Manfaat Ikan Gabus Yang Wajib Di Ketahui Pemancing

Mаnfааt Ikаn Gаbuѕ bagi kesehatan kita juga patut diperhitungkan agar badan sehat, memang ternyata bukan hanya enak saja ya. Ini dibuktikan pada sebuah experiment yang di kerjakan oleh sebuah universitas di Makassar yaitu Universitas Hasanuddin dimana para peneliti memberikan sebanyak 2kg Ikan Gabus yang sudah dimasak setiap hari kepada pasien setelah menjalankan operasi yang ternyata mampu membuat albumin menjadi kuat dan normal lagi.

Manfaat Ikan Gabus

Memang sangat bagus karena amat banyak mengandung albumin yang merupakan protein yang sangat berguna untuk tubih manusia. Untuk diketahui bahwa Albumin berfungsi untuk mengembalikan atau mempercepat proses penyembuhan luka luka pada tubuh. Nah jika kandungan Albumin didalam tubuh berkurang maka mengakibatkan nutrisi dalam tubuh tidak bisa secara normal beredar ke semua bagian tubuh kita.

Kandungan Nilai Gizi Ikan Gabus memang lebih bagus dibandingkan dengan jenis ikan ikan lainnya karena lebih tinggi. Nama latin dari ikan gabus ini adalah Channa Striata yang mengandung protein sebanyak 25,5%, memang melebihi daripada yang di kandung ikan lainnya. Misalnya ikan lainnya seperti ikan sarden hanya 21,1%, ikan kakap cuman 20,0%, serta ikan bandeng yang hanya 20,0% juga. Jadi Manfaat Ikan Gabus banyak sekali seperti yang akan di bahas beberapa saja  dibawah ini:

1. Untuk Membentuk Otot dan Pertumbuhannya

Manfaat Ikan Gabus

Para binaraga biasanya banyak mengkonsumsi Ikan Gabus, ini karena Ikan gabus banyak mengandung protein atau bisa dibilang memiliki kandungan protein yang tinggi. Seperti yang diketahui bahwa protein sangat bagus dalam proses pembentukan jaringan otot pada tubuh kita. Sehingga para atlet binaraga memanfaatkan Ikan Gabus Untuk membantu berlatih dan menguatkan ototnya.

Sekelas ikan lele dan ikan nila maupun ikan mas masih kalah proteinya dibandingkan ikan gabus, Misalnya saja buat perbandingan saja dari 100 gram ikan gabus kita bisa memperoleh 25,2 gram kandungan protein, sedangkan misalnya dari 100 gram daging ayam kita hanya memperoleh 18,2 gram protein, dari 100 gram daging sapi kita hanya memperoleh 18,8 gram protein, dilanjut dengan 100 gram telur kita hanya mendapatkan 12,8 gram protein. Jadi kesimpulannya Ikan Gabus tetap lebih tinggi daripada yang lainnya.

2. Membantu Percepat Proses Pennyembuhan Luka  

Anda tahu zat Albumin? Ya Albumin merupakan protein utama yang ada di dalam darah kita dan diproduksi oleh organ hati. Fungsi dari Albumin sendiri adalah untuk mengendalikan tekanan pada pembuluh darah serta memprotek supaya cairan yang ada di pembuluh darah tak bocor ke jaringan tubuh sekitarnya.

Nah Ikan Gabus banyak sekali juga memiliki kandungan Albumin sehingga bisa membantu organ hati untuk memproduksinya. Albumin ini juga bisa berfungsi sebagai pemercepat proses kesembuhan apabila badan kita terluka. Jadi Manfaat Ikan Gabus Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi juga bisa digunakan dan menolong pasien agar tidak terlalu menderita menunggu kesembuhan luka setelah operasi.

3. Mengendalikan Keseimbangan Cairan Tubuh

Selain untuk berperan sebagai penyembuh luka, Albumin juga bisa membantu menjaga agar cairan didalam tubuh kita seimbang jika kita kekurangan cairan. Akibat dari apabila tubuh kita kekurangan cairan akan menyebabkan asupan protein yang masuk ditubuh kita bisa saja pecah akibatnya protein yang akan membantu tubuh kita akhirnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Albumin dalam tubuh harus kadarnya yang normal adalah 60%.

4. Perbaiki Gizi Buruk 

Indonesia banyak di landa oleh gizi buruk terutama anak anaknya, padahal mereka adalah generasi penerus bangsa. Sebenarnya Manfaat Ikan Gabus bisa juga digunakan untuk memperbaiki gizi buruk bagi anak anak juga untuk bayi, balita, dan ibu hamil. Dari pemberian 100 gram Ikan Gabus saja ternyata bisa lebih ari cukup untuk mengatasi kebutuhan gizi yang diperlukan agar tidak terkena gizi buruk.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Komposisi dari daging Ikan Gabus memiliki tekstur yang empuk sekali, ini bisa membantu sitem pencernaan anda dan anda tidak perlu lagi kuatir masalah pencernaan. Protein Kolagen ikan gabus memang rendah daripada dibandingkan dengan daging yaitu 3% hingga 5% dari jumlah protein kolagen.

Ikаn gabus mеmрunуаі ѕtruktur dаgіng yang lebih empuk, sehingga Andа tidak реrlu mengkhawatirkan pencernaan. Hаl іnі karena іkаn gаbuѕ mеmіlіkі рrоtеіn kоlаgеn yang lеbіh rеndаh dibanding kаdаr рrоtеіn yang terkandung раdа dаgіng. Ikаn gаbuѕ hanya memiliki 3% hіnggа 5% dari tоtаl kаndungаn proteinm kоlаgеn.

Itulah beberapa Manfaat Ikan Gabus yang perlu anda ketahui terutama atau khususnya bagi yang memiliki Hobi Mancing. Masa kita mancing ikan tidak tahu kegunaan dari ikan tersebut , akan lebih baik lagi kalau kita mengetahuinya. Semoga bermanfaat…. Salam Hobi Mancing…..!

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *