Mancing Wader Kepek, Trik Cara dan Umpan Silahkan Coba

Mancing Wader Kepek, Trik Cara dan Umpan Silahkan Coba

Mancing Wader Kepek, Trik Cara dan Umpan Silahkan Coba

Memancing wader kepek sangatlah mudah, akan tetapi jikalau ingin mendapatkan banyak, ada cara dan triknya.  Sebenarnya si doi makan apa saja karena dia termasuk ikan omnifora. Umpan lumut ataupun umpan pellet, oke-oke saja.

Banyak angler yang khusus menargetkan ikan ini, walau ukurannya yang kecil sensasi tarikannya kuat, memakan umpan dengan cara berebut dengan keluarga besarnya, karena ikan ini memang suka bergerombol dalam mencari makan.

Mancing Wader Kepek, Trik Cara dan Umpan Silahkan CobaWader kepek

Umpan Racikan yang jitu dan ampuh

Memang kalau hanya ingin mendapatkan 1 atau 2 ekor, kita tidak perlu repot-repot bikin umpan, seperti di sebutkan di atas, kalau si doi mau makan apa saja, sebutir nasi taruh di mata kail sudah bisa untuk mancing ikan ini.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kita juga harus membuat umpan mancing, yaitu  roti keju (Klick) di haluskan sampai lembut, campur dengan kuning telor, kemudian uleni sampai kenyal. Siapkan juga br, pellet halus, atau bekatul sebagai pengumpul, atau bom pengumpul ikan.

Mancing Wader Kepek, Trik Cara dan Umpan Silahkan CobaKlik
Mancing Wader Kepek, Trik Cara dan Umpan Silahkan CobaPengumpul / bom ikan

Peralatan yang di gunakan

Joran tegek panjang 3m, senar ukuran tipis yaitu no 0,08- 0,10. Mata kail ukuran no 0,8 – 1 neo carbon. Timbal lipat sebagai pemberat dan pelampung kecil. Anda juga bisa menambahkan swifel atau kili-kili. 2 mata kail di pasang seri berhimpitan, atau jarak kedua mata kail rapat, fungsi mata kail yang belakang hanya untuk menahan umpan, jadi kalau hanya dengan  satu mata kail juga bisa.

Mancing Wader Kepek, Trik Cara dan Umpan Silahkan CobaJoran Tegek

Trik dan caranya pertama

Taburkan br atau bekatul di spot ikan kepek, tunggu sampai mereka berkumpul, kemudian umpan di  bulatkan agak memanjang seperti tahi cecak, pasang sedikit keatas dari mata kail, atau mata kail yang tajam biarkan terbuka sedikit, masukan ke dalam air sampai pada dasar sungai, pas di gerobolan ikan tadi, kemudian tarik ke belakang joran pancing dengan perlahan-lahan, ikan yang makan umpan akan tersangkut sendirinya di kail, jadi tidak usah di hentakan. Cara mancing ini bagus di gunakan di sungai yang landai.

Mancing Wader Kepek, Trik Cara dan Umpan Silahkan CobaTempat Landai/ikan berkumpul

Cara kedua sesudah pertama, Uhuy

Cara ini bisa di pakai di sungai yang dalam lebih dari setengah meter, menguankan peralatan yang sama, hanya kita menggunakan rangkaian mata kail ombyok no 0,8 – 1. Untuk ukuran senar bisa di perbesar antara 0,10 – 0,13 aja, nah pelampun atau kambangan dalam trik mancing ini berfungsi betul ya sob, tidak seperti cara pertama.

Mancing Wader Kepek, Trik Cara dan Umpan Silahkan CobaPancing Ombyok

Pertama-tama kumpulkan wader kepek dengan umpan pengumpul ya sob, yaitu br atau pellet bisa juga dedak, dan taburkan di air sampai si doi berkumpul, kemudian pasang umpan pada mata kail ombyok, taruh di tempat ikan bergerobol, biarkan pelampung bergerak-gerak dan angkat, kalau tidak ada ikan yang nyangkut dan umpan masih ada, taruh lagi dalam air. Dan jangan di hentakkan ya sob. semoga tulisan dengan judul,Mancing Wader Kepek, Trik Cara dan Umpan Silahkan Coba bermanfaat.

Nb

Baca: Umapan Mancing Sungai Pilihan

Umpan Racikan Derbang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *