Mancing Ikan Layur Dermaga

Mancing Ikan Layur Dermaga

Mancing Ikan Layur Dermaga

Mancing ikan layur dermaga – Layur (Trichiurus lepturus) adalah laut yang mudah dikenal dari bentuknya yang panjang dan ramping menyerupai pisau.  Ikan ini mudah dijumpai di perairan tropis hingga sub-tropis.

Selain bentuknya,  keunikan lain ikan layur terletak pada giginya.  Layur memiliki gigi yang tajam dan runcing.  Tidak seperti kebanyakan predator permukaan laut lainnya yang menelan mangsanya bulat-bulat,  layur lebih sering menggigit mangsanya bahkan memotong badan mangsanya agar bisa masuk ke dalam mulutnya.

Ikan layur memiliki sifat fototaksis positif yaitu tertarik dengan rangsangan cahaya.  Ikan layur juga merupakan ikan sosial,  dimana mereka hidup secara bergerombol.

Pada umumnya,  para pemancing menggunakan ikan kecil sebagai umpan saat memancing layur.  Beberapa umpan ikan yang sering digunakan yaitu : teri dan ikan belanak kecil.

Namun ikan teri maupun ikan belanak kecil kadang sulit ditemukan.  Beberapa pemancing menggunakan umpan palsu dengan teknik casting.  Dengan teknik ini rate strike ikan layur menjadi rendah dibanding  saat menggunakan umpan teri maupun ikan belanak kecil.  Ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu :

  • Gerakan action umpan palsu kadang kurang alami.
  • Air yang terlalu jernih membuat ikan layur yang pada dasarnya memiliki penglihatan yang sangat baik,  menjadi lebih berhati-hati dalam menyambar umpan.
  • Penggunaan kenur penuntun (leader) yang terlalu besar membuat ikan layur menjauhi umpan.

Belum lama ini saya tidak sengaja berjumpa dengan pemancing yang menggunakan tali kolor celana sebagai umpan ikan layur.

Setelah saya cermati,  ternyata umpan yang digunakan tidak dilengkapi dengan mata kail.  Memanfaatkan bentuk gigi ikan layur yang berukuran besar,  sehingga ketika ikan layur menggigit umpan tali kolor otomatis gigi ikan layur sulit lepas dari umpan.

Waktu terbaik buat mancing ikan layur yaitu ketika air bahari memasuki periode angkat pasang sampai zenit pasang.

Lokasi terbaik mancing ikan layur sebaiknya memilih lokasi peralihan antara tempat terang (dibawah lampu penerangan dermaga)  dan tempat yang gelap.

Andromax.NET