Lengkap! Cara Memancing Kakap Putih di Siang Hari

Disebut Ikan Kakap Putih karena tubuhnya sendiri dominan warna putih. Ia berbentuk memanjang, pipih, dengan mulut sedikit moncong dan besar.
Ikan ini bisa tumbuh besar sampai 170 cm atau lebih, dengan berat smapai 50kg.
Ikan Kakap Putih aktif saat siang dan malam hari. Jadi di sini ada dua waktu yang bisa Anda pilih untuk waktu memancing. Yaitu siang hari atau malam hari.

Namun kali ini, akan kami paparkan beberapa cara memancing ikan Kakap Putih pada waktu siang hari.

Untuk memancing ikan besar ini, butuh teknik serta trik khusus. Anda tidak boleh gegabah. Karena bisa dibilang, memancing ikan ini cukup sulit.

Tapi semua bisa jadi mudah kalau Anda bisa lebih mengenal ikan tersebut. Anda perlu memahaminya supaya tahu ciri khas dari ikan yang sulit ditangkap ini.

Mengetahui Karakteristik Ikan Kakap Putih Sebelum Memancing

Bagi para pemula, ini penting untuk mengetahui bagaimana Ikan Kakap Putih hidup. Berikut adalah beberapa karakteristik Ikan Kakap Putih yang harus diketahui sebelum memutuskan memancing mereka.

1. Ikan Kakap Putih hanya mendiami spot tertentu

Ini karena dia sangat pemilih. Ikan Kakap Putih hanya suka berdiam di tempat tenang, dalam, biasanya ia bersembunyi di rumpon, tongak kayu, celah bebatuan, pintu air dan tempat-tempat lain yang memiliki kedalaman kira-kira 1 sampai 10 meter di laut maupun sungai.

Perlu diketahui bahwa ikan Kakap Putih adalah ikan yang bisa hidup di dua jenis air. Yaitu air payau dan air tawar. Biasanya ikan Kakap Putih berpindah tempat untuk mendukung perkembangbiakan mereka dan mencari makanan tambahan.

Sementara itu, Ikan Kakap Putih sangat membenci tempat yang kotor atau banyak sampah. Jadi hindarilah spot-spot seperti itu.

2. Ikan Kakap Putih adalah ikan predator

Ia bisa memakan hewan-hewan kecil, atau ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil dari dia. Contohnya seperti ikan mujair, bandeng, udang kecil, kepiting, cumi dan organisme kecil lainnya.

Untuk memancing Ikan Kakap Putih pun butuh pertimbangan umpan yang tidak sembarangan. Sebab umpan Kakap Putih berbeda untuk setiap spot yang Anda pilih (laut dan sungai), dan berbeda waktu memancing (siang dan malam).

3. Cara Ikan Kakap Putih memakan mangsanya

Ini penting untuk Anda ketahui karena ada kaitannya dengan menarik joran pancing Anda. Jadi ikan Kakap Putih adalah ikan yang cara makannya dengan menyambar. Setelah disambar, Kakap Putih akan melumat mangsanya setelah itu baru mereka telan.

Jangan gegabah saat menarik joran pancing kalian. Tunggu beberapa saat kira-kira 2 sampai 3 detik sampai ikan Kakap Putih menelan mangsanya. Dengan begitu kalian bisa menghindari yang namanya ikan terlepas, dan mata kail bisa menancap sempurna di mulut ikan.

4. Bentuk perlawaanan Ikan Kakap Putih saat tertangkap

READ  Tutorial Cara Pasang Umpan Lumut Untuk Ikan Nila

Ikan Kakap Putih sangatlah pintar. Pertama-tama ia akan membawa senar kita dengan pelan tapi penuh tenaga. Lalu saat kita akan menyentak joran pancing, Ikan Kakap Putih akan melakukan gerakan cepat menukik ke bawah, kalau tidak menukik ke bawah, ikan Kakap Putih akan melompat ke atas.

Perlu diperhatikan, jangan sampai membuat senar Anda kendor. Karena itu berakibat fatal sebab bisa membuat ikan Kakap terlepas. Jaga terus senar Anda supaya tetap kencang, dan Anda harus mengunci drag reel saat perlawanan itu agar Ikan Kakap Putih tidak bisa mengulur senar pancing Anda.

Mengetahui Umpan Kakap Putih Berdasarkan Spot Memancing dan Waktu Memancing

Ada dua jenis perairan Kakap Putih tinggali. Yaitu laut dan sungai.
Sementara spot-spot ikan ini berdiam bisa berada di Rumpon, Tongak Kayu, Celah Bebatuan, Pintu Air dan spot dalam lainnya. Sementara waktu ikan ini makan dibagi menjadi dua, yaitu siang dan malam hari.

Ada beberapa jenis umpan:
● Ikan kecil (wader, mujair, belanak, anak bandeng, dan lain-lain)
● Cumi dan kepiting (untuk laut atau sungai)
● Udang putih (umpan memancing Ikan Kakap Putih pada malam hari)

Selain memerhatikan umpan, penting juga melihat kondisi cuaca. Sebab ikan juga memiliki nafsu makan sendiri.
Memancinglah saat cuaca sedang cerah karena nafsu makan Ikan Kakap Putih sangat bagus pada waktu-waktu seperti itu. Selain cuaca, pasang surut air juga mempengaruhi dan suhu air.

3 Jenis Teknik Memancing Ikan Kakap

1. Teknik Pelampung

Teknik ini cocok digunakan di spot Rumpon yang tidak bisa dijangkau oleh joran. Teknik ini membutuhkan konsentrasi yang besar, dan jangan lepaskan pegangan Anda pada Joran, karena bisa saja Kakap Putih menyentak tiba-tiba saat memakan umpan kalian.

2. Teknik Ngoncer

Cara melakukan teknik ini adalah dengan melempar umpan ke laut atau sungai sementara Anda cukup menaruh joran di pinggir sungai atau laut.
Anda juga bisa menancapkan joran pancing Anda, setelah itu cukup menunggu sampai umpan dimakan.

Selain itu, Anda bisa seolah-olah menggerakkan kenur pancing Anda membuat umpan seolah-olah sedang bergerak di dasar sana.

3. Teknik Ngelicir

Teknik ini cocok digunakan saat memancing di area bebatuan, Rumpon, atau Patok Bambu. Caranya dengan memainkan kenur dengan perlahan dan joran harus aktif dipegang.

Setelah mengetahui karakteristik, spot memancing, umpan, serta teknik memancing ikan Kakap Putih, sekarang saatnya Anda memulai petualangan memancing Anda.

Pergi ke sungai maupun laut, cari spot yang tepat, lalu lemparkan kail Anda dengan memilih satu dari ketiga teknik tadi. Tunggu dan selamat mencoba.

Semoga kalian berhasil mendapatkan ikan Kakap Putih dengan ukuran sangat besar.

Facebook Comments

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *