Mancing Labi-labi Atau mancing Bulus Bukan Kura-kura

Mancing Labi-labi Atau mancing Bulus Bukan Kura-kura

Mancing Labi-labi Atau mancing Bulus Bukan Kura-kura

Bagi para angler senior, memancing labi-labi atau bulus sudah menjadi sesuatu yang biasa dan tidak mengherankan untuk mendapatkannya, hewan yng mirip kura-kura tapi beda loh ya! Ciri utamanya labi-labi atau bulus tinngal di air, biasnya bentuk badanya  pipih dengan tempurung lembek dan kaki berselaput.

Ia merupakan reptil air tawar yang kurang aktif dalam mencari makan, terutama bulus atau labi-labi  dewasa. Berbeda dengan bulus yang masih muda, mereka akan lebih agresif lagi dibandingkan induknya. Untuk itu dibutuhkan umpan yang pas untuk memancing reptil yang satu ini.

Mancing Labi-labi Atau Bulus Bukan Kura-kuraLabi-labi / Bulus

Baca: Mancing ikan besar di sungai

Cara memancing dan umpan labi-labi atau bulus

Hanya pemancing yang mempunyai kesabaran ekstra, yang bisa memancing reptil satu ini. Kesabaran dan naluri sangat dibutuhkan saat berburu bulus atau labi-labi. Namun terkadang niat memancing ikan, malah dapat hewan ini, sehinga memancing ini semacam keberuntungan saja.

Sering terlihat semacam pertanyaan, bagaimana sih cara mendapatkan labi-labi? Ok baiklah mungkin beberapa uraian ini bisa membantu dan berbagi pengalaman.

Mancing Labi-labi Atau mancing Bulus Bukan Kura-kura

Umpan mancing

Umpan untuk memancing bulus bisa menggunakan bekicot, usus ayam atau ikan mati. Namun berdasarkan pengalaman pemancing bekicot merupakan umpan yang paling jitu dan ampuh.

Alat mancing

Menggunkan mata kail no 4,0-7,0 rangkaian mata kail tunggal, aits hampir lupa! Gunakan neklin atau senar pe no 0,20 sebagi leader, sebab gigitan labi-labi atau bulus sangat kuat dan bisa memutuskan senar, ikatkan mata kail ke laider dengan pj 15-30cm ikat juga ujungnya dengan kili-kili atau swifel.

Mulai memancing

Lempar umpan di pinggir saja, dengan kondisi sungai berarus pelan kedalam 0,5-1m. atau bisa di lempar agak ke tengah kedalaman 5-6 m di bawah tumbuhan enceng gondok atau tumbuhan air lainnya. Kita bisa memakai joran pancing atau hanya menikatkan senar di pohon pingir sungai. Memancing dengan teknik ntrajak atau najur juga sangat ok.

Akan tetapi pakailah saran saya, sebaiknya untuk mancing ntrajak atau najur, hati-hati saat mengakat kail yang sudah di tinggal semalaman, sebab selain biyawak umpan yang kita pasang juga di sukai ular. Semoga artikel dengan judul, Mancing Labi-labi Atau Mancing Bulus Bukan Kura-kura, bermanfaat.

Baca: Mancing boso atau ikan betutu

Mancing sogo atau ikan baung