Kenur Braided Atau Di Sebut Senar PE

Salam jumpa kembali dengan Tips Dan Trik Mengganti Cincin Joran yang rusak nah kini kita akan membahas tentang Kenur Braided Atau Di Sebut Senar PE ( Baca pe e ). Talipancing braid ini ialah kenur yang sangat berpengaruh hampir tidak melar sama sekali ketika di tarik serta memiliki diameter amat kecil bila bandingkan dengan kenur atau talipancing mono pada kelas yang sama.

Kenur Braid dibuat dengan cara di jalin / anyam dari sekian puluh helai fiber menjadi 1 jalinan dan jalinannya itu selanjutnya di rajut lagi supaya membentuk kenur braid seutuhnya. Perusahaan Dacron telah mengeluarkan kenur braided sebelum nylon ditemukan dan menjadi kenur yang di gunakan paling banyak dikala itu. Karakteristik braid Dacron ketika itu tidak tahan pada gesekan, kekuatan simpulnya lemah, diameternya besar dan tidak molor. Kini penggunaan Dacron sebagai tali pancing telah menurun drastis kecuali mungkin para penggemar fanatiknya yang masih menggunakan.

 semoga sahabat angler sekalian tetap sehat dan bersemangat Kenur Braided Atau Di Sebut Senar PE

Para angler yang menggunakan di tahap awal eksistensi kenur braid ini merasa sangat kecewa alasannya rendahnya kekuatan simpul yang di hasilkan dan warna yang buruk. Kini kekurangan itu telah di perkecil dengan adanya teknologi maju, kita mudah menerima braided aneka warna yang gunanya untuk memperkirakan berapa meter kenur yang terulur dan kekuatan simpul nya yang jauh lebih baik serta kuat.

Di awal tahun 90an perusahaan Spectra, Kevlar dan Dyneema memasuki pasar kenur dunia dan menciptakan kenur braided yang kita kenal sekarang di sebut dengan PE (Poly Ethylene). Kenur braid memiliki berat jenis sebesar 0.97 dan itu lebih kecil dari berat jenis air yang sebesar 1.0 sehingga ia mengambang di air. Kenur sintetis ini sangat berpengaruh menurut uji coba lab mencapai 10x kekuatan tarik baja. Serabut fiber di jalin / anyam dengan pola tertentu dan memakan waktu yang cukup lama pada dikala pembuatannya, namun akhirnya terperinci menjadi segulung kenur tipis bila di bandingkan dengan kenur Mono dengan kekuatan yang sama, sangat sensitif alasannya tidak mampu molor sama sekali dan relatif mahal.

Sekarang bermacam jenis kenur braid yang di jual dan kenur tersebut di bedakan dari cara perajutannya pelapisan dan pewarnaan. PowerPro, Spiderwire dan kebanyakan merk lain di rajut dengan model 4 rajutan. Setiap rajutan terdiri dari kurang lebih 50 helai fiber yang amat halus, ada juga beberapa merk yang menggunakan 8 bahkan 16 rajutan. Jelas sekali yang 8 dan 16 rajutan harganya jauh lebih mahal daripada yang 4 rajutan alasannya lebih berpengaruh dan tahan. Sebagai pola Blackwater SuperBraid (16 rajutan) 1200yrd 50lb di bandrol seharga $889 dibandingkan dengan yang 4 rajutan untuk kelas dan panjang yang sama hanya $250.

Kenur kenur braided ada juga yang di beri pelapis biar lebih tahan terhadap gesekan. Contohnya Ripcord Si dilapisi silicon tipis sedangkan Ripcord dan Spiderwire tidak dilapisi apa apa. Untuk pewarnaan banyak kenur braid yang hanya 1 warna tapi ada juga kenur braid dengan 5 atau 6 macam warna setiap panjang 10m – 20m, sangat berkhasiat untuk mengetahui berapa panjang kenur yang telah keluar dari reel kita.

KELEBIHAN KENUR BRAID

Seperti yang telah kita bahas di atas kalau kenur ini tidak molor sama sekali sehingga memperlihatkan keuntungan bagi para pemancing alasannya dapat mendeteksi getaran halus di kenurnya dikala umpan di makan dan meningkatkan persentase ikan terkait dengan sempurna. Keuntungan lainnya dari kenur ini ialah kekuatan ikatan simpulnya yang berpengaruh bila di bandingkan dengan kenur lain. Efek memory pada kenur superlines juga lebih kecil di bandingkan yang lain.

KEKURANGAN KENUR BRAID

Kelemahannya ialah sifatnya yang menyerap air dan harganya yang mahal dibanding kenur lainnya.

Kapan kita menggunakan braided?

  • Karena diameternya kecil maka reel mampu di isi lebih banyak kenur jadi pemancing yang sering beraksi di laut dalam biasanya menggunakan kenur Braid.
  • Jika anda terpaksa harus sering gonta ganti kenur alasannya cacat sering tergesek karang atau lainnya maka kenur Braided mampu menggantikannya.
  • Sifatnya yang nyaris tidak molor maka sentuhan ringan pada umpan akan pribadi terasa dijoran anda, namun harus juga di ingat sensitifitas ini menyerupai pisau bermata dua. Jika memancing di kawasan yang diperkirakan banyak ikan besarnya maka penggunaan braid harus di kombinasikan dengan shock leader, yang dapat mengurangi kemungkinan patahnya joran dikala di hentak ikan besar.

Yang perlu diingat jikalau kita menggunakan Braid ialah :

  • Joran haruslah yang menggunakan minimal kolongan / guide Fuji.
  • Jangan pernah menarik kenur dengan joran bila tersangkut. Alas tangan dengan kain sebelum mengikatkan’ kenur ke tangan untuk menariknya hingga lepas, atau putus.

Demikianlah artikel Kenur Braided Atau Di Sebut Senar PE kali ini semoga sahabat angler sekalian menerima manfaat informasinya dan hingga jumpa lagi di lain waktu.Bila ada kata atau penulisan info yang salah sudilah kiranya sahabat angler sekalian tuk meralatnya dengan memperlihatkan komentar di bawah ini demi kebenaran sebuah info untuk kita semua. terimakasih.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *