Joran Untuk Memancing Tuna Terbaik

Tuna besar, Joran besar? Tidak, Anda tidak lagi membutuhkan Joran penyangga fiberglass yang berat dan kokoh untuk melawan tuna sirip kuning atau sirip biru yang besar – bukan dengan kemajuan terbaru dalam bahan bangunan. Tanpa diragukan lagi, joran full fiberglass sangat tahan lama, sedemikian rupa sehingga beberapa pemancing mungkin tidak akan pernah meletakkan Joran Untuk Memancing Tuna favorit mereka. Contoh populer termasuk Penn International V Stand-up, Calstar West Coast Series, Star Aerials, dan lainnya, meskipun penting untuk dicatat bahwa beberapa Joran kaca ini menggunakan konstruksi berongga atau tubular.

Tetapi karena gulungan konvensional di kelas 50 hingga 80 pon terus menyusut dan diameter jalinan super-line menyusut, tidak mengherankan jika stik tegak konvensional – Joran Untuk Memancing Tuna yang mungkin harus Anda genggam untuk pertarungan panjang – adalah menambah berat badan menurunkan dan memenangkan aksi. Beberapa Joran Untuk Memancing Tuna terbaik yang tersedia saat ini mungkin juga yang paling ringan.

Joran Untuk Memancing Tuna Terbaik

Konstruksi Joran Untuk Memancing Tuna

Konstruksi joran ikan tuna
Konstruksi joran ikan tuna

Dalam sepuluh tahun terakhir Joran komposit telah menang. Joran konstruksi fiberglass dan grafit menawarkan kekuatan serat kaca dan sensitivitas grafit, kata Mike Whitman, direktur pemasaran Joran Fin-Nor. Semua Joran kaca cenderung kurang halus dan jauh lebih berat dibandingkan dengan komposit, katanya. Produsen joran menggunakan terminologi yang membingungkan untuk menjelaskan beberapa campuran senyawa. “Kami mengatakan Joran grafit, tapi itu benar-benar serat karbon,” kata Chris Cathart, insinyur Joran utama di Penn. “Kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian.”

Grafit dan serat karbon sama-sama terbuat dari karbon, tetapi grafit terdiri dari atom karbon yang tersusun dan berlapis sebagai cincin heksagonal sedangkan serat karbon adalah rantai atom karbon. Serat karbon membantu membuat benda kerja yang sensitif dengan diameter lebih kecil dan aksi yang lebih baik. “Dengan Joran fiberglass yang lebih tua, garis utama mono akan meregang dan memberikan kelenturan pada pemancing selama pertarungan,” kata Cathart. “Garis super yang dikepang hari ini tidak memiliki regangan, jadi diperlukan peningkatan aksi pada Joran.”

Produsen pancing tuna terkemuka memproduksi joran tegak tradisional dengan campuran komposit grafit dan kaca, termasuk Tidal PowerLite dari Fin-Nor, Bluewater Carnage dari Penn, dan Terez dari Shimano. “Grafit di Joran menjaga bobot keseluruhan tetap rendah sementara kaca memberikan daya tahan,” kata Robby Gant, manajer produk di Shimano. “Joran tinggi ringan dengan Joran yang mengandung terlalu banyak grafit dan akan meledak, sementara terlalu banyak kaca dan Anda memancing dengan Joran yang terlalu berat.” Bahan komposit dan menemukan bahwa perbedaan berat hingga 20 persen tergantung pada model Joran.

Fitur Joran Untuk Memancing Tuna

Fitur Joran Tuna Terbaik
Fitur Joran Tuna Terbaik

Karena struktur Joran kosong yang berlapis, Joran Untuk Memancing Tuna sirip kuning dan sirip biru tidak lagi harus menyerupai sapu terbang. Proses TC4 Shimano menciptakan dinding Joran yang tebal tetapi tetap menciptakan diameter yang tipis dengan menggunakan dua lapisan dalam T-Glass dan lapisan karbon dalam dan luar. “Misalkan Anda memegang Joran baja setinggi 6 kaki seperti sedang menarik ikan,” kata Gant. “Siapa pun, bahkan seorang anak kecil, dapat memegang ujung Joran baja dan menarikmu – itu sama saja dengan seekor ikan yang memenangkan pertempuran. Beberapa pemancing merasa bahwa jika mereka tidak dipukul, mereka tidak memberikan tekanan yang cukup pada tuna – itu tidak benar.”

Tindakan Joran lebih ringan dan lebih cepat daripada di masa lalu, kata Whitman, tetapi ini lebih merupakan tindakan ujung parabola daripada yang cepat. Tindakan parabola mengacu pada kemampuan Joran untuk menekuk ke arah tangan Anda saat memancing – kemampuan ini memberi tekanan lebih besar pada tuna dari pengaturan penangkapan ikan tuna Anda. Panjang Joran juga mempengaruhi aksinya. “Semua Joran [Boot] Fin-Nor setidaknya memiliki panjang 6 kaki, 10”, kata Whitman. “Satu-satunya perbedaan adalah kekuatan blank. Panjang Joran ini memungkinkan pemancing untuk melemparkan umpan daripada hanya menggunakannya untuk trolling tradisional.

Di Pasifik, nelayan jarak jauh menggunakan Joran lebih dari 7 kaki untuk membersihkan sudut perahu saat mengangkut ikan. Jenis perahu ini memiliki pagar yang tinggi; Banyak pemancing menempatkan pegangan depan pada rel, yang pada dasarnya membuat joran lebih pendek dan lebih mudah menarik ikan. Untuk benar-benar menangani tuna besar, pancing yang lebih pendek akan membantu, jadi pilihlah alat tangkap tuna Anda dengan bijak. “Jika Anda memancing tuna besar di Teluk Meksiko dari konsol tengah, joran yang lebih pendek berukuran 5 kaki, 6″ hingga 6 kaki sangat cocok,” kata Gant. “Mereka memiliki panjang yang cukup untuk membersihkan tempel dan joran yang lebih pendek benar-benar cocok untuk menarik gaya ikan berdiri dengan kekuatan maksimum.”

Alat lain untuk memancing Tuna

Alat lain untuk memancing Tuna
Alat lain untuk memancing Tuna

Selain Joran itu sendiri, perangkat keras pada Joran membuat perbedaan. Bagaimanapun, pastikan jalur utama Anda meluncur dengan bersih melalui panduan. “Pemandu berkualitas pada Joran benar-benar tidak gagal akhir-akhir ini, tetapi pengemasan panduan tersebut adalah kuncinya,” kata Gant. “Pemandu bungkus ganda atau tiga akan menahan tekanan tuna lebih baik dari tahun ke tahun.” Saya bertanya kepada Sean Cheaney dari Mudhole Custom Tackle tentang joran idealnya untuk tuna besar.

“Poros aluminium pendek dan melengkung untuk pengungkit, pegangan depan 10 hingga 14 inci, dan pemandu gulungan AFTCO HD dan atas. Semuanya dipasangkan dengan komposit Calstar Grafighter kosong 6 kaki di kelas kisaran 40 hingga 100 pon, ” dia berkata. “Dengan jenis Joran ini, saya akan membuang-buang waktu hanya dengan pantat aluminium.” Joran yang lebih baru dengan dudukan dan ujung gulungan aluminium cukup tidak bisa dihancurkan, dan aluminium memberikan kekuatan ekstra. Namun, kursi gulungan grafit anggaran telah berkembang jauh dan bertahan dengan baik terhadap Yellowfin. “Ya, aluminium adalah bahan yang lebih kuat, tetapi selama bertahun-tahun membuat joran. Saya belum pernah melihat dudukan grafit gagal,” kata Gant.

Untuk memancing tuna yang benar-benar berdiri, Shimano telah memperkenalkan puntung karbon baru. Setengah dari berat aluminium tetapi sama kuatnya dengan yang dikatakan perusahaan. Pada model Joran Terez dan Tallus. “Tiagra 50 dengan Joran all-roller dan popor aluminium lebih berat 2 pon daripada Talica 50 dengan Joran Terez baru dengan popor karbon,” kata Gant. Tetapi perangkat keras bukanlah penyebab paling umum dari kegagalan Joran; Hal ini biasanya disalahgunakan oleh para pemancing. “Mencapai melewati foregrip, mengangkat joran, atau membenturkan joran ke pagar adalah cara paling umum untuk mematahkan joran,” kata Cathart.

Jangan menyalahgunakan joran secara tidak sengaja, terutama saat mengangkutnya dengan truk atau perahu. Rekahan tumbukan yang mencetak grafit menciptakan titik lemah. “Saya mendengar para nelayan berkata, ‘Saya baru saja menarik tuna kecil dan jorannya patah,'” kata Gant. “Faktanya, Joran itu patah saat menabrak pagar atau memantul di truk Anda, tapi terpisah saat Anda menarik ikan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *