Mancing Mahseer Besar di Sungai, Pingin Tahu

Mancing Mahseer Besar di Sungai, Pingin Tahu – Ikan mahseer suka di sungai ber arus deras, rasa dagingnya yang enak sehingga di jadikan target macing, keberadanya semakin sulit di temukan karana maraknya penangkapan dan polusi sungai yang mengganggu perkembangbiakan.

Banyak sebutan untuk jenis ikan ini,  lempon, semah, kancra (Sunda), tambra (Jawa), sapan (Kalimantan), ihan batak atau curong (bahasa Toba), mahseer atau kelah (Malaysia). Nama “semah” populer dipakai di Sumatra bagian tengah hingga ke selatan.

Cerita orang ikan ini dapat ditemukan di kolam pemandian di sekitar Gunung Cermai; seperti kolam Cibulan, Cigugur, Pasawahan, Linggajati, dan Darmaloka di Kabupaten Kuningan.

Mancing Mahseer Besar di Sungai, Pingin Tahu

Ikan mahseer

Cara dan umpan mancing ikan mahseer atau lempon

Kita bisa mendapatkan dengan memancing di sungai atau danau, menggunakan teknik dasaran adalah paling mudah mendapatkan ikan ini, pemancing biasanya membawa peralatan pancingnya lebih dari satu.

Peralatan mancing

Menggunakan joran pendek 1,5-3m dengan di lengkapi spinning atau penggulung senar, bisa menggunakan senar dengan ukuran 0,18-0,22 dengan timbal pemberat. Ukuran mata kail di sesuikan dengan besar kecilnya target ikan, 4,0-8,0 adalah ukuran mata kail yang biasa di pakai memancing ikan mahseer besar di sungai.

Untuk mancing dengan umpan racikan gunakan rangkaian mata kail ombyok atau batokan, dengan jumlah mata kail 5-8 buah no 3,0-6,0.

Mancing Mahseer Besar di Sungai, Pingin Tahu

Baca: Umpan rumput mancing nila

Umpan mancing

Ikan mahser atau lempon, semah, kancra, tambra/tombro, sapan, ihan, curong, mahseer, kelah yang hidup bebas di sungai memakan biji-bijian yang hanyut terbawa air, ulat dan udang kecil akar-akar dari tumbuhan juga merupakan kegemaran ikan ini.

Sedang pemancing biasa memkai umpan: jagung, irisan ubi, dan buah kecil seperti talok atau karsen. Umpan racikan juga bagus, banyak yang menayakan resep umpan mancing?

Saya bocorkan resepnya:

  1. 2 ekor ikan mujaer dengan ukuran 3 jari.
  2. 1 sendok makan tepung sagu.
  3. 1 ½  sendok makan tepung ketan.
  4. ½ sendok makan susu bubuk.
  5. 1 butir telur gunakan putihnya.
  6. 1 ½  sendok makan susu merek beruang.
  7. daun pandan untuk pewangi.
  8. ½  ons kroto.

Ambil daging ikan mujair dengan cara di kukus, kemudian blender sampai lembut, masukan semua bahan kedalam wadah dan aduk-aduk hingga tercampur rata, sambil di aksih air sedikit demi sedikit, kemudian kukus sebentar, asal sudah lengket dan umpan siap di pakai.

Baca: Umpan mancing sungai pilihan

Ok mulai memancing

Tempat yanh bagus untuk melempar kail adalah, sungai dengan arus pelan di sisi arus deras, tempat yang dalam adalah rumah mewah ikan target kita ini.

Dengan memakai lebih dari satu joran pancing, secara logika akan menambah kemungkinan dapat banyak ikan, lemparkan umpan di spot jauh dan spot dekat.

Saran saya lemparlah umpan di titik yang sama dan jangan berpindah-pindah. Bawa bebrapa umpan terkadang berbeda lubuk berbeda juga menu makanan ikan mahseer. Semoga artikel dengan judul, Mancing Mahseer Besar di Sungai, Pingin Tahu, bermanfaat.

Baca: Cara gampang mancing belanak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *