Kingkong Parrot / Red Mammon Parrot

Ikan King Kong Parrot merupakan jenis ikan hias air tawar hibrid. King Kong Parrot ini memiliki berukuran tubuh yg lebih akbar dibanding ikan parrot biasa. Seperti pula ikan louhan ikan ini adalah ikan hibrid atau perkawinan silang antar spesies American Cichlid(ikan cichlid yang dari berdasarkan benua Amerika)

King Kong Parrots tidak sinkron dengan Blood Parrot. Ada poly strains berdasarkan Parrot dinamakan King Kong tetapi poly yang nir benar. King Kong Parrot yg sebenarnya mempunyai ekspresi yg berbentuk normal , nir seperti dalam ikan parrot /blood parrot,

Red Mammon pada dasarnya adalah grade tertinggi dari King Kong Parrot yang ada. Ikan Red Mammon memiliki badan yang lebih panjang, warna oranye atau merah yang lebih pekat, beberapa diantaranya memiliki mata menjorok ke dalam, dan memiliki jenong yang bedar. Red Mammon harganya bisa sangat mahal , beberapa bahkan mencapai puluhan juta untuk per ekornya. Kadang untuk mendongkrak harga ikan yang sebenarnya hanya Ikan Kingkong Parrot biasa dilabeli nama Red Mammon. Mammon asli dipasang microchip dan dilengkapi dengan sertifikat

Red mammon ini di breed oleh Mr. Wang di Farm bernama Happy Breed di negara Taiwan. Untuk harga kualitas rendah dijual mulai dari harga $300 atau kalau dikonversi ke rupiah sekitar kurang lebih hampir 4 jutaan. Sedangkan untuk kualitas bagus harganya mulai dari $1000 atau kurang lebih 13 jutaan. Dan Farm ini tidak menjual ketika berukuran burayak.

Ukuran maksimal ikan Kingkong Parrot ini bervariasi antara 15-30 cm

Ukuran akuarium yang disarankan untuk memelihara ikan King Kong Parrot adalah minimum 55 galon. Sedangkan untuk Ikan Red Mammon adalah 75 Galon.

Suhu ideal untuk pemeliharaan ikan King Kong Parrot adalah dikisaran 24 – 30C dengan pH 6.0 – 8.5

Sama seperti ikan jenis Cichlid lainnya. Ikan ini bisa diberi makanan pelet ikan, cacing dan lainnya.

Secara umum King Kong Parrot sama jailnya dengan ikan Midas Red Devil. Sebaiknya jangan disatukan dengan ikan lainnya.

King Kong Parrots pada dasarnya adalah monomorphic seksual artinya bahwa ikan jenis ini tidak dapat dibedakan jantan dan betina secara visual atau dengan melihat saja. Ikan Kingkong Parrot Jantan bisa memiliki nonong tetapi betina juga kadang memiliki nonong. Jadi cara paling pasti untuk membedakan jenis kelamin ini adalah dengan cara venting.

Hampir semua Ikan Kingkong Parrot Jantan steril artinya ikan tidak dapat membuahi telur. Walaupun begitu ikan Kingkong Parrot betina dapat di kawin silangkan dengan Ikan Cichlid lain yang berasal dari Amerika tengah.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *