Mancing Cesting, Bagaimana Trik Dan Cara Yang Baik

Pada dasarnya teknik mancing cesting, terletak pada umpan(lure,minow) dan cara memancingnya. Umpan buatan adalah ciri utamanya, umpan bisa terbuat dari kayu, plastic dan logam, dengan di bentuk sedemikian rupa untuk menggoda ikan predator( seperti ikan gabus, hampala, kerapu dan lain-lain) sebagai pemangsa. Teknik cesting memerlukan gerak yang aktif dan banyak mengeluarkan energi dan stamina yang bagus, sehingga dia di golongkan dalam sport fishing.

Mancing Cesting, Bagaimana Trik Dan Cara Yang Baik

Umpan mancing cesting atau lure

Factor penting dalam kegiatan memancing, adalah alat pancing, cara memancing, dan tentu saja umpannya,  telah di singgung di atas bahwa umpan teknik cesting, banyak hal yang pelu di pahami dalam memilih umpan, antara lain:

  1. Spesifikasi lure, hal yang perlu di pahami ketika membeli lure, adalah berat, length (ukuran), wight (berat).
  2. Action lure , yaitu cara bargeraknya lure tersebut, floating, sinking, suspending, plongeant adalah  contoh action lure.

Memilih lure untuk ikan target, bisa menggunakan minnow, soft lure, frogie jump frog, spinner, wtd dan masih banyak lagi, jenis lure top water untuk permukan seperti mini popper, pensil dll,  jenis lure  sinking untuk kedalaman.

Mancing Cesting, Bagaimana Trik Dan Cara Yang Baik

Umpan/Lure

Alat atau joran pancing

Teknik mancing cesting memakai piranti joran khusus, yaitu joran cesting dengan rod atau bc rod. Banyak pilihan yang bisa di gunakan untuk berbagai spot mancing,  ukuran lbs bisa pakai maksimal 16 – 20lbs,  dengan panjang joran 180cm. senar yang di pakai biasanya memakai jenis pe, yang besarnya di sesuaiakan dengan ikan target. Senar pe di pilih sebab banyak kelebihannya, yaitu diameter kecil tapi sanggup menarik ikan besar.

Casting teknik memancing, bagaimana trik dan cara yang baik

Joran Casting

Cara melempar kail

Melempar kail pada mancing teknik cesting, berbeda dengan mancing yang lain. Kalau di praktekan dan di coba sebenarnya mudah, akan tetapi karena teknik melempar mempunyai nama-nama yang banyak, menjadi terkesan susah.

  1. Overhead. Yaitu cara melempar dari atas kepala.
  2. Side arm, yaitu melempar dari samping dengan satu tangan.
  3. Under hand. Melempar dari bawah.

Retrive ( menggulung senar)

Pada intinya bagaimana kita memainkan lure, dengan di cara di tarik supaya menggoda ikan predator untuk memakan lure. Banyak istilah yang di gunakan dalam mengulung senar, teknik meretrive atau menggulung senar, sangat penting sebab di sini puncak acaranya. Menggulung senar dalam teknik mancing cesting, di sesuikan dengan jenis lure, dan target ikan.

Misal:

  1. Slow retrieve, dengan ujung joran 45 derajat kebawah, senar di gulung perlahan, dengan tujuan membuat lure bergerak se natural mungkin.
  2. Fast retrieve, yaitu cara sama dengan no 1, tapi disini di gulung dengan cepat tanpa henti, dengan tujuan membuat emosi ikan predator.
  3. Stop and go, yaitu meretrive kombinasi no1 dan no2, yaitu di gulung cepat kemudian lambat atau sebaliknya.
  4. Tyipe cauger, yaitu melemempar lure sampai ke air, di diamkan sejenak mengikuti arus air,  biarkan senar menegang, gulung kencang kemudian stop, biarkan lure terbawa arus air lagi, gulung lagi dengan kencang, dan seterusnya.
  5. Teknik WTD, yaitu dengan menggunakan lure yang mengambang di permukaan air, di tarik sedemikian rupa, sehingga lure berenang melenggak lenggok seperti anjing berjalan.

Mementukan spot ikan target

Mancing Cesting, Bagaimana Trik Dan Cara Yang Baik

Casting Hampala

Mancing Cesting, Bagaimana Trik Dan Cara Yang Baik

Casting Gabus

Banyak ikan predator yang memang paling cocok di pancing dengan teknik cesting, si predator bisa menunggu mangsa di arus deras contoh ikan hampala, ada predator yang di air tenang seperti ikan gabus, dan ada predator yang malas menyabar lure, seperti ikan kerapu. Menentukan spot mamancing, pada teknik mancing cesting sama halnya dengan menentukan iakan target.

Demikian semoga artikel dengan judul, Mancing Cesting, bagaimana trik dan cara yang baik, bermanfaat.

Nb

Baca: Hal yang harus di ketahui pemancing pemula

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *