Mancing Gabus Jadi Lebih Seru Dengan Cara Ini

Mancing Gabus Jadi Lebih Seru Dengan Cara Ini

Mancing Gabus merupakan salah satu yang digemari oleh para pemancing. Ikan gabus menjadi salah satu ikan yang memiliki daya Tarik tinggi, bukan hanya dagingnya yang enak namun ikan gabus ini juga memiliki banyak manfaat ketika dikonsumsi.

Mancing Gabus - Mancing Gabus Jadi Lebih Seru Dengan Cara Ini

Bahkan banyak yang menggunakan untuk bahan campuran obat dimana sari ikan gabus mampu menyembuhkan beberapa penyakit. Tak heran jika ikan gabus menjadi rebutan untuk para pemancing.

Ikan gabus merupakan salah satu ikan liar, dan bisa dibilang predator karena keagresifannya. Lantas bagaimana kita Mancing Gabus agar mendapatkan hasil yang memuaskan,.

Dalam pembahasan kali ini akan kita bahas bersama mancing asyik ikan gabus.

Langkah pertama yang harus kita lakukan yakni, menentukan spot Mancing Ikan Gabus . Penentuan spot akan berpengaruh terhadap hasil pancingan kita lo. Ada beberapa tanda bahwa spot ini memiliki banyak ikan gabus, antara lain :

  • Terdapat Banyak Semak Tumbuhan Liar

Tumbuhan liar menandakan banyak ikan disitu, terutama ikan gabus. Tempat ini sangat digemari untuk berlindung sekaligus mencari makanan. Selain itu juga sering digunakan untuk menyimpan telur-telurnya. Inilah spot utama dalam kita Mancing Gabus karena di spot inilah biasanya mereka berkumpul.

  • Pusaran Kecil Yang Ada di Bibir Sungai

Pusaran yang terbentuk akibat longsoran atau lainnya ini menjadi tempat yang digemari oleh ikan gabus. Selain untuk mencari makanan, tempat ini juga sering digunakan untuk bersantai ikan-ikan gabus.

  • Tempat Bertemunya 2 Arus Sungai Yang Berbeda

Pertemuan antar dua arus sungai ini biasanya memberikan suasana hangat bagi ikan. Tentu menjadi tempat favorit ikan gabus. Suhu hangat sangat disukai oleh ikan-ikan air tawar, begitu juga dengan ikan gabus.

  • Terdapat Banyak Bebatuan

Nah batuan-batuan bisa jadi spot baik untuk amncing ikan gabus. Karena biasanya di sela-sela batuan mereka sembunyi dan mencari makan.

  • Tumpukan Ranting Pohon

Tumpukan ranting yang sudah lama di air, akan menjadi tempat tinggal lumut dan lainnya. Tentu menjadi sumber makanan untuk ikan. Bisa jadi di tempat seperti ini ikan gabus berkumpul.

Mancing Gabus - Mancing Gabus Jadi Lebih Seru Dengan Cara Ini

Jika kita bisa menentukan spot Mancing Gabus yang bagus, maka mancing tidak perlu susah-susah tinggal menunggu waktu saja untuk mendapatkannya. Langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah peralatan yang sesuai dengan ikan yang akan kita tangkap.

Untuk ikan gabus tergolong ikan yang buas dan lincah serta kuat. Maka dari itu pastinya kita membutuhkan peralatan yang kokoh untuk melawannya.

Setidaknya ada perlu menyiapkan reel, joran, umpan, senar dan leader line. Untuk reel anda bisa gunakan baitcasting reel ataupun casting reel. Umumnya reel ini menggunakan ukuran 2000-4000.

Sedangkan untuk joran bisa menggunakan yang agak panjang dengan tujuan mengurangi tekanan dari perlawanan ikan gabus, bisa gunakan yang ukuran 180cm-200cm.

READ  Spot Mancing Terdekat di Waduk Ini Cara Menentukan

Umpan juga tak kalah penting lo, untuk Umpan Ikan Gabus bisa gunakan umpan alami atau buatan, yang perlu diperhatikan warna umpan tersebut, karena pemilihan warna yang benar akan menjadikan daya Tarik bagi ikan gabus.

Selanjutnya adalah senar pancing, untuk ikan gabus sebaikanya gunakan senar mono dengan ukuran PE 1 – PE 2, karena jenis senar ini cukup kuat digunakan untuk ikan-ikan yang agresif seperti halnya ikan gabus.

Dan yang terakhir anda perlu menyiapkan leader line, anda bisa gunakan leader line yang fluorocarbon yang memiliki panjang kurang lebih 2 m dan ukurannya 20-40 lbs.

Setelah semua siap tinggal menentukan teknik yang bisa kita pakai. Untuk Mancing Gabus setidaknya ada 5 teknik yang bisa anda gunakan, antara lain:

  • Teknik Casting

Khusus teknik mincing ini umpan yang digunakan adalah umpan buatan. Caranya dengan melemparkan umpan yang sudah disiapkan ke daerah atau target tertentu.

Kemudian menggeretnya pelan-pelan dengan tujuan untuk menarik perhatian ikan gabus. Setlah umpan digigit, kita tinggal menarik reel kita.

  • Teknik Dudul

Teknik yang satu ini cocok digunakan ketika Mancing Gabus di rawa atau di persawahan. Teknik ini memang sangatlah sederhana karena memang teknik ini sudah digunakan oleh orang-orang dulu.

Caranya dengan mendudul kan umpan kita naik turun, sehingga ikan gabus tertarik dengan gabus kita. Dan bisa dibilang teknik dudul ini adalah teknik yang paling sederhana.

  • Teknik Teger

Teknik yang satu ini berbeda dengan teknik mancing lainnya. Karena tujuan dari teknik teger ini memperoleh ikan gabus dalam jumlah yang banyak dengan maksud untuk dijual.

Caranya yakni dengan membentangkan jaring dari satu titik ke titik lainnya, kemudian dipsangi umpan. Memasangnya sore hari dan diangkat pada pagi hari.

  • Teknik Pelampungan

Sebagian besar dari kita pasti tahu dengan teknik simple ini. Sama dengan teknik-teknik lainnya. Hanya saja memberi tambahan berupa pelampung yang digunakan sebagai pertanda apakah umpan kita disambar oleh ikan gabus atau tidak.

Enaknya teknik ini kita tidak perlu spekulasi atau kira-kira seperti teknik ndudul. Kita tinggal menunggu pelampungnya bergerak, nah tinggal narik si joran deh

Ketika beberapa steps tersebut bisa kita lakukan dengan baik, maka Mancing Gabus pun akan menjadi lebih asyik dan seru.

Memang Mancing Gabus susah susah gampang namun semua itu akan terobati jika kita bisa mendapatkan banyak ikan gabus. Geliat dan keagresifan ikan gabus juga akan menambah sensasi memancing ikan gabus ini. Jika Anda ingin mengetahui tentang Umpan Ikan Yang Lainnya Misal Umpan Jitu Ikan Mas Ada Kok di Website Ini.

Facebook Comments

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *