Mancing Sili Atau Berod Silahkan Pakai Cara Ini

Sebelum memancing alangkah baiknya kita mengenalya dulu, beliau bernama ikan sili biasa dalam panggil berod atau berot, tubuhya panjang mampu hingga 50cm, ikan ini mulutnya runcing apabila kata aku beliau punya belalai, rasa dagingnya misalnya belut. Si sili ini senang sekali berada di lubuk sungai atau kedung yg dalam, menggunakan dasar sungai berbatu-batu & berarus.

Mancing Sili Atau Berod Silahkan Pakai Cara Ini

Mancing Sili/Berod

Cara memancing & umpan yang jitu & ampuh

Ikan sili, berot atau berod adalah ikan predator, orang bilang dia bukan penduduk orisinil sungai sini, tapi adalah pendatang berdasarkan amerika (tau menurut amerika latin apa amerika tengah, atau amerika serikat). Biasa memakan udang kecil , cacing & hewan-fauna mini yg tak berdaya, Heh?He. Apa beliau termasuk mahluk jahat? Karena beraninya sama yang nir berdaya? Mungkn ya sob.

Umpan udang paling digdaya

Udang adalah umpan ampuh buat setiap jenis ikan predator, tak terkecuali sili atau berod. Kami biasa menacapkan mata kail ukuran no tiga,0 rangkaian tunggal ke ekor udang sebagai umpan. Dengan pada ikatan ke senar leader no 0,18 sepanjang 20cm ke swifel atau kili-kili.

Mancing Sili Atau Berod Silahkan Pakai Cara Ini

Umpan Udang

Umpan cacing paling jitu

Selain udang memakai cacing sebagai umpan memancing ikan sili atau berod juga bagus, pilihlah cacing yang nggak gampang mati ketika tubuhnya di tusuk mata kail, ada alasanya sob, kenapa memakai syarat cacing yang nggak gampang mati? Sebab seperti di sebutkan di atas, ikan sili ini suka memakan umpan yang hidup tapi tidak berdaya. Wuih sadiiis

Baca: 7Jenis cacing umpan mancing

Mancing Sili Atau Berod Silahkan Pakai Cara Ini

Umpan Cacing

Memilih spot

Tempat mancing yang bagus, atau spot mancing target ikan sili adalah, lubuk sungai yang dalam, orang jawe bilang kedung.  Di dasar sungai di balik batu, ikan sili menunggu mangsa ikan atau udang yang lemah terbawa arus.

Cara memancing

Memakai teknik mancing dasaran, saya kira yang paling cocok, menggunakan joran 1,5-3m dengan penggulung senar atau spinning, ukuran senar 0,20 di lengkapi dengan pemberat sebesar ibu jari, atau sesuai kebutuhan. Lempakan umpan ke titik di mana ikan sili berada.

Sependek pengalaman saya memancing sili atau berod, dia termasuk ikan paling aneh, kenapa sebab? Bukannya memberi perlawanan ketika di tarik kepinggir ketika mulutnya sudah kena kail, malah ia  ikut berenang ke pinggir, sehingga yang tadinya ada getaran streeek, jadi seolah-olah kaya senar putus, kadang terpaksa kita gulung senar cepat-cepat. Nah baru ketika ikan sili udah mulai nampak, disitu baru ada perlawanan.

Maka saran saya ya sob, hati-hati dengan tipuan ikan sili dalam memancing. Walau agak sedikit ngaco dan ngebodor, mudah mudahan artikel dengan judul, Mancing Sili Atau Berod Silahkan Pakai Cara Ini, bermanfaat.

Nb

Baca: Mancing ikan sogo atau baung

Mancing udang galah di musim hujan

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *