Mancing Sungai Dan Tempuran Kali Opak

Terkenal dengan sarang ikan Sogo dan Nila babon, sungai opak banyak spot mancing yang dalam, sehingga banyak ikan besar di sana, Lewat jalan parang tritis masuk kecamatan kretek jalur paling mudah ke spot mancing. Setahu saya kali opak mempunyai anak sungai Gendol ,Tepus, Kuning,  Code, Gajahwong,  Belik,  Tambakbayan, Nongko,  Oyo dan  Winongo. Titik pertemuan dengan dua sungai di sebut tempuran.

Mancing Sungai Dan Tempuran Kali Opak

Mancing di Sungai

Pindah spot ke kali oyo

Kali oyo atau sungai oyo juga di sukai pemancing, bukan hanya angler dari jogja, karena memang di sini terkenal dengan  ikan bawal dan ikan wader beles yang besar-besar. di musim kemarau air di sini sangat jernih, mungkin karena batu kapur putih di sepanjang aliran sungai. Mancing teknik cesting banyak di pakai untuk mengejar hampala, yang memang banyak terdapat di oyo.

Mancing Sungai Dan Tempuran Kali Opak

Kali Oyo

Akan tetapi di musim penghujan, air kali ini meluap dan membuat kubangan besar, sehingga banyak ikan berkumpul di tempat itu, memancing dengan teknik bandul atau dasaran, mungkin cara yang tepat untuk musim penghujan.

Umpan mancing di sungai opak dan kali oyo

Mancing Sungai Dan Tempuran Kali Opak

Hasil Mancing

Untuk mengejar ikan bader, atau wader beles. Umpan cacing dan uler padas, dipercaya sangat ampuh di kedua sungai ini. Uler padas dapat di temukan dengan memecah batu padas atau lempung keras yang terendam di air, dengan ciri-ciri dia berlubang-lubang sebagi rumah uler padas.

Sedang umpan cacing juga dapat di pakai memancing, mendapatkan umpan ini dengan cara mencangkul tanah yang menjadi rumah cacing, cacing jug adapt di beli di toko-toko peralatan mancing.

Peralatan sederhana

Mancing Sungai Dan Tempuran Kali Opak

Joran Pancing

Jenis alat pancing biasa panjang 1,5 – 3 meter, dengan penggulung senar atau spinning, sedang mata kail yang di pakai no 0,1 – 0,5 sesuai kebutuhan, ukuran senar lumayan besar yaitu no 0,20. Dengan pemberat sebesar jari telunjuk.

Setelah melempar umpan , kita bisa menancapkan pangkal joran pancing sedikit tegak, denga memasang klintingan atau kelinting, di ujung joran pancing, sehingga kita bisa santai duduk-duduk,sambil menunggu umpan di makan, kelinting akan berbunyi sebagai tanda umpan di makan. Semoga atikel dengan judul, Mancing Sungai Dan Tempuran Kali Opak, bermanfaat.

Nb

Baca : Umpan mancing di sungai

Unik mancing di sungai progo

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *