berpengaruh Saat Mancing Di Laut

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *